• Info Sekolah
    • FAQs
    • Profil Sekolah
    • Staff dan Pengajar
    • Tentang Sekolah
    • Tour Sekolah
    • Visi dan Misi
  • Fasilitas Sekolah
    • Area Green House
    • Ruang Aula
    • Ruang Dapur
    • Ruang Isi Galon
    • Ruang Kelas
    • Ruang Kesehatan
    • Ruang Lab Komputer
    • Ruang Lab IPA
    • Ruang Pendaftaran Peserta Didik Baru
    • Ruang Perpustakaan
    • Ruang Studio Musik
  • Program Unggulan
    • Kelas Tahfidz
    • Memadukan Kurikulum Umum & Agama Islam
    • Prestasi, Kreativitas, & Inovasi
    • Program Kesiswaan
    • Program Pengembangan Diri
  • Gallery
  • Pendaftaran
  • Pengumuman
    • Kelulusan
  • Berita
    • Blog
  • Kontak
Ada yang ditanyakan?
(024) 6731280
(+62) 85866302010
smpitpapbsmg@gmail.com
07:00 - 13:00 WIB / Senin - Sabtu
Assalamu'alaikum.. Selamat Datang di Website Resmi SMP Islam Terpadu PAPB Semarang
  • Info Sekolah
    • FAQs
    • Profil Sekolah
    • Staff dan Pengajar
    • Tentang Sekolah
    • Tour Sekolah
    • Visi dan Misi
  • Fasilitas Sekolah
    • Area Green House
    • Ruang Aula
    • Ruang Dapur
    • Ruang Isi Galon
    • Ruang Kelas
    • Ruang Kesehatan
    • Ruang Lab Komputer
    • Ruang Lab IPA
    • Ruang Pendaftaran Peserta Didik Baru
    • Ruang Perpustakaan
    • Ruang Studio Musik
  • Program Unggulan
    • Kelas Tahfidz
    • Memadukan Kurikulum Umum & Agama Islam
    • Prestasi, Kreativitas, & Inovasi
    • Program Kesiswaan
    • Program Pengembangan Diri
  • Gallery
  • Pendaftaran
  • Pengumuman
    • Kelulusan
  • Berita
    • Blog
  • Kontak

Blog

  • Home
  • Blog
  • Blog
  • Matematika SMP : Kesebangunan Bangun Datar

Matematika SMP : Kesebangunan Bangun Datar

  • Posted by info_papb
  • Categories Blog
  • Date March 25, 2021
  • Comments 0 comment
Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 1

smpislampapb.sch.id – Tentu saja Anda pernah melihat berbagai bentuk benda dan berpikir apakah luas dari meja satu dan meja yang ada di sebelahnya sama. Walau memang berbentuk berbeda, namun bisa saja memiliki luas yang sama, dan jika ada perbedaan luas, maka Anda bisa mengetahui berapa selisihnya dari meja yang satu dan meja yang ada di sebelahnya.

Inilah yang akan dipelajari kali ini, membahas tentang “Kesebangunan Bangun Datar” yang merupakan salah satu materi ajar untuk kelas 9 SMP.

Daftar Isi

Pengertian Kesebangunan

Dalam pengetahuan geometri, terdapat konsep kekongruenan dan kesebangunan. Kekongruenan merujuk kepada dua bangun datar yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Sementara itu, kesebangunan adalah bangun datar dengan sudut-sudut yang serupa besar.

Sekarang akan dibahas kesebangunan terlebih dahulu sebelum nanti akan dibahas tentang kekongruenan.

Jadi, seperti yang sudah dijelaskan di atas tentang kesebangunan, ukuran dua bangun tersebut tidak mesti sama. Apa maksudnya? Coba perhatikan contoh bangun dibawah ini:

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 2

Ketiga persegi panjang diatas memiliki sudut-sudut yang sama besar, sehingga kita bisa menyebutnya sebagai kesebangunan atau sebangun. Sebenarnya semua persegi panjang juga sama-sama sebangun karena yang memang sudutnya juga seperti itu, semuanya memiliki sudut siku-siku.

Oke, sekarang bagaimana sifat-sifat kesebangunan?

