• Info Sekolah
    • FAQs
    • Profil Sekolah
    • Staff dan Pengajar
    • Tentang Sekolah
    • Tour Sekolah
    • Visi dan Misi
  • Fasilitas Sekolah
    • Area Green House
    • Ruang Aula
    • Ruang Dapur
    • Ruang Isi Galon
    • Ruang Kelas
    • Ruang Kesehatan
    • Ruang Lab Komputer
    • Ruang Lab IPA
    • Ruang Pendaftaran Peserta Didik Baru
    • Ruang Perpustakaan
    • Ruang Studio Musik
  • Program Unggulan
    • Kelas Tahfidz
    • Memadukan Kurikulum Umum & Agama Islam
    • Prestasi, Kreativitas, & Inovasi
    • Program Kesiswaan
    • Program Pengembangan Diri
  • Gallery
  • Pendaftaran
  • Pengumuman
    • Kelulusan
  • Berita
    • Blog
  • Kontak
Ada yang ditanyakan?
(024) 46731280
(+62) 85866302010
smpitpapbsmg@gmail.com
07:00 - 13:00 WIB / Senin - Sabtu
Assalamu'alaikum.. Selamat Datang di Website Resmi SMP Islam Terpadu PAPB Semarang
  • Info Sekolah
    • FAQs
    • Profil Sekolah
    • Staff dan Pengajar
    • Tentang Sekolah
    • Tour Sekolah
    • Visi dan Misi
  • Fasilitas Sekolah
    • Area Green House
    • Ruang Aula
    • Ruang Dapur
    • Ruang Isi Galon
    • Ruang Kelas
    • Ruang Kesehatan
    • Ruang Lab Komputer
    • Ruang Lab IPA
    • Ruang Pendaftaran Peserta Didik Baru
    • Ruang Perpustakaan
    • Ruang Studio Musik
  • Program Unggulan
    • Kelas Tahfidz
    • Memadukan Kurikulum Umum & Agama Islam
    • Prestasi, Kreativitas, & Inovasi
    • Program Kesiswaan
    • Program Pengembangan Diri
  • Gallery
  • Pendaftaran
  • Pengumuman
    • Kelulusan
  • Berita
    • Blog
  • Kontak

Tema 1 Subtema 1 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

  • Home
  • Blog
  • Tema 1 Subtema 1 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

Tema 1 Subtema 1 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

  • Posted by info_papb
  • Categories Blog
  • Date February 24, 2021

Tema 1 Subtema 1 Kelas 6 – Untuk tema 1 subtema 1 buku Tematik kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 adalah tentang tumbuhan. Soal tema 1 subtema 1 kelas 6 memiliki inti tentang tumbuhan, baik itu berbagai jenis tumbuhan, cara berkembangbiaknya. Tumbuhan-tumbuhan ini adalah tumbuhan yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya tentang perkembangbiakan tumbuhan saja yang ada pada buku Tematik kelas 6 tema 1 subtema 1, namun juga ada ada soal-soal yang berisikan kehidupan sosial budaya masyarakat ASEAN, dan juga operasi matematika.

Berikut ini adalah soal tema 1 subtema 1 kelas 6 dan juga kunci jawaban tema 1 kelas 6 dari 6 pembelajaran.

Lihat Juga : Daftar Tema 1 Kelas 6

Daftar Isi

  • Pembelajaran 1 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6
    • HALAMAN 16: TUMBUHAN YANG BERKEMBANGBIAK SECARA GENERATIF
    • HALAMAN 6: PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN BUNGA
    • HALAMAN 4: IDE POKOK DAN INFORMASI PENTING DARI BACAAN ‘BAGAIMANA JAGUNG BERKEMBANG BIAK?’
    • HALAMAN 2: TUMBUHAN SAHABATKU
    • HALAMAN 14: KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT ASEAN
  • Pembelajaran 2 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6
    • HALAMAN 28: BERKREASI MEMBUAT PATUNG NUSANTARA DARI PLASTISIN
    • HALAMAN 30: CARA MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL
    • HALAMAN 22-27: NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM SILA KESATU DAN SILA KEDUA PANCASILA
    • HALAMAN 18: PENEMPATAN BILANGAN DAN PEMBACAAN ANGKA
  • Pembelajaran 3 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6
    • HALAMAN 36: TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN
    • HALAMAN 34, 35: PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF
  • Pembelajaran 4 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6
    • HALAMAN 45, 46, 47: BERHITUNG
    • HALAMAN 43, 44: PENERAPAN SILA KE TIGA PANCASILA
    • HALAMAN 40: MANFAAT TUMBUHAN BAGI KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP
  • Pembelajaran 5 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6
    • HALAMAN 101: OPERASI HITUNG
    • HALAMAN 49: DIAGRAM VENN PERBANDINGAN NEGARA ASEAN
  • Pembelajaran 6 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6
    • HALAMAN 56: TEKNIK BERLARI DAN PERMAINAN CEPAT MASUK !
    • Share this:
    • Related

Pembelajaran 1 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6

HALAMAN 16: TUMBUHAN YANG BERKEMBANGBIAK SECARA GENERATIF

Soal:

Perhatikan lingkungan rumahmu. Adakah tanaman yang berkembang biak secara generatif?  Diskusikan dengan orang tuamu dan sampaikan hasilnya kepada guru dan temanmu.

Jawab:

Perkembangbiakan terhadap tumbuhan secara umum terbagi dua di mana salah satunya adalah perkembangbiakan generatif atau seksual. Perkembangbiakan generatif ini melibatkan pertemuan pada sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang selanjutnya disebut dengan peyerbukan atau polinasi di mana serbuk sari jatuh di atas permukaan putik.

Ada banyak tumbuhan yang ada di sekitar yang mengalami perkembangbiakan secara generatif, diantaranya adalah:

  1. Tanaman vanili
  2. Tanaman salak
  3. Tanaman mangga
  4. Bunga anggrek
  5. Bunga kembang sepatu
  6. Tanaman jambu
  7. Bunga matahari
  8. Bunga teratai
  9. Bunga terompet
  10. Bunga aster
  11. Bunga pacar air
  12. Tanaman enceng gondok

Dan masih banyak yang lainnya.

HALAMAN 6: PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN BUNGA

Soal:

Salah satu contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan bunga adalah tumbuhan jagung.  Tepung sari pada bunga jagung akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif

Tahukah kamu bagaimana proses perkembangbiakan generatif?

Amatilah bagian–bagian bunga sempurna berikut ini.

Gambar bagian-bagian bunga

Tahukah kamu bagaimana proses perkembangbiakan generatif?

  1. Perkembangbiakan generatif (secara kawin) terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  2. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali    dengan    penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  3. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
  5. Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  6. Zigot berkembang menjadi lembaga, lembaga berkembang menjadi bakal biji, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
  7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
  8. Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif antara lain: padi, mangga, durian, dan jambu

Penyerbukan

Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan jadi empat jenis, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan silang, penyerbukan tetangga, dan penyerbukan bastar.

Cara Penyerbukan

  • Penyerbukan dibantu hewan

Penyerbukan dibantu hewan

Penyerbukan yang dibantu dengan hewan contohnya adalah durian, mawar, dan melati.

  • Penyerbukan dibantu manusiaPenyerbukan dibantu manusia
  • Penyerbukan dengan pertolongan air terjadi terhadap tanaman air seperti lamun/thalasia dan hydrilla.Penyerbukan dengan pertolongan air
  • Penyerbukan dengan pertolongan angin, terjadi terhadap padi, jagung, gandum, dan rerumputan.

Penyerbukan dengan pertolongan angin

Manfaat perkembangbiakan secara generatif

Manfaat perkembangbiakan secara generatifKelemahan dari pembiakan generatif yaitu sifat biji yang dihasilkan kerap menyimpang dari sifat pohon induknya. Jika biji selanjutnya ditanam, dari ratusan atau ribuan biji yang berasal dari satu pohon induk yang sama dapat membuahkan banyak tanaman baru bersama sifat yang beragam.

HALAMAN 4: IDE POKOK DAN INFORMASI PENTING DARI BACAAN ‘BAGAIMANA JAGUNG BERKEMBANG BIAK?’

Bagaimana Jagung Berkembang Biak? Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Bagaimana jagung berkembang biak 1

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Bagaimana jagung berkembang biak 2

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Bacalah dengan saksama.

Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Paragraf 1:

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan manakan pokok bagi sebagian besar orang, salah satunya adalah masyarakat Indonesia

Paragraf 2:

Jagung dikembangbiakkan dengan biji.

Pargraf 3:

Pembuahan jagung terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik.

Paragraf 4:

Bunga yang sudah mengalami pembuahan akan terus berkembang sampai menjadi jagung.

Paragraf 5:

Biji jagung yang sudah tua bisa ditanam kembali untuk menjadi tumbuhan jagung lagi.

HALAMAN 2: TUMBUHAN SAHABATKU

Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

  1. Mengapa tumbuhan selalu disebut dengan sumber kehidupan? Apa yang terjadi jika tumbuhan di bumi tidak ada?
  2. Jelaskan peran tumbuhan dalam organisasi kehidupan?

HALAMAN 14: KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT ASEAN

Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat aseanHalaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 2Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 3Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 4Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 5Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 6Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 7Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 8Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 9Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 10Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 11Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 12Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 13Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 14Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 15Halaman 14 kehidupan sosial budaya masyarakat asean 16

Pembelajaran 2 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6

HALAMAN 28: BERKREASI MEMBUAT PATUNG NUSANTARA DARI PLASTISIN

Halaman 28 berkreasi membuat patung nusantara dari plastisinHalaman 28 berkreasi membuat patung nusantara dari plastisin 2Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok.

  1. Bagaimana pendapatmu ketika melihat patung tersebut? Jelaskan!

Sangat mengagumkan. Karena dibuat dengan detail dan juga dengan keterampilan yang tinggi.

  1. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat patung tersebut?

Untuk membuat patung tersebut, dibutuhkan ketrampilan seperti:

  • Keterampilan membentuk patung dengan tanah liat
  • Kemampuan tentang seni dan budaya
  1. Menurutmu, bagaimana cara membuat patung tersebut?

Untuk membuat patung tersebut, dilakukan dengan mempersiapkan bahan dasar berupa tanah liat. Lalu selanjutnya dibentuk untuk menjadi patung. Kemudian setelah kering akan diwarnai agar patung menarik.

Kamu telah mengamati berbagai patung Nusantara dari tanah liat. Sekarang kamu akan membuat patung dari tanah liat yang bentuknya disesuaikan dengan budaya daerahmu.

Halaman 28 berkreasi membuat patung nusantara dari plastisin 3Halaman 28 berkreasi membuat patung nusantara dari plastisin 4Cara membuat patung dengan menggunakan tanah liat dengan adonan yang sudah dijelaskan:

Halaman 28 berkreasi membuat patung nusantara dari plastisin 5

Halaman 28 berkreasi membuat patung nusantara dari plastisin 6

Halaman 28 berkreasi membuat patung nusantara dari plastisin 7HALAMAN 30: CARA MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL

Cara menerapkan nilai-nilai Pancasila untuk sila ke-1 dan ke-2. Sikap ini dapat dilakukan di sekitar tempat tinggal kamu.

Sila Pertama

Sila Pertama berbunyi: Ketuhanan Yang Maha Esa.

Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari:

  • Percaya dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing
  • Menjalankan perintah agama sesuai ajaran yang dianut masing-masing

Sila Kedua

Sila Kedua berbunya: Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari:

  • Tidak membeda bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan
  • Menyadari bahwa kita diciptakan sama oleh Tuhan
  • Membela kebenaran dan keadilan
  • Menyadari bahwa kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama
  • Tidak melakukan diskriminatif

HALAMAN 22-27: NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM SILA KESATU DAN SILA KEDUA PANCASILA

HALAMAN 22 27 NILAI NILAI YANG TERKANDUNG DALAM SILA KESATU DAN SILA KEDUA PANCASILAHalaman 22 27 nilai nilai yang terkandung dalam sila kesatu dan sila kedua pancasila 2Sikap teman-teman Edo:

  1. Peduli terhadap sesama
  2. Solidaritas terhadap sesama manusia

Sikap tersebut tercermin pada Pancasila sila ke-2 yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Halaman 22 27 nilai nilai yang terkandung dalam sila kesatu dan sila kedua pancasila 3Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan yang Maha Esa” sebagai berikut.

  1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain
  3. Kerukunan antarumat beragama.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang Adil dan Beradab” sebagai berikut.

  1. Persamaan derajat
  2. Menghargai hak asasi manusia
  3. Solidaritas antar sesama manusia
  4. Perdamaian

Halaman 22 27 nilai nilai yang terkandung dalam sila kesatu dan sila kedua pancasila 4Halaman 22 27 nilai nilai yang terkandung dalam sila kesatu dan sila kedua pancasila 5Halaman 22 27 nilai nilai yang terkandung dalam sila kesatu dan sila kedua pancasila 6Halaman 22 27 nilai nilai yang terkandung dalam sila kesatu dan sila kedua pancasila 7HALAMAN 18: PENEMPATAN BILANGAN DAN PEMBACAAN ANGKA

Halaman 18 penempatan bilangan dan pembacaan angkaPerhatikan informasi berikut. Nanas adalah buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain buahnya enak dimakan, nanas diyakini mengandung vitamin, protein, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Di Asia Tenggara, nanas banyak ditanam di Filipina, Thailand, dan Indonesia. Berpenduduk sekitar 555.000.000, Asia Tenggara menjadi penghasil nanas tertinggi di dunia. Di Kecamatan Sungai Apit, Siak, Indonesia, produksi nanas mencapai 21.600.000 buah per tahunnya. Seorang petani di daerah ini bisa berpenghasilan Rp34.000.000,00 sampai Rp42.500.000,00 per tahun. Penghasilan mereka setiap bulan adalah sekitar Rp2.830.000,00 sampai Rp3.540.000,00.

Catatlah bilangan-bilangan yang ada dalam informasi diatas. Bersama temanmu, pilihlah tiga bilangan. Sampaikan kepada temanmu bilangan-bilangan tersebut terkait nilai tempatnya dengan cara sebanyak-banyaknya. Apakah ada perbedaan penyampaian bilangan tersebut?

Contoh Penempatan Angka

Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?

Jawab: angka 1 ditempatkan di ratusan juta, dan angka 6 di puluhan juta.

Halaman 18 penempatan bilangan dan pembacaan angka 2Halaman 18 penempatan bilangan dan pembacaan angka 3Apakah ada perbedaan penyampaian bilangan tersebut?

Bilangan bulat

  • 000.000
  • 600.000

Dengan nominal Rupiah:

  • 000.000,00
  • 500.000,00
  • 830.000,00
  • 540.000,00.

Pembacaan Angka

Pembacaan angka selalu dimulai dari posisi karakter angka terbesar. Bilangan yang memiliki dua karakter, angka terbesarnya adalah puluhan. Bilangan yang memiliki tiga karakter, angka terbesarnya adalah ratusan. Bilangan yang memiliki empat karakter, angka terbesarnya adalah ribuan dan seterusnya.

Pembelajaran 3 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6

HALAMAN 36: TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Halaman 36 tumbuhan sumber kehidupanIsilah diagram di bawah ini berdasarkan informasi dan ide pokok dalam bacaan.

Paragraf 1

Indonesia adalah negara kepulauan.

Paragraf 2

Dataran rendah adalah dataran yang memiliki ketinggian 0-200 meter diatas permukaan laut.

Paragraf 3

Wilayah pantai termasuk dataran rendah.

Paragraf 4

Dataran tinggi adalah dataran yang memiliki ketinggian lebih dari 200 meter diatas permukaan laut.

Paragraf 5

Menemukan jenis tumbuhan lain di dataran tinggi dan dataran rendah.

Halaman 36 tumbuhan sumber kehidupan 2HALAMAN 34, 35: PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF

Halaman 34 35 perkembangbiakan vegetatif

Halaman 34 35 perkembangbiakan vegetatif 2

Cara tanaman wortel untuk berkembangbiak adalah dengan cara vegetatif, yaitu berkembangbiak melalui umbi akar yang akarnya membesar yang berisi cadangan makanan. Jiku umbi ini ditanam bersamaan dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas dan tumbuhan wortel yang baru.

Halaman 34 35 perkembangbiakan vegetatif 3Halaman 34 35 perkembangbiakan vegetatif 4Tulislah manfaat dari perkembangbiakan secara vegetatif pada kolom dibawah ini:

Halaman 34 35 perkembangbiakan vegetatif 5

Pembelajaran 4 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6

HALAMAN 45, 46, 47: BERHITUNG

Halaman 45 46 47 berhitungHalaman 45 46 47 berhitung 2Halaman 45 46 47 berhitung 3Empat kota penduduk terbanyak: Surabaya, Bandung, Medan, Bogor.

Jumlah penduduk empat kota tersebut adalah:

Surabaya: 2.765.487 +

Bandung: 2.394.873 +

Medan: 2.097.610 +

Bogor: 950.334

= 8.208.304

Halaman 45 46 47 berhitung 4Penduduk Cirebon = 296.389

Penduduk Bandung = 2.394.873

Selisihnya adalah = 2.394.873 – 296.389 = 2.098.484

Banyak penduduk Cirebon yang harus ditambah agar jumlahnya sama dengan penduduk Bandung yaitu 2.098.484

Halaman 45 46 47 berhitung 5Siti sedang membaca buku panduan yang berisi tentang negara-negara di Asia Tenggara. Siti ingin tahu negara di Asia tenggara yang menghasilkan kentang terbanyak. Penerbit buku panduan yang dibaca Siti mencetak 10.000 buku yang berisi 24 halaman. Setiap rol tinta mesin cetak dapat menghasilkan 6.000 halaman.

