Membentuk Generasi Muslim Berkualitas

Jl. Panda Barat 44 Palebon Pedurungan, Semarang, 50199

logo

024-6731280

024-6731281

07:00 - 17:00 WIB

Senin - Sabtu

logo

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

The child has one intuitive aim: self development

Rahasia Sukses Meraih Mimpi

Oleh: Mulyono, S.Si

Guru IPA SMP Islam Terpadu PAPB Semarang

 

BENTANGKANLAH-sayapmu kejar mimpimu dan biarkan hidupmu melewati perjalanan yang berbeda.”  Membaca quote dari penguasa Alibaba ini, kiranya pantas kita tanamkan pada diri kita, tentang bagaimana meraih impian. Hal senadapun disampaikan oleh Rochimuddin, M.Pd peraih Juara 1 guru berprestasi nasional jenjang SMA tahun 2017 saat penulis tanyakan bagamana sih pak resep menjadi giru berprestasi itu?

Rochimuddin hanya menjawab singkatnya “Terbang,”  sontak penulis sedikit kecewa seakan jawaban seenaknya yang disampaikan. Namun dibalik itu ternyata kata “Terbang” mengandung makna yang begitu mendalam.

Lantas bagaimana agar kita bisa terbang? Pertama, ubah cara pikir, ubah pula cara pandang Anda, maka akan Anda rubah diri Anda, bahkan dunia Anda. Bersiaplah untuk terbang jika anda telah melalui itu semua. Saatnya take off untuk diri Anda.

Kedua, cari role model. Sudahkan anda belajar pada orang pintar? Minimal sudahkah anda belajar dari orang pintar? Gajah mati meninggalkan gading, belang ditinggalkan harimau, begitu pula orang pintar mereka akan meninggalkan jejak disetiap langkah sukses mereka –jejak  prestasi– minimal kebiasaan mereka dapat anda pelajari. Habits orang biasa-biasa saja tentu jauh beda dengan para jawara yang begitu sering menang disetiap mereka berlaga. Kalau belum bisa belajar langsung pada mereka, minimal belajarlah dari mereka. Baik lewat kisah mereka yang diceritakan orang lain, maupun lewat karya mereka semisal buku yang orang lain atau mereka buat tentang kisah mereka.

Jangan hanya iri saat mereka sukses, tapi pelajari juga proses mereka menuju sukses. Pelajari fokus baik anda tentang mereka, sesuaikan pada diri anda, mulai dari mengubah cara pikir Anda. Ini artinya, merubah cara pikir, merubah pula cara pandangmu maka akan Anda akan merubah dirimu, bahkan duniamu.

Ketiga, mulailah berproses. Mulailah berproses, ingat fokus baik Anda harus selalu pada visi dan tujuan awal anda ingin jadi apa. Buat sistem tentang fokus Anda, istikamahlah disana sampai kata expert melekat pada diri Anda. Itulah yang akan dikenang dunia tentang diri Anda. Terkadang kita berpikir “Aku sudah melakukan”, jawab dalam hati “Orang lain melakukan lebih.” Karena pikiran itu yang akan melemahkan. Apa itu saja cukup?

Tentu tidak, tuliskan kisah sukses anda, sebarkan dan bagikan pada orang lain yang ingin seperti Anda, insya Allah Allah Swt juga akan mengenang Anda (ikhlas berbagi). Dan terakhir, keempat, luruskan niat. Segera kepakkan sayapmu untuk menjelajah dunia. (hkl/man/2/18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *