Tema 4 Subtema 3 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban
Pada pembahasan kali ini, akan dibahas tentang soal dan kunci jawaban untuk Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 4 subtema 3. Mungkin saja kunci jawaban ini bisa dijadikan sebagai bahan ajar bagi para wali murid atau juga guru kepada siswanya. Karena, pada buku tersebut, tidak ada kunci jawaban pada buku yang terpisah, tidak seperti buku dengan kurikulum yang lama.
Maka dari itu, berikut ini adalah soal dan kunci jawaban Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 4 subtema 3 yang lengkap dan benar.
Daftar Isi
Subtema 3: Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Pembelajaran 1 : Tema 4 subtema 3 kelas 6
Kunci Jawaban Halaman 99
Indonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama di Asia Tenggara
Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya. Peluncuran ini ditandai dengan penyelenggaraan seminar “Solar Energy for Our Future” pada Selasa 24 Juli 2012 di Universitas Indonesia. Seminar dihadiri oleh para pakar energi dari Jerman, wakil dari ASEAN, serta pemerintah selaku penentu kebijakan energi nasional. Seminar membahas tentang potensi, perkembangan, serta penggunaan energi terbarukan tenaga surya di Indonesia dan di Asia Tenggara. Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara merupakan negara kaya potensi sumber energi terbarukan, khususnya tenaga surya. Namun potensi pemanfaatan tenaga surya tersebut belum optimal.
Sel surya merupakan lempengan tipis terbuat dari silikon yang dapat mengubah langsung cahaya matahari menjadi energi listrik. Lempengan sel surya tersebut diberi muatan postif dan muatan negatif. Saat cahaya mengenai lempengan tersebut, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik. Saat ini penggunaan sel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil seperti pada barang-barang elektronik dan sebagai pembangkit listrik pada daerah-daerah yang masih sulit dijangkau oleh jaringan listrik. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk membuat lempengan silikon cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan dapat ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.
Pendirian Akademi Surya ini merupakan wujud nyata kepedulian UI yang diharapkan dapat menjawab permasalahan bangsa Indonesia mengenai krisis energi saat ini. Usaha mencari sumber energi alternatif yang bersih, tidak berpolusi, aman, dan dengan persediaan yang tidak terbatas, sebagai pengganti bahan bakar fosil perlu terus diupayakan, di antaranya adalah energi surya. Di era globalisasi ini, dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang beragam tampaknya tidak bisa dihindari.
*Kutipan berita dari: news.detik.com
Tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada digram berikut.
Jawaban:
Paragraf 1: Topik Masalah
Peluncuran “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara oleh Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).
Paragraf 2: Deret Penjelas
– Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik.
– Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya.
– Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik.
Paragraf 3: Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.
Kunci Jawaban Halaman 100
Cermati pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut
- Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara tersebut di era globalisasi ini?
- Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?
Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman, dan tuliskan jawabannya dalam diagram berikut.
Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi
Bentuk Kerja sama – Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara.
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
Jawaban:
Kunci Jawaban Halaman 101 – 102
Ayo Mengamati
Di era globalisasi ini, semakin banyak teknologi canggih yang ditemukan. Hampir seluruh penemuan tersebut menggunakan energi, khususnya listrik.
Namun, akhir-akhir ini pasokan listrik semakin berkurang akibat semakin menipisnya sumber energi untuk memproduksi listrik seperti minyak bumi, gas, batu bara, dan panas bumi.
Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah mencari sumber energi alternatif yang bersih, aman, bebas polusi, dan selalu tersedia tanpa batas.
Salah satu bentuk energi alternatif tersebut adalah sel surya. Kamu telah membaca sedikit informasi tentang prinsip dasar dari cara kerja sel surya.
Sekarang, amati cara kerja panel listrik tenaga surya berikut
Diskusikan bersama teman, tentang proses kerja sel surya.
Tuliskan secara runtut pada kolom berikut.
Jawaban:
Proses Panel Surya
Ketika panel surya terkena cahaya matahari, muatan positif dan negatif pada lempengan silikon panel surya akan bertemu. Hal ini kemudian menghasilkan energi listrik. Listrik dari panel surya akan mengalir menuju electric control system. Di dalam electric control system terdapat komponen berupa controller, baterai, dan inverter.
Awalnya listrik yang menuju electric control system akan masuk ke controller untuk diatur tegangannya. Controller ini juga berfungsi untuk memutus arus listrik ketika baterai sudah penuh. Setelah dari controller, listrik kemudian disimpan pada baterai.
Ketika digunakan, listrik pada baterai akan mengalir dahulu ke inverter untuk dinaikkan tegangannya menjadi 220 v sehingga dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektrik maupun elektronik.
Kunci Jawaban Halaman 103
Ayo Mencoba
Pada halaman 102, siswa diminta untuk melakukan percobaan menggunakan beberapa jenis buah atau umbi-umbian sebagai sumber alternatif energi listrik.
Buatlah laporan dari percobaan sumber alternatif energi listrik, yang kamu lakukan.
Jawaban:
Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Alternatif Energi Listrik
Nama Percobaan: Membuat Sumber Energi Listrik Tenaga Kentang
Tujuan Percobaan:
- Untuk mengetahui sumber energi alternatif
- Untuk membuktikan bahwa umbi-umbian dapat menghasilkan listrik
- Melatih kreativitas
Alat dan bahan:
- Kentang (bisa diganti lemon atau umbi-umbian yang lain)
- Lampu LED (atau lampu bohlam kecil)
- Kabel
- Penjepit buaya
- Lempengan tembaga
- Lempengan seng
- Untuk pengganti tembaga dan seng, dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam
Langkah kerja:
- Potong kabel sepanjang 15 cm sebanyak 5 buah.
- Hubungkan setiap kabel dengan penjepit buaya.
- Tancapkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang.
- Jepitkan kabel ke lempengan-lempengan tersebut serta ke lampu.
- Kemudian lampu akan menyala. Jika tidak menyala, tambahkan kentang lagi.
Simpulan: Kentang mengandung cairan elektrolit yang dapat menghasilkan energi listrik sehingga lampu dapat menyala.
Ayo Renungkan
– Apakah kamu telah mempraktikan sikap ‘Berpikir global, bertindak lokal’?
– Bagaimana rencanamu untuk melaksanakan sikap tersebut dalam keseharian?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan pada orang tuamu tentang pentingnya memiliki sikap ‘Berpikir global, bertindak lokal’.
Diskusikan tentang contoh-contoh wujud nyata dalam keseharian di rumah.
Pembelajaran 2: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 105, 107, 108, 109, 110, 111
Kunci Jawaban Halaman 105
Amati poster berikut.
Diskusikan dalam kelompok tentang pesan yang disampaikan dalam poster tersebut!
Jawaban: Kita boleh saja berpikir secara global dan mengikuti perkembangan dunia, tapi tetap bertindak untuk kemajuan daerah atau negara kita sendiri.
Kunci Jawaban Halaman 107
Berdasarkan teks yang telah kamu baca coba diskusikan dengan temanmu “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Tulislah hasil diskusimu pada diagram berikut.
Jawaban:
Contoh sikap:
– Menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama
– Melestarikan seni tradisional Indonesia
– Mencintai produk dalam negeri
– Menggunakan pakaian yang sopan
– Bersikap ramah terhadap sesama
Bukan contoh sikap:
– Menggunakan bahasa asing sebagai bahasa utama
– Lebih mengagumi budaya asing
– Memilih produk impor
– Menggunakan gaya pakaian yang terbuka
– Tidak bersikap ramah terhadap sesama
Dampak:
– Budaya Indonesia diambil alih oleh bangsa asing
– Bangsa Indonesia dapat kehilangan jati diri
Pengertian:
– Berpikir global, bertindak lokal yaitu bersikap terbuka terhadap perkembangan dunia namun tidak melupakan budaya sendiri.
Kunci Jawaban Halaman 108
Ayo Berkreasi
Setelah kamu yakin dengan gagasan brosur yang kamu buat pada pertemuan sebelumnya. Sekarang mulailah merancang brosur.
Perhatikan kriteria brosur yang baik.
- Slogan jelas dan mudah dimengerti.
- Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
- Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
- Tata letak gambar dan tulisan baik.
Ambil kembali kotak berbentuk kubus yang kamu bawa. Gambarlah kemungkinan jaring-jaring pada kertas berpetak berikut.
Jawaban:
Kunci Jawaban Halaman 109 – 110
Tahukah kamu bagaimana menemukan luas permukaan kubus?
Tulislah panjang rusuk untuk setiap kemungkinan jaring-jaring kubus berikut. Hitunglah luas permukaannya.
Jawaban:
Apakah bentuk jaring-jaring yang berbeda mempengaruhi luas jaring-jaring kubus?
Jawaban: Tidak.
Luas jaring-jaring adalah luas permukaan kubus. Luas satu persegi adalah luas sisi kubus. Jika r adalah rusuk kubus, luas satu sisi kubus adalah r × r = r2.
Bagaimana hubungan luas permukaan dengan luas setiap sisi pada kubus? Jika rusuk kubus adalah r, tulislah rumus luas permukaan kubus.
Jawaban: Luas permukaan kubus merupakan jumlah luas dari seluruh sisi kubus.
Jika rusuk kubus adalah r, tulislah rumus luas permukaan kubus.
Jawaban:
L = 6 x (r x r)
L = 6 x r2
Kunci Jawaban Halaman 110 – 111
Ayo Berlatih
- Hitunglah luas permukaan kubus berikut.
a.
Jawaban:
L = 6 x (sisi x sisi)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 satuan
b.
L = 2 x (10 x 10) + 4 x (10 x 1)
L = 2 x 100 + 4 x 10
L = 200 + 40
L = 240 satuan
c.
Jawaban:
L = 6 x (sisi x sisi)
L = 6 x (3 x 3)
L = 6 x 9
L = 54 cm2
- Dayu akan membuat kubus dengan panjang rusuk 20 cm dengan menggunakan kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dibutuhkan Dayu.
Jawaban:
L = 6 x (rusuk x rusuk)
L = 6 x (20 x 20)
L = 6 x 400
L = 2.400 cm2
Jadi, luas kertas karton yang dibutuhkan Dayu adalah 2.400 cm2.
- Siti akan membuat dua buah kubus dengan panjang rusuk masing-masing 20 cm. Jika Siti mempunyai kertas karton seluas 200 cm2, apakah kertas karton Siti cukup? Jelaskan.
Luas permukaan 1 kubus:
Jawaban:
L = 6 x (rusuk x rusuk)
L = 6 x (20 x 20)
L = 6 x 400
L = 2.400 cm2
Luas permukaan 2 kubus :
L = 2 x 2.400
L = 4.800 cm2
Sehingga luas kertas karton Siti kurang.
Kekurangan luas kertas karton :
4.800 – 200 = 4.600 cm2
Jadi, luas kertas karton Siti masih kurang. Ia harus menyiapkan lagi kertas karton seluas 4.600 cm2.
- Dayu mempunyai kertas karton dengan panjang 20 cm dan lebar 30 cm. Dayu akan membuat kubus dengan panjang rusuk 6 cm. Berapa banyak kubus yang dapat Dayu buat?
Jawaban:
Luas kertas karton Dayu:
L = 20 x 30
L = 600 cm2
Luas kubus dengan rusuk 6 cm:
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2
Kubus yang dapat dibuat:
600 / 216 = 2,7
Jadi, banyak kubus yang dapat Dayu buat adalah 2 buah.
Pembelajaran 3: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 114, 115
Kunci Jawaban Halaman 114 – 115
Cermati teks eksplanasi berikut ini!
Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Persoalan lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia.
Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)………………
Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. Oleh sebab itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.
Lengkapi teks eksplanasi tersebut sehingga menjadi satu teks yang utuh.
Ingat kembali ciri-ciri dari teks eksplanasi:
- Paragraf 1: Pernyataan umum dari topik masalah yang akan disajikan.
- Paragraf 2: Deret penjelas, berisi fakta, pembuktian, proses dari masalah yang disajikaan secara berurutan dan sistematis.
- Paragraf 3: simpulan dan pesan/kesan penulis tentang topik tersebut.
Kamu dapat menggunakan informasi dari teks eksplanasi pada pembelajaran 1 sebagai sumber informasi.
Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu.
Jawaban:
Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Paragraf 1: Pernyataan umum
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Persoalan lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia.
Paragraf 2: Deret penjelas
Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki tenaga surya yang berlimpah. Dengan keadaan geografis di Indonesia yang setiap tahun dapat sinar matahari, salah satu alat yang optimal di Indonesia adalah “Panel Surya”. Panel surya bekerja mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Saat ini penggunaan panel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk membuat panel surya cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan dapat ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.
Pargraf 4: Simpulan dan pesan
Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. Oleh sebab itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.
Pembelajaran 4: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124
Kunci Jawaban Halaman 119
Aku Cinta Produksi Indonesia
Lihat di sekitarmu. Perhatikan baju, sepatu olahraga, atau tas yang kamu dan temanmu gunakan. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Terutama kalian yang tinggal di kota-kota besar. Apakah barang-barang yang kalian pakai ada yang dibuat di dalam negeri? Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.
Globalisasi membawa kemudahan dalam pertukaran produk. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negara lain. Dahulu, untuk melindungi produk dalam negerinya dari serbuan produk negara lain, pemerintah memberlakukan pajak yang tinggi untuk produk impor. Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Harganya mahal. Hanya segelintir masyarakat yang mampu membelinya. Di era globalisasi, tuntutan perdagangan bebas antarnegara mengecilkan kemungkinan untuk memberlakukan pajak yang tinggi. Akibatnya, produk dalam negeri harus rela bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri.
Siapa yang dirugikan jika produk luar negeri lebih diminati oleh masyarakat? Tentunya para pengrajin kreatif dari berbagai pelosok negeri. Teman, kerabat, saudara, atau mungkin orang tua kita sendiri dapat menjadi pengrajin yang merugi.
Siapa yang dapat memelihara kelangsungan produksi dalam negeri? Tentu hanya kita, sang anak negeri. Sudah sepatutnya kita menghargai kreativitas saudara sendiri. Sehingga, ketika suatu hari kamu berbelanja di toko sepatu, dan dihadapkan pada pilihan sepatu buatan Indonesia atau sepatu buatan Amerika, mana yang akan kamu beli? Hanya anak Indonesia yang cinta produksi Indonesia yang akan memilih sepatu produksi dalam negeri.
Berdasarkan teks di atas identifikasi kosakata nonbaku dan ubahlah menjadi kosakata baku.
Jawaban:
Identifikasi kalimat tidak efektif. Ubahlah ke dalam kalimat efektif
Jawaban:
Kunci Jawaban Halaman 120
Tulislah kembali isi teks di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan kata baku dan kalimat efektif.
Jawaban:
Jika diperhatikan, di antara barang-barang di sekitar kita tentu ada yang diproduksi dari luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Namun, apakah ditemukan produk dalam negeri? Banyak produk-produk Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri.
Kemajuan teknologi di era globalisasi mampu mengurangi biaya pengiriman barang antar negara. Dahulu, produk impor dikenai pajak yang tinggi oleh pemerintah untuk membatasi barang dari luar negeri masuk dan melindungi produk dalam negeri. Hal ini membuat produk impor mahal bagi masyarakat, kecuali bagi mereka yang mampu membelinya. Saat ini, perdagangan bebas telah membuat pajak tidak lagi tinggi. Sehingga produk dalam negeri harus bersaing dengan produk luar negeri.
Jika produk luar negeri lebih diminati masyarakat, dapat merugikan para produsen dari manapun bahkan orang-orang terdekat kita sekalipun.
Masyarakat kita sendirilah yang harus menghargai kreativitas produk sendiri demi memelihara kelangsungan produksi dalam negeri. Maka dari itu, ketika suatu saat ketika kita berbelanja sesuatu, kita hendaknya memilih produk dalam negeri.
Kunci Jawaban Halaman 121 – 122
Bersama dengan kelompokmu, diskusikan pertanyaan berikut.
- Mengapa kita harus cinta produk Indonesia?
Jawaban: Karena kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri, untuk menghargai karya anak bangsa, dan untuk memajukan ekonomi Indonesia.
- Apa contoh tindakan dari cinta produk Indonesia?
Jawaban: Membeli dan menggunakan produk buatan masyarakat Indonesia.
- Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri?
Jawaban: Dapat mengancam ekonomi Indonesia, dapat membunuh kreativitas anak bangsa, dan meningkatkan ekonomi negara lain.
- Apa yang akan terjadi jika kita lebih banyak menggunakan produk Indonesia?
Jawaban: Kondisi ekonomi Indonesia akan meningkat, membuat lapangan kerja semakin banyak, dan kreativitas anak bangsa dapat berkembang lebih jauh.
- Apa dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negari?
Jawaban: Memajukan usaha para pengrajin, meningkatkan ekonomi para pengrajin, dan membuat kreativitas para pengrajin semakin berkembang.
- Apa dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia?
Jawaban: Membuat ekonomi Indonesia stabil bahkan meningkat, menurunkan angka kriminalitas, menurunkan angka kemiskinan, dan mendukung pembangunan Indonesia.
- Bagaimana dengan kamu, apakah kamu sudah menggunakan produk Indonesia? Ceritakan pengalamanmu.
Jawaban: Sudah. Sebagian besar dari barang-barang saya di rumah adalah produk Indonesia. Contohnya buku, tas, sepatu, bola, lemari, makanan, pakaian, sandal, karpet, dan masih banyak lagi.
Saya juga menggunakan produk luar negeri seperti motor, televisi, handphone, dan beberapa barang yang lain yang belum bisa diproduksi di dalam negeri.
Kunci Jawaban Halaman 122 – 123 – 124
Perhatikan gambar berikut
Keterangan: Bangun 3 adalah gabungan bangun 1 dan bangun 2.
- Hitunglah luas permukaan bangun 1.
Jawaban:
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2
- Hitunglah luas permukaan bangun 2.
Jawaban:
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2
- Hitunglah luas permukaan bangun 3.
Jawaban:
L = 4 x (12 x 6) + 2 x (6 x 6)
L = 4 x 72 + 2 x 36
L = 288 + 72
L = 360 cm2
- Apa hubungan antara luas permukaan bangun 1, bangun 2, dan bangun 3.
Jawaban: Luas bangun 1 dan 2 sama, sedangkan bangun 3 tidak sama.
- Apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas permukaan bangun gabungan?
Jawaban: Sisi bangun ruang yang meyentuh bangun lain dalam gabungan tersebut tidak bisa lagi disebut permukaan sehingga tidak termasuk bagian dari luas permukaan bangun gabungan.
Hitunglah luas permukaan bangun berikut.
Jawaban:
L = 4 x (20 x 10) + 2 x (10 x 10)
L = 4 x 200 + 2 x 100
L = 800 + 200
L = 1.000 cm2
Pembelajaran 5: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 125, 126, 127, 128
Kunci Jawaban Halaman 125
Ayo Berdiskusi
Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mengajak orang lain cinta tanah air adalah membuat poster.
Buatlah poster yang bertema cinta tanah air (membeli produk dalam negeri). Perhatikan kriteria poster yang baik.
Sampaikan poster tersebut ke orang-orang di sekitarmu. Sampaikan kepada mereka pentingnya menggunakan produk dalam negeri.
Jawaban:
Kunci Jawaban Halaman 126
Indonesia telah melakukan kerja sama dengan negara-negara ASEAN di beberapa bidang. Apa tujuan dari kerja sama tersebut? Sikap apa yang harus kita kembangkan dengan adanya kerja sama tersebut?
Tulislah pada peta pikiran berikut.
Jawaban:
Kerja Sama ASEAN
Sikap sebagai warga negara:
– Menjaga persatuan demi menjaga stabilitas negara
– Menghindari n4rk0ba
– Melestarikan seni tradisional
– Mengembangkan kreativitas seluas-luasnya
– Memanfaatkan pasar bebas untuk menjual produk
Tujuan:
– Bekerja sama secara lebih efektif di berbagai bidang
– Memajukan negara-negara anggota di berbagai bidang
Manfaat:
– Mempererat hubungan antar negara
– Saling memperkenalkan budaya antar negara
– Saling membantu menyelesaikan konflik
– Meningkatkan ekonomi antar negara
– Mengembangkan iptek antar negara
Contoh:
– Mengadakan program pertukaran pelajar
– Penyelesaian konflik Kamboja
– Mengadakan festival dan pekan karya seni
– Dibukanya pasar bebas (MEA)
– Mengadakan perjanjian ekstradisi
– Pembentukan ASEAN COST
Kunci Jawaban Halaman 127 – 128
Ayo Berlatih
Hitunglah luas permukaan bangun berikut.
Jawaban:
L = 22 x (r x r)
L = 22 x (9 x 9)
L = 22 x 81
L = 1.782 cm2
Jawaban:
L = 18 x (r x r)
L = 18 x (7 x 7)
L = 18 x 49
L = 882 cm2
Jawaban:
L = 10 x (r x r)
L = 10 x (10 x 10)
L = 10 x 100
L = 1.000 cm2
Jawaban:
L = 14 x (r x r)
L = 14 x (12 x 12)
L = 14 x 144
L = 2.016 cm2
Jawaban:
L = 28 x (r x r)
L = 28 x (10 x 10)
L = 28 x 100
L = 2.800 cm2
Jawaban:
L = 5 x (10 x 10) + 5 x (6 x 6) + (10 x 10) – (6 x 6)
L = 5 x 100 + 5 x 36 + 100 – 36
L = 500 + 180 + 64
L = 744 cm2
Buatlah gambar bangun ruang gabungan kreasimu. Hitunglah volume dan luas permukaannya.
