Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban
Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 – Pada buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 1 subtema 2, terdiri dari 6 pembahasan yang dimana pada setiap pembahasan terdapat contoh soal beserta dengan pemahaman pada materi sebelumnya. Subtema 2 ini akan membahas tentang “Hewan Sahabatku”.
Tidak disediakan untuk kunci jawaban tema 1 kelas 6. Jadi, untuk kebutuhan pembelajaran bagi orang tua atau guru, berikut ini adalah soal dan kunci jawaban tema 1 subtema 2 kelas 6 buku Tematik kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018.
Lihat Juga : Daftar Tema 1 Kelas 6
Daftar Isi
Pembelajaran 1 : Tema 1 Subtema 2 Kelas 6
HALAMAN 63: JENIS HEWAN DI ASIA TENGGARA DAN CARA PERKEMBANGBIAKANNYA
Ayo Mengamati
Contoh hewan yang berkembang biak dengan ovovivipar adalah bunglon dan juga iguana. Sebagian besar jenis kadal-kadalan juga merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Lalu ada juga sebagian besar serangga yang berkembang biak secara ovovivipar, yaitu dengan cara menginkubasi telur didalam betinanya.
Untuk manfaat perkembang biakan secara ovovivipar dan vivipar adalah sebagai berikut:
Pembelajaran 2 : Tema 1 Subtema 2 Kelas 6
HALAMAN 78-83: OPERASI HITUNG
Ayo Berlatih
4+7×3
=11×3
= 33
Apa yang terjadi apabila kamu mengalikan terlebih dahulu?
4 + 7 × 3
= 4 + 21
= 25
Untuk menghindari memiliki dua jawaban, kerjakan perkalian sebelum penjumlahan!
Apa yang terjadi apabila kamu mengurangkan terlebih dahulu?
15−16:2
=(-1):2
= -0,5
Apa yang terjadi apabila kamu membagi terlebih dahulu?
15−16:2
=15-8
= 7
Lakukan pembagian terlebih dahulu, kemudian lakukan pengurangan!
Apa yang terjadi apabila kamu melakukan pengurangan terlebih dahulu?
17 − 9 + 5
= 8 + 5
= 13
Apa yang terjadi apabila kamu melakukan penjumlahan terlebih dahulu?
17 − 9 + 5
= 17 – 14
= 3
Lakukan pengurangan terlebih dahulu, kemudian lakukan penjumlahan!
Jawab:
8 × ( 2 + 6 )
= 8 x 8
= 64
Lakukan operasi dalam kurung terlebih dahulu, kemudian lakukan perkalian!
Sekarang selesaikan soal berikut.
1. 16 + 4 × 2 = …
=16 + 8
= 24
2. 10 – 6 – 2 = …
= 4 – 2
= 2
3. 81 : 9 – 6 = …
= 9 – 6
= 3
4. ( 19 + 2) : 3 = …
= 21 : 3
= 7
5. 25 – 12 : 3 = …
= 25 – 4
= 21
6. 49 – 6 × 5 = …
= 49 – 30
= 19
7. 15 : (9 – 4) = …
= 15 : 5
= 3
8. 18 + 49 : 7 = …
= 18 + 7
= 25
27 + 19 − 10 : 2 × 3
= (27 + 19) − (10 : 2 × 3)
= 46 – 15
= 31
HALAMAN 75: PENERAPAN SILA KEEMPAT PANCASILA
Kamu akan belajar penerapan sila keempat Pancasila. Bacalah teks berikut dalam hati!
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari Pancasila. Diskusikan jawabanmu bersama teman sekelas!
- Apa pendapatmu tentang sikap Santi?
Jawab:
Sikap Santi dan keluarganya cukup beralasan karena peternakan itu sanggup menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Namun, tergangunya warga sekitar dengan bau dari peternakan sangat perlu diperhatikan. Seharusnya Santi dan keluarganya lebih mengutamakan kepantingan orang banyak daripada kepentingan pribadi.
- Apa pendapatmu tentang sikap penduduk?
Jawab:
Memang wajar, karena mengingat bau yang keluar dari peternakan yang mengganggu jika terhirup terus menerus terlebih saat melakukan aktivitas sehari-hari dirumah dengan mencium bau yang tidak sedap tentunya tidak enak. Namun, warga yang menegur saja tanpa melakukan Tindakan anarkis juga bagus.
- Apa yang sebaiknya Santi lakukan dalam menghadapi masalahnya?
Jawab:
Santi dan keluarganya bisa memindahkan peternakannya ke tempat yang jauh dari pemukiman warga agar warga sekitar tidak terganggu dengan baunya.
- Apa yang sebaiknya penduduk lakukan terhadap keberadaan peternakan ayam?
Jawab:
Penduduk harus memusyawarahkan dengna keluarga Santi untuk bagaimana kelanjutannya. Dan apabila memang harus memindahkan peternakannya ke tempat yang jauh dari pemukiman warga, warga bisa membantu secara sukarela.
Penerapan sila keempat dari sila Pancasila sangat penting dilakukan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan dan akan teratasi saat sila ke empat dijalankan.
Berikut adalah contoh pelaksanaan sila keempat.
- Tidak memaksakan keinginan
- Bermusyawarah
- Mengutamakan kepentingan orang banyak
- Menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat.
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
Pembelajaran 3 : Tema 1 Subtema 2 Kelas 6
HALAMAN 89: PETA PIKIRAN – PERKEMBANGBIAKAN OVIPAR, VIVIPAR DAN OVOVIVIPAR
Perkembangbiakan Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar
Jelaskan cara perkembangbiakan hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran perkembangbiakan hewan. Tulisanmu harus memuat cara perkembangbiakan, penjelasan, ciri-ciri, dan contoh dengan detail.
Hewan Ovipar
Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Ciri-ciri hewan ovipar antara lain sebagai berikut:
- Tidak membawa daun telinga.
- Induk tidak menyusui anaknya.
- Biasanya bukan keluarga hewan mamalia.
- Tidak punyai kelenjar susu.
- Biasanya terhitung keluarga hewan unggas.
- Induk mengerami telur sampai menetas.
- Telur berada di luar tubuh induknya.
Contohnya adalah ayam, katak, kupu-kupu, cicak, capung, tokek, nyamuk, belibis, angsa, kumbang, dan bebek.
- Hewan Vivipar
Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar.
Ciri-ciri hewan vivipar antara lain sebagai berikut:
- Memiliki kelenjar susu.
- Memiliki daun telinga.
- Penutup tubuh hewan Vivipar adalah rambut.
- Hewan-hewan Vivipar umumnya adalah group berasal dari hewan mamalia.
- Individu baru dapat dikeluarkan atau dapat dilahirkan berasal dari tubuh induknya.
Beberapa misal hewan melahirkan antara lain Sapi, kucing, gajah, kera, kuda, ikan paus, kambing, singa, harimau, unta, kerbau, jerapah, kelinci, lumba-lumba.
- Hewan Ovovivipar
Hewan yang berkembang biak dengan bertelur sekaligus beranak disebut ovovivipar. Ciri-ciri hewan ovovivipar antara lain sebagai berikut:
- Pembuahan berjalan di didalam tubuh berasal dari sang induk.
- Setelah pembuahan, maka terjadilah telur.
- Zigot tumbuh menjadi embrio yang berada di didalam telur.
- Telur yang dikeluarkan langsung menetas.
Berapa misal hewan ovovivipar antara lain bermacam jenis ular, ikan pari, ikan hiu, bunglon, iguana, platypus, kuda laut, salamander.
Ovovivipar
Adakah hewan yang berkembang biak bertelur sekaligus beranak?