  1. Memiliki sisi-sisi bersesuaian yang sebanding

Sekarang perhatikan gambar dua bangun persegi panjang dibawah:

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 3

Perbandingan antara panjang persegi panjang EFGH dan panjang persegi panjang ABCD adalah 18 : 36 atau 1 : 2.

Demikian pula dengan lebarnya, perbandingannya 6 : 12 atau 1 : 2. Dengan demikian, sisi-sisi yang bersesuaian berasal dari kedua persegi panjang itu memiliki perbandingan senilai (sebanding).

Untuk rumus dari perbandingan kedua bangun datar tersebut bisa diidentifikasikan seperti ini:

Panjang AB = 36 cm, Panjang EF = 18 cm,

Panjang BC = 12 cm, Panjang FG = 6 cm

Sehingga,

EF/AB= 18/36= 1/2
BC/FG= 12/6= 1/2

Sehingga dapat dikatakan bahwa, jika terdapat dua persegi panjang yang sebangun, berlaku rumus:

(P(persegi panjang 1))/(P(persegi panjang 2))= (L(persegi panjang 1))/(L(persegi panjang 1))

2. Memiliki sudut-sudut bersesuaian yang sama besar

Sudut D = sudut H, Sudut C = sudut G, Sudut A = sudut E, Sudut D = sudut F

Semua sudut ini memiliki sudut dan bentuk yang sama besar namun tidak memiliki ukuran yang sama, maka kedua bangung tersebut tidaklah kongruen.

Pengertian Kekongruenan

Kekongruenan berlaku terhadap banyak model bangun datar, yang pertama adalah ruas garis. Dua ruas garis kongruen adalah dua garis yang punyai panjang yang sama.

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 4

Pada gambar di atas, kita menyaksikan bahwa garis PQ mempunyai panjang yang sama bersama AB, agar kami mampu menyebutkan bahwa PQ kongruen bersama AB (PQ = AB).

Selain garis, terkandung juga sudut kongruen. Dua sudut kongruen berarti dua sudut yang besarnya sama. Contohnya adalah dua sudut di bawah ini.

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 5

Seperti yang Anda lihat, sudut CAB dan sudut RPQ berkongruen. Jadi, dapat dirumuskan dengan:

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 6

Jika kita gabungkan sudut-sudut ke dalam bangun faktor banyak, kita juga bisa memiliki faktor banyak yang kongruen. Dua faktor banyak yang kongruen adalah dua faktor banyak yang titik-titik sudutnya sanggup berimpit dan daerah dalam faktor banyak selanjutnya sanggup saling menutupi satu mirip lain ketika ditempel.

Beberapa pembawaan dari dua faktor banyak yang kongruen adalah pasangan sisi-sisi yang bersesuaian persis panjang. Selain itu, pasangan sudut-sudut yang bersesuaian juga persis besar. Contoh dua faktor banyak yang kongruen adalah terhadap gambar di bawah ini:

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 7

Perbedaan Kesebangunan dan Kekongruenan

Lalu, apakah perbedaan dari kesebangunan dan kekongruenan?

Sebenarnya sangat simple untuk menentukan jawaban dari perbedaan tersebut, Hal mendasar yang membedakan kongruen dan sebangun adalah jika kongruen sisi-sisi yang bersesuaian harus sama panjang, sedangkan jika sebangun perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian harus sama besar. Jadi, seluruh bangun yang kongruen sudah tentu sebangun, namun jika sebangun belum tentu kongruen.

Contoh Soal Dan Pembahasan

  1. Diberikan dua buah persegi panjang ABCD dan persegi panjang PQRS seperti gambar berikut.

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 8

Kedua persegi panjang tersebut adalah sebangun. Tentukan:

a) panjang EF

b) luas dan keliling persegipanjang EFGH

Pembahasan:

Perbandingan panjang garis AB dengan AD bersesuaian dengan perbandingan panjang garis EF dengan EH. Sehingga,

EF/EH = AB/AD

EF/6 = 16/4

EF/AB = (16 x 6)/4 = 96/4 = 24 cm

Panjang EF = 24 cm

b) Luas persegipanjang EFGH = EF x EH = 24 cm x 6 cm = 144 cm²

Keliling persegipanjang EFGH = 2 x (EF + EH) = 2 x (24 cm + 6 cm) = 60 cm

2. Diketahui segitiga PQR

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 9

Maka panjang QR berapa cm?

