Tema 4 Subtema 2 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban
Pada pembahasan kali ini, akan dibahas untuk soal dan kunci jawaban pada Buktu Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6. Buku ini merupakan buku yang sangat disarankan oleh Kementrian Pendidikan dan Olahraga. Bagi Anda yang merupakan tenaga pengajar, tentunya buku ini adalah buku yang sangat menarik dengan isi yang lengkap dan dengan susunan ajar yang jelas.
Maka dari itu, tidak heran jika Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 ini sangat banyak yang menggunakannya.
Berikut ini adalah soal dan kunci jawaban Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 subtema 4 yang dijamin lengkap!
Daftar Isi
Subtema 2: Globalisasi dan Manfaatnya
Pembelajaran 1: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57
Ayo Bercerita
Amati gambar di atas. Ceritakanlah di depan teman-temanmu.
Udin dan keluarga sedang merapikan rumah. Udin, kakak, dan ayah senang membantu ibu.
Apakah kamu senang membantu ibu di rumah? Senang.
Apakah kamu senang membantu ayah di rumah? Senang.
Apa saja pekerjaan yang kamu lakukan? Menyapu rumah.
Ayo Mengamati
Kamu pasti senang membantu orang tua di rumah. Ada bermacam-macam kegiatan yang bisa kamu lakukan. Simaklah sebuah kegiatan yang diperagakan gurumu. Kegiatan apakah itu?
Ayo Mencoba
Lakukan berkelompok. Diskusikan contoh kegiatan membantu orang tua. Peragakan di depan kelas dengan percaya diri. Mintalah kelompok lain menebaknya.
Kunci Jawaban Halaman 81
Beni, Edo, dan Dayu senang membantu pekerjaan di rumah.
Lengkapi percakapan berikut dengan kata tolong atau terima kasih.
Jawaban:
Dengarkan cerita gurumu.
Hari minggu, Udin, Beni, Edo, dan Dayu membantu pekerjaan di rumah. Setelah selesai, mereka akan bermain bersama. Mereka akan bermain di rumah Edo. Sebelum pergi ke luar rumah mereka izin kepada ibu atau ayah.
Ayo Bercerita
Pernahkah kamu minta izin ketika akan bermain ke luar rumah? Pernah.
Kapankah kejadian itu? Minggu lalu.
Ceritakan di depan kelas.
Kunci Jawaban Halaman 83
Ayo Berlatih
Edo dan teman-teman bermain kelereng di halaman. Mereka menghitung banyaknya kelereng. Mereka bermain dengan gembira. Lengkapi gambar yang hilang pada pola di halaman berikut. Kerjakan secara mandiri dan teliti. Gunakan pensil warna atau krayon sesuai warna gambarnya.
Jawaban
Amati pola gambar di halaman sebelumnya. Buatlah pola bilangan dari gambar tersebut. Pola bilangan pada gambar kelereng merah.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua menguatkan permainan menemukan pola bilangan 1-20.
Pembelajaran 2: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66, 67
Kunci Jawaban Halaman 61 – 62
Pengrajin Garut yang Menembus Dunia
Sekarang ini, siapa yang tak kenal Mang Samad, pengrajin sandal kulit dari Garut? Ia sering sekali diundang di berbagai acara temu wirausaha untuk menjadi pembicara dan pemberi motivasi bagi para wirausahawan muda. Memang, kerja keras Mang Samad patut dicontoh. Tak banyak wirausahawan kecil seperti dirinya yang bisa berkembang hingga terkenal di mancanegara.
Dulu, Mang Samad hanyalah seorang penjaja sandal kulit keliling. Ia berjalan dari desa ke desa, kemudian memberanikan diri beberapa minggu sekali pergi ke Jakarta untuk menjajakan sandal kulit yang diambilnya dari pabrik. Dari pengalamannya menjajakan dagangan, ia jadi tahu keinginan pembeli. Ia jadi tahu model seperti apa yang menjadi favorit pembeli. Ternyata semakin rumit bentuk jalinan kulit sebuah sandal, apalagi untuk laki-laki, justru tidak diminati. Bentuk sederhana dan klasik tetap menjadi favorit pembeli, namun kualitas kulit dan jahitan sandal menjadi hal yang utama.
Merasa tak puas jika hanya menjajakan, Mang Samad pun belajar untuk membuat sandal. Keterampilan dasar memproses dan menjahit kulit sudah Mang Samad miliki, karena desa tempatnya tinggal merupakan desa pengrajin sandal. Mang Samad hanya memperluas keterampilannya dengan belajar membuat pola sandal, belajar mengenal aneka bahan, lalu menambahkan pengetahuan minat pembeli dari pengalamannya berjualan.
Mang Samad mulai bereksperimen dengan berbagai model sandal buatannya sendiri. Ia mencoba membuat sedikit, kemudian menitipkan di toko atau ke temannya yang berkeliling. Ketika laku, ia membuat lagi, mencoba model yang baru, mencoba warna yang baru, lalu begitu seterusnya.
Hingga satu saat, ia tidak bisa lagi memenuhi permintaan pembeli dengan tenaganya sendiri. Maka, mulailah Mang Samad mencari pegawai yang bisa membantunya. Dari satu-dua pegawai, sekarang sudah lebih dari sepuluh pegawai yang bekerja membantunya. Ia tak pernah jauh-jauh mencari pegawai. Hanya dari orang-orang dekat di lingkungan tempat tinggalnya. Ia ingin kemajuan usahanya dirasakan juga oleh lingkungan terdekatnya.
Semakin maju usahanya, semakin maju juga tingkat penghidupan pegawai yang bekerja membantunya. Mang Samad tidak saja menaikkan taraf hidupnya, tetapi juga membantu memajukan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.
Belajar yang tak pernah henti, membuat usaha yang dirintis Mang Samad terus berkembang. Berbeda dengan produk sandal Garut yang model dan bahannya tak berubah dari waktu ke waktu. Mang Samad sering memperhatikan model sandal di majalah dan model sandal merek luar negeri yang dijual di toko. Ia pun secara berkala mengeluarkan model baru. Walaupun model yang dibuatnya sederhana, ia selalu menggunakan bahan yang terbaik serta teknik jahitan yang kuat. Dengan demikian sandal buatannya tahan lama.
Suatu ketika, datang kesempatan bagi wirausahawan kecil di Garut untuk ikut memperkenalkan produk khasnya di sebuah pameran produk karya Indonesia di Jakarta. Mang Samad berusaha keras untuk ikut dalam pameran ini. Ia bahkan mencari informasi bagaimana membuat brosur produk yang menarik. Ia juga bekerja sama dengan temannya yang pandai bertukang untuk membuat tampilan area pamer yang berbeda.
Ternyata usaha Mang Samad tidak sia-sia. Brosur produk yang informatif, area pamer yang menarik, serta kualitas produk yang baik membuat stan sandal kulit Mang Samad ramai didatangi pengunjung pameran. Tidak hanya sandal yang dijualnya laris manis, Mang Samad juga didekati oleh beberapa importir dari luar negeri yang tertarik dengan produknya. Hanya dari satu pameran, produk Mang Samad sudah dikenal oleh banyak kalangan.
Sekarang produk sandal buatannya sudah menembus ke pasar mancanegara. Model yang sederhana dengan kualitas bahan dan jahitan yang baik membuat sandal buatannya disukai banyak kalangan di luar negeri. Tidak hanya membawa kebanggaan bagi dirinya, bagi keluarganya, atau bagi pekerjanya. Produk sandal kulit buatan Mang Samad dari Garut membuat Indonesia makin dikenal, membuat Indonesia makin bangga dengan kerja keras anak negerinya. Sandal kulit Garut dapat mengharumkan nama Indonesia dan turut memajukan perekonomian bangsa.
Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.
- Siapakah Mang Samad?
Jawaban: Seorang pengrajin sandal kulit dari Garut.
- Bagaimana Mang Samad mengawali usahanya?
Jawaban: Awalnya, Mang Samad adalah penjual sandal kulit keliling dari desa ke desa. Beberapa minggu sekali ia menjajakan sandal kulit yang diambilnya dari pabrik ke Jakarta. Ia kemudian mencoba membuat sandal kulit sendiri dan menjualnya dengan menitipkan ke toko atau temannya.
- Bagaimana Mang Samad mengembangkan usahanya?
Jawaban:
Ketika produknya laku, ia terus mencoba model yang baru, mencoba warna yang baru. Kemudian ia mencari pegawai dengan mengajak orang-orang di lingkungannya untuk membantunya.
Usaha Mang Samad pun terus berkembang. Ia pun secara berkala mengeluarkan model baru dengan bahan terbaik dan jahitan yang kuat.
Suatu ketika, melalui pameran produk karya Indonesia di Jakarta, produk Mang Samad mampu menarik beberapa importir dari luar negeri. Sekarang produk sandal Mang Samad berhasil menembus pasar mancanegara.
- Keberhasilan apa yang sudah dicapai oleh Mang Samad?
Jawaban: Mang Samad berhasil membuat usahanya maju dan sukses bahkan mampu menembus pasar mancanegara. Selain itu, ia juga berhasil mengharumkan nama Indonesia.
- Keterampilan apa yang dimiliki oleh Mang Samad?
Jawaban: Memproses dan menjahit kulit menjadi sandal dengan pola dan kualitas yang bagus serta mampu menganalisa peluang.
- Sikap apa yang dimiliki oleh Mang Samad? Jelaskan.
Jawaban: Kerja keras, terus belajar, dan selalu berinovasi. Kesuksesan terwujud dari kerja keras tanpa henti. Ketika mendapat hambatan, hendaknya menjadi pembelajaran.
Hal yang juga penting adalah inovasi, karena dengan inovasi kita bisa mencari tahu minat konsumen sehingga usaha bisa terus berkembang.
- Apa dampak dari keberhasilan usaha Mang Samad bagi diri Mang Samad sendiri?
Jawaban: Ekonomi Mang Samad meningkat. Ia juga merasa bermanfaat bagi orang lain karena melalui usahanya, ia juga membantu menaikkan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.
Kunci Jawaban Halaman 63
Tahukah Kamu?
Tahukah kamu tentang mainan rubik atau magic cube? Mainan ini diciptakan oleh Erno Rubik yang berasal dari Hungaria. Mainan ini sudah dikenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan kemudahan di era globalisasi, saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkannya di toko mainan.
Berbentuk apakah bentuk mainan rubik?
Jawaban: Kubus
Cobalah menghitung berapa kubus kecil yang menyusun mainan rubik?
Jawaban: 27 buah
Kunci Jawaban Halaman 64 – 65
Ayo Mengamati
Perhatikan pola di bawah ini. (pola bisa ditambah sampai 5)
Isilah tabel pengamatan berikut.
Jawaban:
Kubus ke – Panjang rusuk – Banyaknya kubus satuan
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut.
- Pola apa yang kamu amati?
Jawaban: Pola pertambahan volume kubus akibat pertambahan panjang rusuk.
- Jika panjang rusuk kubus bertambah, apa yang terjadi pada banyak kubus satuan?
Jawaban: Jumlah kubus satuan juga bertambah banyak.
- Bagaimana hubungan antara rusuk kubus dengan banyaknya kubus satuan yang menyusunnya?
Jawaban: Panjang rusuk kubus berbanding lurus dengan jumlah kubus satuan. Semakin panjang rusuk kubus, semakin banyak pula jumlah kubus satuan.
- Rusuk kubus dinamakan r. Banyaknya kubus satuan dinamakan volume atau V. Bagaimana hubungan r dan V?
Jawaban:
V = r x r x r
V = r3
- Tulislah simpulanmu tentang rumus volume kubus.
Jawaban: Rumus volume kubus yaitu rusuk x rusuk x rusuk (r x r x r) atau panjang rusuk pangkat 3 (r3).
Ayo Berlatih
- Hitunglah volume kubus pada gambar beriku
a.
Jawaban:
r = 3 cm
V = 33
V = 27 cm3
b.
Jawaban
r = 6 satuan
V = 63
V = 216 satuan
c.
Jawaban
V = 10 x 10 x 1
V = 100 satuan
d.
Jawaban
V = 3 x 3 + 2
V = 11 satuan
- Hitunglah panjang rusuk kubus jika volume kubus adalah:
Jawaban:
- 64 cm3
3√64 = 4 cm
- 516 cm3
3√516 = 8 cm
- 125 cm3
3√125 = 5 cm
- Dayu mempunyai tempat air yang berbentuk kubus. Jika panjang rusuk tempat air adalah 50 cm, hitunglah volume tempat air.
Jawaban:
V = 503
V = 125000 cm3
Jadi, volume tempat air Dayu adalah 125000 cm3.
- Dina dan Siti mempunyai tempat air berbentuk kubus. Panjang rusuk tempat air Dina dan Siti adalah 30 cm dan 40 cm. Hitunglah selisih volume tempat air Dina dan Siti.
Jawaban:
Volume tempat air Siti – volume tempat air Dina
403 – 303
64.000 – 27.000 = 37.000 cm3
Jadi, selisih volume tempat air Dina dan Siti adalah 37.000 cm3
Ayo Renungkan
- Apa yang kamu pelajari hari ini?
- Nilai-nilai baik apa yang bisa kita contoh dari Mang Samad?
- Sikap apa yang bisa kita tunjukkan sehari-hari dengan mencontoh Mang Samad?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu tentang Mang Samad. Mintalah pendapatnya tentang hal-hal baik yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari mencontoh Mang Samad.
Pembelajaran 3: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 70, 71, 72, 73
Kunci Jawaban Halaman 70 – 71
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan gambar.
- Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?
Jawaban: Mempermudah aktivitas manusia
- Tuliskan ruangan yang boros listrik.
Jawaban: Semua ruangan di rumah pada gambar boros listrik
- Menurutmu, apa dampak sikap hidup boros listrik bagi warga sekolah?
Jawaban: Menambah tanggungan listrik bagi pihak sekolah serta menambah biaya SPP bulanan siswa.
- Mengapa kita perlu menerapkan sikap hidup hemat listrik?
Jawaban: Sebagian besar pembangkit listrik menggunakan bahan yang tidak dapat diperbaharui seperti batu bara dan gas yang suatu saat akan habis.
- Berikan 3 contoh sikap hidup hemat listrik yang sudah kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Jawaban: Mematikan lampu ketika tidak dibutuhkan, tidak terlalu banyak menonton tv, dan mematikan kipas angin jika tidak digunakan.
Diskusikan jawaban kalian bersama teman dan tuliskan dalam kolom berikut.
Kunci Jawaban Halaman 72
Ayo Menulis
Simak dengan teliti teks eksplanasi yang akan dibacakan oleh gurumu. Teks akan dibacakan dalam setiap paragraf. Tuliskan informasi penting dalam setiap pargrafnya. Kamu akan diberi waktu untuk menuliskan informasi tersebut setiap satu paragraf selesai dibacakan.
Tuliskan informasi penting tersebut dalam setiap paragraf pada diagram berikut!
Jawaban:
- Paragraf 1 : Topik Masalah
Semua kegiatan manusia di era globalisasi ini hampir semuanya membutuhkan energi listrik.
- Paragraf 2 : Deret Penjelas
Pemborosan energi membuat suhu bumi meningkat/pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh gas buang dari peralatan elektronik dan hasil pembakaran dari kendaraan bermotor, serta berkurangnya lahan hijau.
Pemanasan global membuat cuaca tidak menentu, musim panas yang panjang menyebabkan kekeringan, mencairnya pegunungan es di kutub yang dapat mengancam keberadaan manusia.
- Paragraf 3 : Deret Penjelas
Salah satu cara untuk menghindari pemanasan global yaitu dengan menghemat listrik.
Contohnya memilih peralatan hemat listrik dan mematikan semua peralatan listrik sebelum meninggalkan ruangan kosong.
- Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Dengan melakukan hal itu, kita telah menyelamatkan bumi.
Sungguh besar energi yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.
Ayo Mencoba
Buatlah poster yang berisi ajakan untuk melakukan sikap hidup hemat listrik. Perhatikan kriteria yang harus terdapat dalam poster kalian.
- Terdapat kalimat ajakan untuk selalu melakukan sikap hidup hemat listrik.
- Terdapat keterangan singkat tentang pentingnya hemat listrik.
- Terdapat contoh sikap hidup hemat listrik.
- Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih.
Kreasikan poster kamu dengan menarik.
Kampanyekan poster kamu ke setiap kelas, kemudian pasang poster tersebut di tempat-tempat strategis di sekeliling sekolah.
Ayo Renungkan
Apakah kamu telah melaksanakan sikap hidup hemat listrik? Tuliskan contohnya.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikan bersama orang tua tentang pentingnya melaksanakan sikap hidup hemat listrik. Buat rencana bersama orang tua untuk melakukannya setiap hari di rumah.
Pembelajaran 4: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76, 78, 79, 80, 81, 82
Kunci Jawaban Halaman 75 – 76
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.
Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?
Apa manfaat globalisasi bagi manusia di berbagai belahan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal positif dari globalisasi.
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya era globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, berita penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia.
Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi dapat memengaruhi kebudayaan manusia di sebuah negeri. Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa menjadi pengaruh positif, namun bukan tidak mungkin membawa pengaruh negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, anak-anak muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru cara berpakaian muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu!
Pengaruh positif akibat globalisasi tentu akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi.
Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
- Apa saja dampak positif dari globalisasi?
Jawaban: Mudah menemukan makanan atau barang dari luar negeri serta mengetahui berita dari luar negeri. Mudah memasarkan produk lokal ke mancanegara.
- Apa saja dampak negatif dari globalisasi?
Jawaban: Budaya negatif dari luar negeri dapat masuk ke Indonesia dengan mudah sehingga dapat melunturkan budaya bangsa sendiri.
- Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?
Jawaban: Mudah mengetahui bahkan mencontoh budaya dari luar yang sebenarnya tidak cocok dengan budaya bangsa.
- Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?
Jawaban: Karena globalisasi dapat memperdaya kita jika tidak memiliki benteng untuk menghindari pengaruh negatifnya.
- Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?
Jawaban: Memanfaatkan pengaruh positif dengan sebaik mungkin dan menjauhi pengaruh negatif sebisa mungkin.
- Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi.
Jawaban: Sesuai gambar visual yang dibuat peserta didik.
Kunci Jawaban Halaman 78 – 79
Ikuti langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
- Masukkan pasir ke dalam Bangun 1 hingga penuh.
- Masukkan pasir ke dalam Bangun 2 hingga penuh.
- Pindahkan pasir dari Bangun 1 dan Bangun 2 ke dalam Bangun 3.
Apakah semua pasir dari Bangun 1 dan Bangun 2 dapat mengisi ruang di dalam Bangun 3? Apakah terdapat sisa pasir yang tidak dapat masuk ke dalam Bangun 3? Jelaskan.
Jawaban: Ya, semua pasir masuk ke Bangun 3 tanpa sisa karena jumlah volume Bangun 1 dengan Bangun 2 sama dengan volume Bangun 3.
Lakukan sebaliknya. Pindahkan pasir dari bangun 3 ke bangun 1 dan 2. Apakah semua pasir dari Bangun 3 dapat mengisi ruang di dalam Bangun 1 dan 2? Apakah terdapat sisa pasir yang tidak dapat masuk ke dalam Bangun 1 dan 2? Jelaskan.
Jawaban: Ya, semua pasir masuk ke dalam Bangun 1 dan 2 tanpa sisa karena volume Bangun 3 sama dengan jumlah volume Bangun 1 dengan Bangun 2.
Jika kamu perhatikan dengan saksama, Bangun 3 dibuat dengan menggabungkan Bangun 1 dan Bangun 2 (digabungkan pada sisi FGCB-Bangun 1 dan sisi EHDA-Bangun 2).
Berdasarkan kegiatan yang kamu lakukan tadi, bagaimana hubungan antara volume 1, 2, dan 3?
Jawaban:
Bangun 1 = Bangun 2 = ½ x Bangun 3
Bangun 3 = 2 x Bangun 1 = 2 x Bangun 2
Mari kita buktikan hubungan volume antara Bangun 1, Bangun 2, dan Bangun 3 dengan menghitungnya. Hitunglah volume Bangun 1.
Jawaban: 63 = 216 cm3
Hitunglah volume Bangun 2.
Jawaban: 63 = 216 cm3
Hitunglah volume Bangun 3.
Jawaban: 12 x 6 x 6 = 432 cm3
Apa hubungan antara volume ketiga bangun tersebut?
Jawaban:
VB1 = VB2 = ½ VB3
VB3 = 2 VB1 = 2 VB2
Kunci Jawaban Halaman 80 – 81 – 82
Ayo Berdiskusi
Masih ingatkan kamu dengan cerita Mang Samad pada pembelajaran 2? Diskusikan kembali pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut.
- Apa dampak yang dari usaha Mang Samad bagi warga di sekitar?
Jawaban: Kemajuan usaha Mang Samad mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.
- Mengapa usaha Mang Samad meningkatkan perekonomian warga?
Jawaban: Karena hasil dari usaha Mang Samad juga dirasakan oleh warga di lingkungannya
- Apa dampak dari yang dilakukan Mang Samad terhadap Indonesia?
Jawaban: Mengharumkan nama Indonesia dan ikut memajukan perekonomian bangsa.
- Mengapa usaha Mang Samad memperkuat perekonomian bangsa? Jelaskan.
Jawaban: Karena dari usaha Mang Samad itu, membuat ekonomi warga di lingkungannya meningkat. Selain itu, kegiatan ekspor dari usaha Mang Samad juga akan menyumbang pemasukan devisa negara.
- Mengapa usaha Mang Samad bisa mengharumkan nama Indonesia?