Ada, contohnya adalah ular. Beberapa tipe ular tidak langsung melahirkan anaknya. Kadang-kadang saat mengeluarkan anak-anaknya, tetap ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus melahirkan (ovovivipar). Dapatkah kamu menyatakan contoh hewan ovovivar lainnya?
Pembelajaran 4 : Tema 1 Subtema 2 Kelas 6
HALAMAN 95-96: OPERASI HITUNG
Operasi Hitung
Soal Cerita
Edo membawa kardus Ikan Bandeng Asap untuk dibagikan kepada Beni, Siti, Lani, Udin, dan Dayu. Ia membawa 4 kardus berisi 2 ikan dan 4 kardus berisi 3 ikan. Teman–teman Edo membaginya sehingga setiap orang mendapatkan jumlah yang sama. Berapa Ikan Bandeng Asap yang akan dibawa pulang mereka?
Jawab:
Edo mempunyai 5 orang teman, Beni, Siti, Lani, Udin, dan Dayu.
Edo membawa 4 kardus berisi 2 ikan, dan 4 kardus berisi 3 ikan.
Maka operasi hitungnya adalah:
= ((4 x 2) + (4 x 3)) : 5
= (8 + 12) : 5
= 20 : 5
= 4 , maka masing-masing teman Edo mendapatkan 4 ikan.
Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu.
B. Jawablah soal berikut.
- 245 – (3 × 63) =
- (56 + 24) : 8 =
- 90 × (6 : 3 ) =
- (300 + 60 ) × (12 : 4 ) =
Jawab:
- 245 – (3 x 63) = 245 – 189 = 56
- (56 + 24) : 8 = 80 : 8 = 10
- 90 x (6 : 3) = 90 x 2 = 180
- (300 + 60) x (12 : 4) = 320 x 3 = 1080
C. Perhatikan soal berikut. Tuliskan jawabanmu pada tempat yang disediakan.
- 1000 + 3000 × 2 =
- 50 × 3 : 2 =
- 200 − 200 : 2 =
- 9 × 10 − 20 + 10 =
Jawab:
- 1000 + 3000 x 2
= 1000 + ( 3000 x 2 )
= 1000 + 6000
= 7000
- 50 x 3 : 2
= ( 50 x 3) : 2
= 150 : 2
= 75
- 200 – 200 : 2
= 200 – ( 200 : 2)
= 200 – 100
= 100
- 9 x 10 – 20 + 10
= ( 9 x 10 ) – 20 + 10
= ( 90 – 20 ) + 10
= 70 + 10
= 80
Pembelajaran 5 : Tema 1 Subtema 2 Kelas 6
HALAMAN 101: OPERASI HITUNG
Operasi Hitung
Jawab:
- ( 3 x 4 ) – 4 = 12 – 4 = 8
- ( 4 x 4 ) – 6 = 16 – 6 = 10
- ( 3 x 4 ) – 6 = 12 – 6 = 6
B. Buatlah satu soal dengan angka yang berbeda. Berikan soalmu kepada dua orang temanmu dan minta mereka untuk menjawabnya.
Contoh: 5 + ( 24 : 4 )
= 5 + 6
= 11
C. Jawablah soal berikut. Tulislah hasilnya pada tempat yang tersedia.
1.) 3 + 125 : 25 =
2.) 2205 + 93 : 3 – 1241 =
3.) 209 × 12 : 3 =
Jawab:
- 3 + 125 : 25
= 3 + ( 125 : 25 )
= 3 + 5
= 8
- 2205 + 93 : 3 – 1241
= 2205 + ( 93 : 3 ) – 1241
= 2205 + 31 – 1241
= 2236 – 1241
= 995
- 209 x 12 : 3
= 209 x (12 : 3 )
= 209 x 4
= 836
HALAMAN 98: KEGIATAN EKONOMI NEGARA-NEGARA ASEAN
Kegiatan Ekonomi Negara-Negara ASEAN
Indonesia mengekspor hasil bumi seperti timah, tembaga, besi, minyak, gas, dan nikel. Selain itu, Indonesia menghasilkan pupuk, tapioka, karet, kopi, kelapa sawit, dan tembakau. Ikan tuna, udang, dan teh juga diekspor ke negara lain.
