Membentuk Generasi Muslim Berkualitas

Jl. Panda Barat 44 Palebon Pedurungan, Semarang, 50199

logo

024-6731280

024-6731281

07:00 - 17:00 WIB

Senin - Sabtu

logo

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

The child has one intuitive aim: self development

Menyimak Kisah Wujud Manifestasi Literasi di Era Pandemi

MANIFESTASI LITERASI Manifestasi /ma·ni·fes·ta·si/ /maniféstasi/ merupakan  perwujudan sebagai suatu pernyataan perasaan atau pendapat: tindakannya itu sebagai suatu. Manifestasi literasi di sini diartikan sebagai perwujudan atau tindakan nyata dalam berliterasi.

Apa yang dimaksud dengan literasi (literacy)? Arti literasi adalah suatu kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian literasi adalah suatu kemampuan individu dalam mengolah dan memahami informasi ketika melakukan kegiatan membaca dan menulis. Dengan kata lain, literasi adalah seperangkat keterampilan dan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung, serta memecahkan masalah dalam kehidupannya sehari-hari dikutip dari Maxmanroe.com.

Di masa pandemi Covid-19 ini wujud nyata dalam berliterasi sangatlah banyak. Pengamalan literasi tidak hanya sebatas membaca dan menulis saja, banyak kegiatan sehari-hari yang bisa dikatakan berliterasi, misalnya mendengarkan, berbicara, atau bisa memcahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

SMP Islam Terpadu PAPB SemarangMenyemarakkan Hari Literasi dengan denga mengajak seluruh civitas SMP Islam Terpadu PAPB mulai dari siswa-siswi  serta guru dan karyawan untuk menyimak kisah pandemi. Kisah dilantukankan secara menarik oleh pembicara Zuli Zutiono S.Pd.I. dengan judul Musibah Pasti Berlalu. Dari kisah ini dapat kita ambil kesimpulan bahwa saat dunia dilanda wabah seperti saat ini, sama seperti kisah pada zama nabi dahulu, yang perlu kita lakukan adalah seantiasa menjaga ketakwaan terhadap Allah Swt, Rabb yang senantiasa memberikan kita perlindungan di tengah wabah seperti saat ini. Virtual Zoom Meeting dan Live Youtube yang menarik, menyimak kisah di era pandemi yang merupakan trobosan baru di era literasi modern.

Pak Zuli Zutiono, S.Pd.I sedang berkisah tentang wabah pada zaman Rasulallah melalui zoom meeting.

Harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan literasi berbasis informasi ini, siswa tidak hanya mampu memahami literasi selain membaca dan menulis, tetapi siswa juga harus mampu memahami, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil nyata yang diperoleh pada saat berliterasi.

Antusias civitas SMP IT PAPB mengikuti literasi.

Kegiatan literasi diikuti oleh Bapak Ibu Guru, karyawan dan peserta didik SMP IT PAPB Semarang

Kegiatan literasi diikuti oleh Bapak Ibu Guru, karyawan dan peserta didik SMP IT PAPB Semarang

Akhir salam penutup dari Penulis:

Berliterasilah, karena jika kamu berliterasi kamu tidak akan pernah mati.

SALAM LITERASI!

Penulis:

Tri Wahyuni, S.S. (Guru Bahasa Indonesia)
(Visited 64 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories
Twitter
Please fill all required widget settings!
Open chat
1
Butuh bantuan?
Assalamualaikum, Selamat datang di Official Website SMP IT PAPB Semarang.
Ada yang bisa kami bantu?