Membentuk Generasi Muslim Berkualitas

Jl. Panda Barat 44 Palebon Pedurungan, Semarang, 50199

logo

024-6731280

024-6731281

07:00 - 17:00 WIB

Senin - Sabtu

logo

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

The child has one intuitive aim: self development

Manfaat Sarapan untuk Efektivitas Belajar Siswa

Oleh: Ery Handayani, S.Pd.

Guru Bahasa Inggris SMP Islam Terpadu PAPB Semarang

 

SISWA-sebagai generasi penerus bangsa sudah sepantasnya harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Keberhasilan siswa dalam mewujudkan setiap cita citanya tentu tak akan lepas dari peran semua pihak. Siswa sebagai pelaku utama sudah pasti harus mempersiapkan dirinya sendiri mulai sekarang. Hal itu tidak terlepas pula peran orang tua dirumah dan pasti sekolah,dimana siswa bisa mempelajari banyak hal. Kesiapan siswa dalam menuntut ilmu khususnya disekolah tentu menjadi faktor keberhasilan mereka pula. Kesiapan ini menyangkut aspek fisik dan mental atau jiwa dan raga mereka.

Kegiatan siswa disekolah tentu memerlukan kesiapan fisik yang baik.Siswa butuh banyak energi untuk melakukan segala aktivitas terutama seperti sekolah-sekolah yang menerapkan sistem Full Day School (FDS). Aktifitas dari pagi sampai setelah sholat ashar tentu menguras banyak energi. Oleh karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam kesiapan siswa melewati harinya. Berbicara tentang energi tentu erat kaitanya dengan asupan siswa. Tidak hanya cukup jumlah asupanya namun juga nutrisi yang terkandung dalam setiap asupan tersebut.

Berbekal dari pengalaman penulis menjadi petugas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) selama ini, ternyata banyak orang tua yang kurang memperhatikan asupan siswa di pagi hari yaitu sarapan. Hal tersebut kami dapatkan ketika beberapa  siswa harus di bawa ke ruang UKS karena pusing,lemas dan mual ketika mengikuti upcara bendera. Siswa tidak sarapan merupakan penyebab utamanya.

Berbagai alasan disampaikan oleh siswa mengapa mereka tidak sarapan dari rumah. Mulai dari orang tua tidak sempat memasak karena tergesa-gesa harus kerja, siswa bangun kesiangan atau bahkan dengan mudah mereka mengatakan malas untuk sarapan. Banyak orang tua dan siswa yang kurang sadar betul pentingnya sarapan.

Seperti yang telah saya sampaikan bahwa di pagi hari siswa juga butuh energi untuk memulai aktifitas pagi mereka, oleh karena itu sarapan merupakan langkah yang baik untuk kesiapan menghadapi aktifitas pagi tersebut. Kita harus tahu betul betapa penting dan banyak sekali manfaat sarapan terutama bagi para siswa. Berikut beberapa manfaat sarapan:

Pertama, menjaga kesehatan terutama berat badan dan daya tahan tubuh, membuat siswa lebih konsentrasi dalam pembelajaran,menjadikan siswa belajar disiplin dan bertanggung jawab, meningkatkan jalinan keluarga yang harmonis.

Bahkan menurut Prof. Dr. Ir. H. Hardiansyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, sarapan sangat dibutuhkan oleh manusia untuk beraktivitas sejak pagi hingga petang. Bahkan sepertiga kebutuhan energi harus disuplai dari sarapan. Sisanya dibagi di asupan makan siang dan malam.

Kedua, sarapan bagi anak ternyata mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah menurut Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika. “Secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi,” ujar dr. Kleinman.

Tips sarapan pagi

Manfaat sarapan pagi tentu tergantung dari asupan yang kita nikmati, anda harus menikmati asupan yang kaya gizi hingga memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Berikut adalah tipsnya:sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan,makanan tinggi protein, konsumsi telur dan susu sangat baik untuk sarapan,makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan,hindari makan terlalu banyak

Kandungan makanan yang kita asup saat pagi hari akan mengawali hidup sehat kita dan energi untuk menjalani berbagai aktivitas di siang hingga malam hari. (dari berbagai sumber/hkl/man/2/18)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *