• Info Sekolah
    • FAQs
    • Profil Sekolah
    • Staff dan Pengajar
    • Tentang Sekolah
    • Tour Sekolah
    • Visi dan Misi
  • Fasilitas Sekolah
    • Area Green House
    • Ruang Aula
    • Ruang Dapur
    • Ruang Isi Galon
    • Ruang Kelas
    • Ruang Kesehatan
    • Ruang Lab Komputer
    • Ruang Lab IPA
    • Ruang Pendaftaran Peserta Didik Baru
    • Ruang Perpustakaan
    • Ruang Studio Musik
  • Program Unggulan
    • Kelas Tahfidz
    • Memadukan Kurikulum Umum & Agama Islam
    • Prestasi, Kreativitas, & Inovasi
    • Program Kesiswaan
    • Program Pengembangan Diri
  • Gallery
  • Pendaftaran
  • Pengumuman
    • Kelulusan
  • Berita
    • Blog
  • Kontak
Ada yang ditanyakan?
(024) 6731280
(+62) 85866302010
smpitpapbsmg@gmail.com
07:00 - 13:00 WIB / Senin - Sabtu
Assalamu'alaikum.. Selamat Datang di Website Resmi SMP Islam Terpadu PAPB Semarang
  • Info Sekolah
    • FAQs
    • Profil Sekolah
    • Staff dan Pengajar
    • Tentang Sekolah
    • Tour Sekolah
    • Visi dan Misi
  • Fasilitas Sekolah
    • Area Green House
    • Ruang Aula
    • Ruang Dapur
    • Ruang Isi Galon
    • Ruang Kelas
    • Ruang Kesehatan
    • Ruang Lab Komputer
    • Ruang Lab IPA
    • Ruang Pendaftaran Peserta Didik Baru
    • Ruang Perpustakaan
    • Ruang Studio Musik
  • Program Unggulan
    • Kelas Tahfidz
    • Memadukan Kurikulum Umum & Agama Islam
    • Prestasi, Kreativitas, & Inovasi
    • Program Kesiswaan
    • Program Pengembangan Diri
  • Gallery
  • Pendaftaran
  • Pengumuman
    • Kelulusan
  • Berita
    • Blog
  • Kontak

Tema 1 Subtema 3 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

  • Home
  • Blog
  • Tema 1 Subtema 3 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

Tema 1 Subtema 3 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

  • Posted by info_papb
  • Categories Blog
  • Date February 26, 2021

Tema 1 Subtema 3 Kelas 6 – Berikut ini adalah soal dan kunci jawaban buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 1 subtema 3. Dalam soal dan kunci jawaban pada tema 1 subtema 3 ini adalah tentang “Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan”.

Jadi, murid-murid akan diajarkan bagaimana cara yang tepat untuk mencintai flora dan fauna, mengetahui berbagai macam flora dan fauna yang ada di sekitarnya, mengetahui tumbuhan dan hewan yang dilindungi, dan masih banyak lagi yang akan dibahas.

Lihat Juga : Daftar Tema 1 Kelas 6

Daftar Isi

Pembelajaran 1 : Tema 1 Subtema 3 Kelas 6

HALAMAN 126: KEHIDUPAN POLITIK NEGARA ASEAN – DIAGRAM VENN

Hewan dan tumbuhan telah memberikan manfaat yang luar biasa, bukan hanya untuk penduduk Indonesia, namun juga penduduk di Asia Tenggara. Kondisi geografis yang sama membutuhkan pengaturan dan pemikiran agar penduduk dapat hidup berdampingan dalam memanfaatkan kondisi alamnya.

Simak teks berikut.

Halaman 126 kehidupan politik negara asean diagram vennHalaman 126 kehidupan politik negara asean diagram venn 2Selengkapnya di Buku Tematik kelas 6 tema 1 subtema 3

Diagram Venn Kehidupan Politik Negara ASEAN

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah memilih dua negara ASEAN dan membandingkannya dalam hal kegiatan ekonomi. Setelah kamu membaca informasi di atas, isilah diagram venn mu untuk membandingkan dua negara ASEAN tersebut terkait kehidupan politiknya.

