Membentuk Generasi Muslim Berkualitas

Jl. Panda Barat 44 Palebon Pedurungan, Semarang, 50199

logo

024-6731280

024-6731281

07:00 - 17:00 WIB

Senin - Sabtu

logo

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

The child has one intuitive aim: self development

STRATEGI BELAJAR DARING DI MASA PENDEMI COVID-19

BK SMP IT PAPB SemarangKegiatan BK Menyapa yang diadakan pada setiap akhir pekan sebagai sarana komunikasi interakif Guru BK kepada peserta didik di SMP IT PAPB dirasa sangat membantu dalam memahamkan permasalahan yang muncul salah satunya adalah bagaimana strategi yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam belajar di masa pandemi Covid-19 ini.

Dalam kegiatan kali ini kami merasa siswa perlu memahami tentang cara belajar di masa Covid-19 ini yang efektif karena melihat banyaknya permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran jarak jauh ini (PJJ), salah satunya adalah siswa kurang disiplin dalam mengikuti, tidak hadir dalam KBM, serta tugas yang tidak terselesaikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaskan strategi penerapan kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19 ini. sebagai upaya untuk menegakkan Kegiatan Belajar Bengajar (KBM) di tengah Pandemi Covid-19, Kemendikbud telah mengatur kebijakan melalui Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Kementerian Pendidikan yang memuat empat hal tersebut. Ada empat pokok utama strategi yang diusung Kemendikbud.

Pertama adalah pembelajaran secara daring, baik secara interaktif maupun non interaktif. Hal ini perlu dilakukan meskipun tidak semua anak-anak dapat melakukan itu karena faktor infrastruktur. Dalam hal ini, paling penting adalah pembelajaran harus terjadi meski di rumah.

Aturan yang diterapkan pemerintah pada dunia pendidikan saat ini adalah pembelajaran di rumah karena pandemi virus corona. Walaupun kebijakan itu sangat baik tetapi belajar di rumah terkadang muncul rasa malas dibandingkan ketika berada di sekolah atau kampus.

Ada tips yang bisa kamu lakukan untuk melawan hal tersebut. Tips ini juga bisa dipakai untuk tugas-tugasmu lainnya juga yang dikerjakan secara online.

  1. Belajar diwaktu yang tepat dengan Mengatur manajemen waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru atau dosen. Hal ini lebih mudah dijalani jika pihak sekolah atau universitas memberikan batasan jadwal akses daring kepada murid-muridnya. Hal ini akan berbeda jika penyedia layanan pendidikan memberikan fleksibilitas penuh kepada pelajar. Para siswa mesti mengatur sendiri jadwal belajar mereka.

Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas-tugas sekolah di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada siswa yang melakukan remote learning.

  1. Sediakan dan atur tempat yang nyaman serta pencahayaan ruangan maksimal

Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memungkinkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain dengan pencahayaan yang maksimal. Penting juga siswa memiliki posisi duduk yang baik ketika belajar misal tidak rebahan di kasur dll. Supaya mata dan kepalamu tak pusing, perhatikan pencahayaan di tempatmu belajar. Jangan sampai ruanganmu minim pencahayaan karena bisa membuat matamu rusak dan kepalamu pusing.

  1. Sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar

Para murid harus mengetahui peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Tidak semua sekolah sudah menyediakan layanan belajar daring yang memadai, oleh karenanya beberapa platform belajar daring dapat menjadi alternatif. Demikian juga perkakas teknologi seperti komputer, gawai pintar, atau tablet menjadi penting, dan terutama juga jaringan internet yang baik.

  1. Pastikan Koneksi Internet baik dan lancar

Kesalahan yang sering dilakukan siswa, sebagaimana dilansir dari Psychology Today adalah selain tidak fokus ketika melakukan remote learning, juga koneksi internet kurang baik dan kurang lancar. Selama melakukan pembelajaran di internet, terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya serta koneksi yang buruk sehingga pastikan koneksi internet baik dan lancar.

  1. Sediakan Camilan

Terkadang untuk mengurangi kejenuhan dan rasa kantuk siswa bisa juga menyediakan camilan yang menyehatkan. Kegiatan belajar tentunya akan membuat tenaga terkuras. Meskipun secara fisik tak banyak bergerak, tetapi belajar menguras tenaga karena berpikir. Supaya tetap semangat dan tak lelah saat belajar, sediakanlah camilan secukupnya. Siapkan camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan camilan berkalori tinggi lainnya.

      6. Mengetahui cara belajar yang sesuai

Cara belajar tiap orang berbeda-beda, ada yang belajar dengan mendengarkan musik, melihat, atau dengan learning by doing. Ketiga model belajar tersebut sering kita sebut modalitas belajar auditori, visual dan kinestetik.

Jadi bagaimana belajar online di rumah versi kalian, apakah sudah efektif? Yuk coba terapkan 6 tips Cara Belajar di Rumah di masa pandemi yang Efektif diatas untuk membuat suasana belajar lebih nyaman, efisien, dan pastinya efektif.


Oleh:
Yani Dwi Purwanti, S.Psi – Tim BK SMP IT PAPB
(Visited 716 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories
Twitter
Please fill all required widget settings!
Open chat
1
Butuh bantuan?
Assalamualaikum, Selamat datang di Official Website SMP IT PAPB Semarang.
Ada yang bisa kami bantu?