Jawaban:
Pembelajaran 6 & Evaluasi: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136
Kunci Jawaban Halaman 130
Ayo Mencoba
Kamu telah mempelajari 4 gerak dasar dalam Pencak Silat, yaitu:
– Pola langkah,
– Sikap pasang,
– Pukulan,
– Tangkisan.
Setelah kamu menguasai keempat gerakan dasar tersebut, kamu akan dibagi ke dalam kelompok yang terdiri atas 10 orang.
Setiap kelompok akan menampilkan seluruh gerakan dasar tersebut. Pilih satu teman untuk menjadi pemandu kelompok. Kerja sama dan kekompakan sangat diperlukan ketika kamu bersama-sama mempraktikkannya.
Sekarang pilih tiga gerakan yang kamu ingat dengan baik, kemudian tulis teks yang berisi penjelasan tentang ketiga gerakan tersebut.
Jawaban:
- Pola Langkah
Pola langkah adalah teknik berpindah atau mengubah posisi di sertai dengan kewaspadaan mental dan indera secara optimal untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan (Favourable/condusive) dalam rangka mendekati atau menjauhi lawan bagi kepentingan serangan dan belaan yang dilaksanakan secara taktis dan dalam pelaksanaannya selalu di kombinasikan dan di koordinasikan dengan sikap tangan.
Beberapa gerak langkah dalam silat antara lain: langkah ke depan, langkah ke belakang, langkah ke samping, langkah serong ke depan, dan langkah serong ke belakang.
- Pukulan
Pukulan depan dilakukan posisi kaki kuda-kuda,lempar pukulan kearah depan fokus terhadap sasaran dilakukan secara bergantian dengan sasaran dada. Tehnik pukulan dapat juga dikombinasikan dengan gerakan depan atas bawah.
Beberapa pukulan dalam silat antara lain:
- Pukulan lurus, posisi tangan saat memukul lurus dan mengepal ke depan tepat di dada lawan.
- Pukulan tegak, posisi tangan kanan memukul tegak lurus dan mengepal dengan sasaran tepat ke bahu bagian kanan lawan.
- Pukulan bandul, pukulan yang diambil dari bawah dengan sasaran tepat ke arah ulu hati.
- Pukulan melingkar, pukulan berbentuk lingkaran dengan sasaran ke arah pinggang lawan.
- Tangkisan
Teknik tangkisan bisa dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
- Tangkisan atas, gerakan ini dilakukan untuk menangkis serangan lawan yang datangya dari depan posisi tangan agak siku melindungi muka.
- Tangkisan bawah, tangkisan bawah dilakukan untuk menangkis serangan lawan dan melindungi kemaluan dengan posisi tangan seperti huruf X dengan jari-jari terbuka tapi rapat.
- Buangan samping, cara dilakukan untuk menangkis serangan lawan dan dibuang kekanan pas kekiri dengan posisi tangan didpan agak siku.
Beberapa jenis tangkisan dalam silat antara lain:
- Tangkisan Dalam. Tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu.
- Tangkisan Luar. Tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu.
- Tangkisan Atas. Tangkisan dari bawah ke atas, untuk melindungi kepala dari serangan.
- Tangkisan Bawah. Tangkisan dari atas ke bawah.
Kunci Jawaban Halaman 131
Sehubungan dengan nilai-nilai kerja sama dan kekompakan, ceritakan pengalamanmu ketika menunjukkan keterampilan silat secara berkelompok.
Jawaban:
Pencak silat merupakan seni yang mengandung banyak nilai. Nilai yang terkandung dalam pencak silat antara lain Gotong royong dan kerjasama. Nilai kerjasama dalam pencak silat dapat dilihat dari kekompakan dan kerjasama yang dibangun oleh para pesilat dalam suatu perguruan maupun dalam suatu tim dalam sebuah pertandingan. Tanpa kerjasama tim mustahil pertandingan akan dimenangkan.
Sekarang tulislah cinta produk Indonesia ke dalam diagram berikut.
Jawaban:
Cinta produk Indonesia
Contoh :
- Membeli produk dalam negeri
- Menggunakan produk buatan Indonesia
- Mengganggap kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk luar negeri
Bukan contoh:
- Memilih produk dari luar negeri
- Melakukan impor barang
- Meremehkan kualitas produk lokal
Manfaat:
- Membuat ekonomi Indonesia tetap stabil bahkan meningkat
- Membuat usaha-usaha dalam negeri berkembang
- Lapangan pekerjaan semakin luas
- Mengembangkan kreativitas para pengrajin dalam negeri
Definisi: Cinta produk Indonesia merupakan upaya untuk menjunjung tinggi produk Indonesia sebagai bentuk penghargaan terhadap kreativitas anak bangsa.
Kunci Jawaban Halaman 132
Ayo Menulis
Cermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1.
Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.
Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini:
Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Jawaban:
Halaman 1 (judul): Mati Lampu
Halaman 2: pernyataan umum
Paragraf 1: Teknik Elektro FTUI meluncurkan ‘Solar Academy’ pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya.
Halaman 3: deret penjelas
Paragraf 2: Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya matahari. Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik.
Halaman 4: simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Paragraf 3: Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi di era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.
EVALUASI
Kunci Jawaban Halaman 133 – 134 – 135 – 136
- Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Jawaban: Berpikir global, bertindak lokal adalah bersikap terbuka terhadap perkembangan-perkembangan yang terjadi di seluruh dunia, namun masih menjunjung tinggi budaya sendiri dibanding budaya asing.
Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak sampai mengikuti kebiasaan-kebiasaan asing yang negatif.
- Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Jawaban:
EVALUASI
Kunci Jawaban Halaman 133 – 134 – 135 – 136
- Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Jawaban: Berpikir global, bertindak lokal adalah bersikap terbuka terhadap perkembangan-perkembangan yang terjadi di seluruh dunia, namun masih menjunjung tinggi budaya sendiri dibanding budaya asing.
Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak sampai mengikuti kebiasaan-kebiasaan asing yang negatif.
- Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Jawaban:
Cahaya matahari mengenai panel surya yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik kemudian disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.
- Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!
Jawaban:
Contoh teks eksplanasi:
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari. Bahan dari panel-panel tersebut merupakan bahan yang termasuk semikonduktor yaitu silikon. Berdasarkan muatannya, silikon dibagi menjadi 2 yaitu tipe-p dengan muatan positif dan tipe-n dengan muatan negatif. Umumnya setiap panel tersusun dari 2 lapisan silikon tersebut.
Dalam prosesnya, awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Ketika panel-panel surya terkena panas dari cahaya matahari, lapisan tipe-p akan terhubung dengan lapisan tipe-n. Pada dasarnya, bahan semikonduktor dapat menghantarkan listrik ketika terkena panas.
Karena hubungan tersebut, membuat muatan negatif pada lapisan tipe-n mengalir menuju muatan positif pada lapisan tipe-p sehingga membentuk medan listrik. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Listrik yang tersimpan dalam baterai akan dinaikkan dahulu oleh inverter agar bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.
- Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
Jawaban: Setuju, karena salah satu cita-cita bangsa adalah memajukan kesejahteraan umum. Dengan mencintai dan membeli produk sendiri, maka kita meningkatkan ekonomi para pemilik usaha dalam negeri yang juga berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan mereka. Sehingga, hal tersebut termasuk salah satu sikap cinta tanah air.
- Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.
Jawaban:
Luas:
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2
Volume:
V = r3
V = 63
V = 216 cm3
- Hitunglah luas permukaan dan volume bangun gabungan berikut.
Jawaban:
Luas:
L = 5 x (8 x 8) + 5 x (4 x 4) + (8 x 8 – 4 x 4)
L = 5 x 64 + 5 x 16 + (64 – 16)
L = 320 + 80 + 48
L = 448 cm2
Volume:
V = 8 3 + 43
V = 512 + 64
V = 576 cm3
- Ida akan membuat 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dia perlukan.
Jawaban:
L = 4 x 6 x (10 x 10)
L = 24 x 100
L = 2.400 cm2
Jadi, luas kertas karton yang dia perlukan adalah 2.400 cm2
- Dayu mempunyai kertas karton dengan panjang 50 cm dan lebar 50 cm. Dayu akan membuat 3 kubus dengan ukuran rusuk 5 cm. Apakah kertas karton Dayu cukup? Mengapa?
Itulah tadi pembahasan tentang soal dan kunci jawaban Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 4 subtema 3. Semoga bermanfaat!