Jawaban: Karena produknya asli Indonesia, mampu menembus pasar mancanegara. Hal ini akan membuat nama Indonesia semakin dikenal.
- Sikap berbagi apa yang bisa kita contoh dari Mang Samad?
Jawaban: Memberi kesempatan kepada orang sekitar agar dapat ikut merasakan hasil yang kita raih.
Pada saat kita berhasil dari sisi perokonomian, kita juga membantu banyak orang untuk meningkatkan perekomoniannya sekaligus akan memperkuat perekonomian bangsa.
Bagaimana dengan kamu? Sikap apa yang bisa kamu contoh dari Mang Samad yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari? Buatlah rencanamu.
Jawaban:
Sikap: Kerja keras
Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari: Belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh
Sikap: Tidak gampang puas dan selalu berinovasi
Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari: Meski sudah berprestasi, tetap rajib belajar
Sikap: Pandai memanfaatkan peluang
Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari: Mengikuti lomba yang diadakan sekolah maupun luar sekolah
Sikap: Memberi manfaat untuk orang sekitar
Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari: Membantu teman yang kesusahan
Ayo Renungkan
- Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
- Apa sikap yang sudah kamu lakukan menghadapi globalisasi?
- Adakah pengaruh postif yang kamu rasakan?
- Adakah pengaruh negatif yang kamu rasakan?
Pembelajaran 5: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 84, 85, 86, 87, 88
Kunci Jawaban Halaman 84 – 85
Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut.
Masyarakat ASEAN Bebas Narkoba
Era globalisasi memberi kemudahan masyarakat dalam hal komunikasi dan transportasi. Seakan menjadikan dunia tanpa batas. Hal ini juga meningkatkan peredaran dan perdagangan narkoba di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.
Meningkatkannya kejahahatan narkoba akan mengancam keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia bekerja sama dengan negaranegara ASEAN menyusun langkah-langkah dalam mencapai “ASEAN Drug Free 2015”. Semua negara saling menukar informasi dalam hal rehabilitasi, pencegahan, dan penegakan hukum tentang masalah narkoba.
Diskusikan pertanyaan berikut.
- Apa itu narkoba?
Jawaban: Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya.
- Mengapa peredaran narkoba semakin meluas?
Jawaban: Karena adanya kemudahan komunikasi dan transportasi untuk melakukan transaksi narkoba.
- Apa dampak penggunaan narkoba bagi pengguna?
Jawaban: Mengganggu fisik pengguna seperti kerusakan syaraf, gangguan pernapasan, kemampuan berpikir terganggu, dan menurunkan kekebalan tubuh.
Mengganggu psikis seperti halusinasi, berkurangnya kepercayaan diri, sering gelisah, dan anti sosial.
- Apa dampak penggunaan narkoba bagi keluarga pengguna?
Jawaban: Membuat keluarga malu, dikucilkan masyarakat, dan membebani keluarga karena pengguna akan meminta bahkan mencuri uang demi membeli narkoba.
- Apa dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna?
Jawaban: Masyarakat dapat ikut terpengaruh untuk mencoba, masyarakat bisa terancam ketika pengguna mengemudikan kendaraan di bawah pengaruh narkoba cenderung mengalami kecelakaan, dan meningkatkan kasus pencurian akibat pengguna melakukan segala cara untuk mendapatkan uang agar bisa membeli narkoba.
- Apa dampak penggunaan narkoba bagi bangsa Indonesia?
Jawaban: Indonesia akan kehilangan penerus bangsa, memiliki generasi penerus yang tidak bermutu, meningkatnya kasus kriminal, dan bahkan bangsa Indonesia bisa hancur.
- Mengapa negara-negara ASEAN merencanakan “ASEAN Drug Free 2015”?
Jawaban: Untuk mewujudkan kawasan Asia Tenggara yang bebas narkoba.
- Apa saja peran Indonesia untuk mewujudkan ASEAN Drug Free 2015?
Jawaban: Membuat undang-undang tentang hukum penyalahgunaan narkoba, mengadakan sosialisasi bahaya narkoba ke sekolah maupun ke masyarakat, dan menggiatkan upaya BNN dalam memberantas narkoba.
- Mengapa peran Indonesia dalam mewujudkan ASEAN Drug Free 2015 sangat penting?
Jawaban: Indonesia dan negara-negara ASEAN harus bekerja sama agar tujuan tersebut terwujud.
- Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah penggunaan narkoba?