Berapa rol tinta yang dibutuhkan penerbit? Buatlah perhitungannya!

10.000 × 24 = 240.000 : 6.000 = 40 rol tinta

Sampaikan hasilnya kepada guru.

HALAMAN 43, 44: PENERAPAN SILA KE TIGA PANCASILA

Halaman 43 44 penerapan sila ke tiga pancasilaTulislah masig-masing cerita yang ada pada gambar diatas:

Halaman 43 44 penerapan sila ke tiga pancasila 2Halaman 43 44 penerapan sila ke tiga pancasila 3

Halaman 43 44 penerapan sila ke tiga pancasila 4HALAMAN 40: MANFAAT TUMBUHAN BAGI KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP

Halaman 40 manfaat tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidupHalaman 40 manfaat tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup 2Tulislah manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup dalam diagram berikut!

Halaman 40 manfaat tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup 3Halaman 40 manfaat tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup 4

Pembelajaran 5 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6

HALAMAN 101: OPERASI HITUNG

Ayo Berlatih

Adit, sahabat Beni, adalah seorang anak dari penjual pepes ikan. Ayah Adit adalah seorang pengusaha yang sukses. Produknya banyak dinikmati oleh para pengunjung rumah makan di beberapa wilayah di Jawa Barat. Adit sangat senang bermain dengan angka. Hari ini ia sedang mengutak-atik angka untuk menemukan jawaban dari soal yang ia temukan di salah satu majalah anak.

Ayo, bantu Adit mengerjakan soalnya.

  1. Gunakanlah angka-angka 3, 4, 6, dan operasi hitung yang sesuai untuk jawaban yang tersedia. Pakailah tanda kurung apabila diperlukan. Berapakah hasil operasi hitungmu?

1) 8

2) 10

3) 6

Bagaimana kamu menemukan hasilnya?

Apakah kamu menemukan jawaban lebih dari satu?

Jawab:

  1. ( 3 x 4 ) – 4  = 12 – 4  = 8
  2. ( 4 x 4 ) – 6 = 16 – 6 = 10
  3. ( 3 x 4 ) – 6 = 12 – 6 = 6

Tukarlah jawabanmu dengan jawaban temanmu.

Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

  1. Buatlah satu soal dengan angka yang berbeda. Berikan soalmu kepada dua orang temanmu dan minta mereka untuk menjawabnya!

Contoh:  10 + ( 24 : 4 )

= 10 + 6

= 16

  1. Jawablah soal berikut.

Tulislah hasilnya pada tempat yang tersedia.

1.) 3 + 125 : 25 =

2.) 2205 + 93 : 3 – 1241 =

3.) 209 × 12 : 3 =

Jawab:

1.) 3 + 125 : 25

= 3 + ( 125 : 25 )

= 3 + 5

= 8

2.) 2205 + 93 : 3 – 1241

= 2205 + ( 93 : 3 ) – 1241

= 2205 + 31 – 1241

= 2236 – 1241

= 995

3.) 209 x 12 : 3

= 209 x (12 : 3 )

= 209 x 4

= 836

HALAMAN 49: DIAGRAM VENN PERBANDINGAN NEGARA ASEAN

Halaman 49 diagram venn perbandingan negara aseanAyo Membaca

Halaman 49 diagram venn perbandingan negara asean 2Halaman 49 diagram venn perbandingan negara asean 3Halaman 49 diagram venn perbandingan negara asean 4Indonesia

Indonesia disebut dengan Republik Indonesia (RI) atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), merupakan negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri berasal dari 17.504 pulau. Ibu kota negara Indonesia adalah DKI Jakarta

Malaysia

Malaysia merupakan sebuah negara federal yang terdiri berasal dari tiga belas negeri (negara bagian) dan tiga wilayah federal di Asia Tenggara bersama luas 329.847 km persegi. Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, namun Putrajaya jadi pusat pemerintahan federal.

Ada banyak persamaan diantara kedua negara ini. Diantaranya adalah:

  1. Mempunyai iklim yang sama, yakni iklim tropis
  2. Indonesia dan Malaysia masih satu rumpun, yakni Melayu.
  3. Mayoritas agama yang sama, yakni agama Islam.
  4. Indonesia dan Malaysia termasuk negara berkembang.
  5. Indonesia dan Malaysia merupakan negara ASEAN.