Brunei Darussalam terkenal sebagai pengekspor minyak mentah, gas alam, dan produk minyak.
Penduduk Malaysia bermata pencaharian dalam bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertambangannya menghasilkan bijih timah terbesar di dunia.
Singapura mengekspor mesin dan alat transportasi, alat elektronik, dan barang-barang konsumsi. Bahan kimia dan produk olahan minyak dihasilkan juga di Singapura. Singapura termasuk negara Asia Tenggara yang berpendapatan paling tinggi.
Mata pencaharian penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Penghasil beras terbesar di Asia dan tiga sedunia (dijuluki Gajah Putih, negara Seribu Pagoda, lumbung padi ASEAN)
Mata pencaharian penduduk Filipina adalah pertanian, pertambangan, dan industri. Komoditas ekspor Filipina terdiri atas gula, kopra, kayu, nanas, dan bijih tembaga.
Perekonomian sebagian besar penduduk Vietnam adalah pertanian. Padi merupakan hasil utama pertanian di Vietnam. Industri di Vietnam meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca, dan ban. Pertambangan di Vietnam menghasilkan emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, tungsten (wolfram), dan seng. Hasil hutannya adalah bambu, kina, kayu, dan kayu manis. Terdapat dua sungai penting, yaitu sungai Mekong dan sungai Songka.
Sebagian besar penghidupan penduduk Kamboja di sektor pertanian.
Rakyat Laos hidup di sektor pertanian yang menghasilkan beras, jagung, tembakau, jeruk, dan kopi.
Komoditas perdagangan Myanmar meliputi kayu (terutama kayu jati), beras, pupuk, dan berbagai barang kerajinan.

Pembelajaran 6 : Tema 1 Subtema 2 Kelas 6
HALAMAN 107-108: SIKAP YANG SESUAI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA
Sila Kelima Pancasila
Jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan dengan teman kelompokmu.
Apa pendapatmu tentang sikap Beni?
Apa pendapatmu tentang sikap Siti?
Apa pendapatmu tentang sikap Edo?
Apakah yang dilakukan oleh Beni sesuai dengan sila kelima Pancasila? Beni melakukan pemborosan dan hal tersebut tidak baik bagi lingkungan dan keberlangsungan hidup orang banyak. Pemborosan yang dilakukan Beni dapat berakibat langkanya sumber hewani sebagai sumber makanan.
Bersikap adil, menghormati hak-hak orang lain, suka memberi pertolongan, tidak boros, tidak bergaya hidup mewah, tidak merugikan kepentingan orang lain, suka bekerja keras, dan menghargai hasil karya orang lain adalah merupakan contoh penerapan sila kelima.
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila.
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
- Bersikap adil, dengan menghargai semua teman, guru dan semua pegawai-pegawai di sekolah
- Menghormati hak-hak orang lain, dengan minta ijin sebelum saat meminjam barang milik teman.
- Suka berikan pertolongan, dengan menopang teman yang kesusahan memahami pelajaran.
- Tidak boros, ditunjukan dengan mengambil alih makanan secukupnya saja.
- Tidak bergaya hidup mewah, dengan menggunakan busana cocok ketentuan sekolah.
- Tidak merugikan kepentingan orang lain, dengan mematuhi ketentuan yang ada di sekolah
- Suka bekerja keras, ditunjukan dengan studi rajin dan tekun
- Menghargai hasil karya orang lain dengan beri tambahan pujian pada hasil pekerjaan teman.
Itu tadi adalah soal dan kunci jawaban tema 1 kelas 6. Semoga soal dan pembahasan untuk buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 1 subtema 3 ini bisa membantu Anda para tenaga pengajar dan orang tua untuk membimbing anaknya.