Jawaban: Kita harus benar-benar menjauhi narkoba.
- Bagimana kalian menyikapi, jika ada orang yang menawarkan narkoba kepada kalian?
Jawaban: Menolaknya dengan tegas.
Kunci Jawaban Halaman 86
Ayo Berkreasi
Tugasmu sekarang membuat sebuah brosur untuk mengampanyekan katakan tidak untuk narkotika yang akan disebarkan kepada masyarakat di lingkunganmu.
Buatlah terlebih dahulu kerangka gagasan dalam tabel berikut. Barulah tulis ke dalam brosur sesuai dengan kreasimu.
Jawaban:
Pertanyaan: Apa itu narkoba?
Uraian: Narkotika dan obat-obatan berbahaya
Pertanyaan: Apa dampak dari penggunaannya?
Uraian: Merusak tubuh, merusak masa depan, dan memalukan keluarga
Pertanyaan: Bagaimana cara pencegahannya?
Uraian: Menjauhi narkoba
Pertanyaan: Kalimat ajakan
Uraian: Katakan tidak pada narkoba
Kunci Jawaban Halaman 87 – 88
- Dayu dan Siti mempunyai rubik dengan ukuran yang sama, yaitu 3 satuan. Berapakah volume total rubik mereka jika disatukan?
Jawaban:
V = 2 x 33
V = 2 x 27
V = 54 satuan
Jadi, volume total rubik mereka jika disatukan adalah 54 satuan.
- Edo mempunyai tempat air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 40 cm. Lani juga mempunyai tempat air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 50 cm. Edo dan Lani mengisi penuh tempat air masing-masing. Mereka menggabungkan volume air dari wadah masing-masing. Hitunglah total volume air.
Jawaban:
V = 403 + 503
V = 64.000 + 125.000
V = 189.000 cm3
Jadi, total volume air adalah 189.000 cm3
- Hitunglah volume bangun gabungan berikut.
Jawaban:
- V = 20 x 10 x 10
V = 2.000 cm3
- V = 27 x 9 x 18
V = 4.374 cm3
- V = 4 x 73
V = 4 x 343
V = 1.372 cm3
- V = 3 x 123
V = 3 x 1728
V = 5.184 cm3
- V = 7 x 103
V = 7 x 1000
V = 7.000 cm3
- V = 103 + 63
V = 1.000 + 216
V = 1.216 cm3
Pembelajaran 6: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 89, 91, 92, 94, 95
Kunci Jawaban Halaman 89
Kamu akan kembali berlatih pukulan dan tangkisan dan mengombinasikannya dengan pola langkah ke depan, ke belakang, dan ke samping.
Jika telah terampil, kamu juga dapat mengombinasikannya dengan sikap pasang.
Ingat untuk selalu berlatih dengan penuh semangat serta penuh rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Adakah kesulitan yang kamu alami saat melakukan kombinasi gerak dasar silat?
Bagaimana rencanamu ke depan supaya keterampilan silatmu semakin meningkat?
Jawaban:
- Rajin Berlatih
- Tidak bermalas-malasan
- Bertanya kepada yang lebih bisa jika masih ada yang kurang paham
- Mengikuti les Pencak Silat
Kunci Jawaban Halaman 91
Ayo Berdiskusi
Edo adalah putra seorang pengusaha ternama di daerahnya. Kedua orang tua Edo memiliki usaha industri makanan ringan. Mereka dikenal sebagai keluarga kaya yang sangat mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mereka inginkan.
Pada suatu hari, Edo bersama seorang temannya berada di sebuah pusat perbelanjaan.
Beni: Edo, kenapa kau pilih sepatu itu? Sepatu yang ini sepertinya lebih baik. Ini bikinan Singapura lho!
Edo: Aku pilih ini saja. Sepatu ini bikinan Cibaduyut, kualitasnya tidak kalah dengan sepatu bikinan luar negeri. Sepatu Cibaduyut juga sudah diekspor ke luar negeri.
Beni: Oya? Memangnya kau tidak malu memakai produk dalam negeri?
Edo: Lho, kenapa harus malu? Justru jika kita membeli produk negeri sendiri, itu artinya kita telah membantu negara kita. Uang kita akan tetap beredar di negeri sendiri, selain itu juga akan membuka lapangan kerja bagi rakyat Indonesia.
Beni: Ooh begitu ya…
Edo: Iya, Beni, karena itu aku selalu memilih untuk membeli produk Indonesia.