Pembahasan:

Menentukan panjang QR menggunakan sifat istimewa kesebangunan segitiga siku-siku.

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 10

Maka panjang QR adalah 20 cm.

3. Perhatikan gambar dibawah ini:

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 11

Kedua bangun memiliki sifat kongruen (ΔABC ≅ ΔCDE), maka panjang CD berapa cm?

Pembahasan:

ΔABC ≅ ΔCDE sehingga panjang sisi yang bersesuaian besarnya sama. Maka:

AB = DE = 24 cm

AC = CE = 26 cm

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 12

Maka panjang CD adalah 10 cm.

4. Perhatikan gambar layang-layang PQRS di bawah ini!

Matematika SMP Kesebangunan Bangun Datar 13

Pasangan dari bangun segitiga yang memenuhi kekongruenan adalah …

Pembahasan:

Bangun yang memiliki sifat kekongruenan apabila memiliki bentuk dan ukuran sama. Berdasarkan gambar pasangan segitiga yang memenuhi sifat kongruen adalah ΔROS dan ΔPOS.

Itu tadi adalah pembahasan tentang kesebangunan dan kekongruenan yang ada pada materi ajar pelajaran matematika kelas 9 SMP.

Semoga bermanfaat!

Share this:

  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
  • Click to share on Telegram (Opens in new window)
  • Click to share on WhatsApp (Opens in new window)
  • More
  • Click to print (Opens in new window)
  • Click to share on LinkedIn (Opens in new window)
  • Click to share on Reddit (Opens in new window)
  • Click to share on Tumblr (Opens in new window)
  • Click to share on Pinterest (Opens in new window)
  • Click to share on Pocket (Opens in new window)

Related

  • Share:
author avatar
info_papb

Previous post

Matematika SMP : Aritmatika Sosial
March 25, 2021

Next post

Matematika SMP : Materi Peluang
March 26, 2021

You may also like

SMP IT PAPB -Sekolah Penuh Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45 2022
26 October, 2022

Semangat juang SMP Islam Terpadu PAPB untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh peserta didik agar menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia, berkarakter, dan terampil untuk masa depan yang gemilang. Karakter nilai kejuangan tersebut diwujudkan dalam berbagai bentuk program kegiatan …

Share this:

  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
  • Click to share on Telegram (Opens in new window)
  • Click to share on WhatsApp (Opens in new window)
  • More
  • Click to print (Opens in new window)
  • Click to share on LinkedIn (Opens in new window)
  • Click to share on Reddit (Opens in new window)
  • Click to share on Tumblr (Opens in new window)
  • Click to share on Pinterest (Opens in new window)
  • Click to share on Pocket (Opens in new window)
Beberapa-Amalan-Maulid-Nabi-yang-Dianjurkan-untuk-Dunia-dan-Akhirat
Beberapa Amalan Maulid Nabi yang Dianjurkan untuk Dunia dan Akhirat
13 October, 2021
Tahukah-Kamu-Apa-Itu-Peristiwa-Pertempuran-5-Hari-di-Semarang
Tahukah Kamu Apa Itu Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang ?
11 October, 2021

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pencarian

Kategori

Post Terbaru

SMP IT PAPB -Sekolah Penuh Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45 2022
26Oct2022
Agenda Kegiatan Pesantren Ramadan 1443H SMP IT PAPB
14Apr2022
PAPB Islamic Competition 2022
PAPB Islamic Competition 2022
29Jan2022

Instagram Feed

(024) 6731280
(+62) 85866302010
smpitpapbsmg@gmail.com
Facebook-f Instagram Youtube Whatsapp

Sekolah

  • Profil Sekolah
  • Berita
  • Kontak

Kegiatan

  • Gallery
  • FAQs

Lainnya

  • Fasilitas Sekolah
  • Kurikulum
  • Program Unggulan

Murid

  • Ekstrakulikuler
  • Program Kesiswaan

Education WordPress Theme by ThimPress. Powered by WordPress.

  • Privacy Policy
  • Terms and Conditions
  • Sitemap

Daftar menjadi Murid?

Bergabunglah dengan ratusan siswa lainnya dan dapatkan manfaatnya!

DAFTAR SEKARANG
 

Loading Comments...