Pembelajaran 6 : Tema 1 Subtema 1 Kelas 6

HALAMAN 56: TEKNIK BERLARI DAN PERMAINAN CEPAT MASUK !

Ayo Membaca
Masih ingatkah kamu dengan permainan ‘Ambil Benderanya!’? Hari ini kamu akan bermain dengan permainan yang berbeda dengan menggunakan teknik berlari. Sebelumnya kamu bisa mendiskusikan terlebih dahulu teknik berlari dengan teman sekelasmu.
Kamu akan bermain ‘Cepat, Masuk!’
Perhatikan cara bermainnya.
Cepat, Masuk!

  1. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari enam orang.
  2. Setiap kelompok memiliki satu bola kecil.
  3. Setiap kelompok dibagi menjadi dua kelompok kecil dan berdiri saling berhadapan dengan jarak sekitar 15-20 m atau sesuai dengan kebutuhan.Halaman 56 teknik berlari dan permainan cepat masuk
  4. Setiap pemain di sebelah kiri depan memulai permainan setelah mendengar peluit.
  5. Pemain paling depan cepat berlari menuju rumah rekannya di seberang depan.
  6. Saat memasuki batas rumah, pemain harus bersalaman dan lari untuk berdiri di barisan belakang.
  7. Teman yang disalami berlari ke arah rumah di seberang depan dan menyalami teman yang berdiri di paling depan barisan. Kemudian dengan cepat ia berlari menuju ke belakang barisan.
  8. Teman yang disalami berlari cepat menuju rumah di seberangnya dan melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua anggota kelompok selesai menempati rumah di seberang.
  9. Kelompok yang seluruh anggotanya berpindah tempat ke rumah teman lebih dahulu adalah pemenangnya.

Itu adalah soal tema 1 subtema 1 kelas 6 kunci dan juga jawaban tema 1 kelas 6 untuk buku Tematik Kurikulum 2013 revisi 2018.

Share this:

  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
  • Click to share on Telegram (Opens in new window)
  • Click to share on WhatsApp (Opens in new window)
  • More
  • Click to print (Opens in new window)
  • Click to share on LinkedIn (Opens in new window)
  • Click to share on Reddit (Opens in new window)
  • Click to share on Tumblr (Opens in new window)
  • Click to share on Pinterest (Opens in new window)
  • Click to share on Pocket (Opens in new window)
  • Click to share on Skype (Opens in new window)

Related

  • Share:
author avatar
info_papb

Previous post

Tema 1 Kelas 6 : Daftar Soal dan Kunci Jawaban Terlengkap
February 24, 2021

Next post

Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban
February 25, 2021

You may also like

Beberapa-Amalan-Maulid-Nabi-yang-Dianjurkan-untuk-Dunia-dan-Akhirat
Beberapa Amalan Maulid Nabi yang Dianjurkan untuk Dunia dan Akhirat
13 October, 2021
Tahukah-Kamu-Apa-Itu-Peristiwa-Pertempuran-5-Hari-di-Semarang
Tahukah Kamu Apa Itu Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang ?
11 October, 2021
Peran-Perpustakaan-Sekolah-di-Saat-Pandemi
Peran Perpustakaan Sekolah di Saat Pandemi
4 October, 2021

Pencarian

Kategori

Post Terbaru

Agenda Kegiatan Pesantren Ramadan 1443H SMP IT PAPB
14Apr2022
PAPB Islamic Competition 2022
PAPB Islamic Competition 2022
29Jan2022
Open Donation Pada Milad 18 1
Open Donation Pada Milad-18
22Jan2022

Instagram Feed

(024) 46731280
(+62) 85866302010
smpitpapbsmg@gmail.com
Facebook Twitter Google-plus Pinterest

Sekolah

  • Profil Sekolah
  • Berita
  • Kontak

Kegiatan

  • Gallery
  • FAQs

Lainnya

  • Fasilitas Sekolah
  • Kurikulum
  • Program Unggulan

Murid

  • Ekstrakulikuler
  • Program Kesiswaan

Education WordPress Theme by ThimPress. Powered by WordPress.

  • Privacy Policy
  • Terms and Conditions
  • Sitemap

Daftar menjadi Murid?

Bergabunglah dengan ratusan siswa lainnya dan dapatkan manfaatnya!

DAFTAR SEKARANG