Beni: Ya deh, aku juga ingin membantu rakyat Indonesia supaya menjadi lebih sejahtera, aku akan selalu membeli produk-produk Indonesia.
Diskusikan bersama teman pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
- Bagaimana karakter Edo dan Beni?
Jawaban: Karakter Edo yaitu mencintai produk dalam negeri. Karakter Beni yaitu lebih menyukai produk luar negeri.
- Apa alasan Beni memilih sepatu produk luar negeri?
Jawaban: Ia menganggap produk luar negeri lebih baik.
- Apakah sikap Beni tersebut benar? Berikan alasannya!
Jawaban: Kurang tepat, karena dengan memilih produk luar negeri, Beni justru meningkatkan ekonomi negara produsen produk tersebut. Jika banyak orang bersikap seperti Beni, ekonomi Indonesia akan menurun karena uang beredar di luar negeri.
- Mengapa Edo memilih produk Indonesia?
Jawaban: Karena ia menganggap kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri.
- Apakah sikap Edo tersebut benar? Jelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia disertai contoh!
Jawaban: Benar, karena dengan mencintai produk dalam negeri kita juga turut membantu negara. Uang kita tetap beredar di negeri sendiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia.
- Apa saranmu terhadap Beni? Jelaskan manfaat dari “Cita Produk-Produk Indonesia” bagi bangsa Indonesia!
Jawaban: Beni seharusnya tidak perlu malu menggunakan produk dalam negeri. Mungkin mereknya Indonesia, tetapi kualitasnya dunia. Dengan membeli produk-produk Indonesia, kita turut memajukan ekonomi negara karena usaha di negeri kita bisa berkembang, membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia, dan peredaran uang terjadi di negeri sendiri.
Kunci Jawaban Halaman 94
Mengapa Harus Hemat Listrik?
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini butuhkan energi listrik, mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/industri, bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik. Tanpa listrik kita gak bisa bayangin gimana jadinya hidup ini. Namun, dibalik manfaatnya, energi listrik ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan di Bumi jika kita menggunakannya secara berlebihan.
Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan dengan meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global.
Meningkatnya suhu Bumi antara lain gara-gara gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan hijau yang berfungsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global bikin cuaca tidak teratur, musim panas yang panjang banget hingga berakibat kekeringan di mana-mana. Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan tenggelamkan sebagian besar daratan. Kalo hal ini terus terjadi, maka manusia bakal terancam habitatnya gara-gara pemanasan global.
Buat menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik. Contoh gampangnya yang bisa kita lakukan adalah:
Pilih peralatan hemat energi, kayak mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.
Pahami lingkungan sekitar kita. Jika menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan kalo udah matiin semua peralatan listrik yang gak dipakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll.) sebelum meninggalkan ruangan.
Dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan bumi kita secara nyata. Kita bisa bayangkan berapa besar energi listrik yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.
Perhatikan kata-kata bercetak miring pada teks tersebut.
Tuliskan kosakata nonbaku tersebut dalam tabel berikut dan carilah padanan kata bakunya.
Buatlah kalimat menggunakan kosakata baku tersebut, dengan memerhatikan pemakaian kalimat efektif.
Kunci Jawaban Halaman 95
Baca kembali teks eksplanasi “Mengapa Harus Hemat Listrik”.
Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.
Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini.
Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Jawaban:
– Halaman 1 (Judul): Mengapa Harus Hemat Listrik
– Halaman 2: Pernyataan Umum
Paragraf 1: Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini membutuhkan energi listrik.
– Halaman 3: Deret Penjelas
Paragraf 2: Pemborosan energi membuat suhu bumi meningkat/pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh gas buang dari peralatan elektronik, gas buang hasil pembakaran dari kendaraan bermotor, serta berkurangnya lahan hijau. Pemanasan global membuat cuaca tidak menentu, musim panas yang panjang menyebabkan kekeringan, mencairnya pegunungan es di kutub bumi yang dapat mengancam keberadaan manusia.
– Halaman 4: Deret Penjelas
Paragraf 3: Salah satu cara untuk menghindari pemanasan global yaitu dengan menghemat listrik. Contohnya memilih peralatan hemat listrik dan mematikan semua peralatan listrik sebelum meninggalkan ruangan kosong.
– Halaman 5: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Paragraf 4: Dengan melakukan hal itu, kita telah menyelamatkan bumi. Sungguh besar energi yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.
Itu tadi adalah kunci jawaban dan soal Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 4 subtema 2. Semoga bermanfaat!