Membentuk Generasi Muslim Berkualitas

Jl. Panda Barat 44 Palebon Pedurungan, Semarang, 50199

logo

024-6731280

024-6731281

07:00 - 17:00 WIB

Senin - Sabtu

logo

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

The child has one intuitive aim: self development

Pelayanan BK Di Masa Pandemi Melalui Acara Webinar “BK MENYAPA”

SMP IT PAPB SemarangKondisi pandemi saat ini menjadi perhatian tersendiri bagi kalangan guru, termasuk guru Bimbingan Konseling (BK). Terlebih saat ini, pembelajaran jarak jauh harus menjadi alternatif dalam belajar mengajar. Kondisi yang seperti ini ternyata memunculkan permasalahan tersendiri bagi peserta didik. Melihat kondisi yang seperti itu belum lama ini SMP IT PAPB  melakukan kegiatan WEBINAR “BK MENYAPA” kegiatan rutin yang dilakukan di setiap hari Sabtu pukul 08.00-09.00 WIB dengan jadwal yang berbeda-beda di tiap tingkatan kelas.

Pada sesi pertama, tema yang diangkat yaitu mengenai Pengenalan Strategi Pelayanan BK Di Masa Pandemi. Tema yang diberikan kepada peserta didik kelas 7, karena banyak dari peserta kelas 7 yang masih belum mengetahui tentang apa itu BK.

Setiap sekolah pasti memiliki BK. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah kita sudah tahu apa sih sebenarnya BK itu? Mungkin masih banyak dari kita yang hanya sedikit paham mengenai BK secara mendalam dan lebih dekat.

Bimbingan Konseling terdiri dari dua istilah kata yang berbeda dan masing masing memiliki arti sendiri-sendiri. Dalam buku Bimbingan dan Konseling (Achmad Juntika : 2007) BK terdiri dari dua kata yaitu Guidance dan Counseling.

Guidance adalah proses pemberian bantuan oleh konselor/guru BK pada siswa untuk mengoptimalkan kemampuan diri. Dengan kata lain bimbingan merupakan upaya pembimbing untuk membantu mengoptimalkan diri. Sedangkan Counseling adalah upaya membantu individu melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli yang bertujuan untuk memahami masalah dan menyesuaikan diri terhadap masalah yang sedang dihadapi sehingga tercapailah kebahagian hidup. Interaksi yang bersifat pribadi ini diharapkan konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan, dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya, sehingga konseli merasa bahagia dan efektif perilakunya.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa layanan Bimbingan dan konseling (BK) merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Sejauh ini kita hanya mengetahui tujuan BK disekolah adalah menangani siswa-siswi bermasalah dan membantu mengarahkan  minat dan bakat siswa terutama dalam hal akademik. Namun jauh dari itu BK ternyata memiliki tujuan yang sangat banyak dan tentunya sangat membantu siswa-siswi dalam hal akademik dan non akademik.

Tujuan adanya BK di sekolah  antara lain:

  • Membantu siswa-siswi merencanakan kegiatan penyelesaian syudi, perkembangan karir, serta kehidupan yang akan datang.
  • Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin,
  • Mengatasi hambatan serta kesulitan yang dihadapi dalam studi dan penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan
  • Mengadakan perubahan perilaku siswa-siswi ke arah lebih baik
  • Memelihara dan mencapai kesehatan mental yang positif.

Nah sekarang kita sudah mengenal lebih dekat apa itu BK di sekolah. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita mengenai dunia sekolah serta bimbingan konseling yang ada didalamnya. Salam Sehan dan Sukses Selalu !

Penulis,

Guru BK SMP IT PAPB Semarang Yani Dwi Purwanti, S.Psi
(Visited 413 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories
Twitter
Please fill all required widget settings!
Open chat
1
Butuh bantuan?
Assalamualaikum, Selamat datang di Official Website SMP IT PAPB Semarang.
Ada yang bisa kami bantu?