Halaman 126 kehidupan politik negara asean diagram venn 3HALAMAN 114: CIRI KHAS HEWAN DI WILAYAH TEMPAT TINGGAL

Carilah informasi tentang satu jenis hewan yang menjadi ciri khas di wilayah tempat tinggalmu. Lakukan investigasi untuk mengumpulkan fakta-fakta tentang hewan tersebut dan tuliskan dalam bentuk laporan.

Tulisanmu harus mencantumkan hal-hal berikut.

  1. Ciri-ciri khusus dan habitat asli
  2. Manfaat hewan
  3. Jumlah populasinya saat ini
  4. Penyebab kelangkaan
  5. Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk melindungi kelestariannya
  6. Langkah-langkahmu sebagai pelajar untuk melindungi kelestariannya

Contoh:

Elang Jawa

Elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan hewan endemik di Pulau Jawa. Sebaran elang ini terbatas di Pulau Jawa, dari ujung barat (Taman Nasional Ujung Kulon) hingga ujung timur di Semenanjung Blambangan Purwo. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yakni Garuda.

Elang jawa memiliki panjang tubuh pada 60-70 cm (dari ujung paruh hingga ujung ekor). Kepala berwarna coklat kemerahan (kadru), dengan jambul yang tinggi menonjol. Ketika terbang, elang jawa serupa dengan elang brontok.

Burung pemangsa ini berburu mangsanya seperti tupai, kalong, musang, hingga dengan tikus. Elang berperan melindungi keseimbangan ekosistem gara-gara dengan terdapatnya elang hewan perusak seperti tikus bakal tetap terkendali. Secara tidak langsung burung elang ini mendukung para petani membasmi hama tikus.

 

Saat ini jumlahnya hanya kira-kira 137-188 pakai burung, atau perkiraan kuantitas individu elang ini berkisar pada 600-1.000 ekor.

Populasi yang kecil ini menghadapi ancaman besar pada kelestariannya, yang disebabkan oleh kehilangan habitat dan eksploitasi jenis. Pembalakan liar dan konversi hutan menjadi lahan pertanian telah menyusutkan lindungan hutan di Jawa. Selain itu, elang ini juga terus diburu orang untuk diperjual belikan di pasar gelap sebagai satwa peliharaan.

Mempertimbangkan kecilnya populasi, Pemerintah Indonesia menetapkannya sebagai hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Sementara organisasi konservasi dunia IUCN memasukkan elang jawa ke di dalam standing EN (Endangered, terancam kepunahan).

Sebagai seorang pelajar, tersedia lebih dari satu cara yang sanggup dilakukan untuk melindungi kelestarian elang jawa. Beberapa cara yang sanggup dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Menjaga kelestarian ekosistem hutan sebagai tempat tinggal burung elang.
  2. Melaporkan kepada petugas kecuali tersedia yang lakukan perburuan liar pada elang jawa.
  3. Menghindari memelihara hewan langka sebagai hewan peliharaan.
  4. Menghimbau penduduk untuk tidak memburu elang jawa
  5. Tidak memburu elang jawa untuk kesenangan pribadi
  6. Mencegah perdagangan elang jawa dan melaporkan kepada pihak yang berwenang seumpama menemukannya

HALAMAN 111, 113, 115: AYO, LESTARIKAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA Indonesia

Perhatikan dua gambar berikut. Jawablah pertanyaan di bawahnya.

  • Halaman 111 113 115 ayo lestarikan hewan dan tumbuhan langka indonesiaApa yang terjadi dengan hutan tersebut apabila dijadikan perkotaan?

Terjadi kerusakan ekosistem yang ada di hutan. Banyak satwa yang kehilangan tempat tinggal dan juga tumbuhan untuk menghasilkan oksigen atau udara segar berkurang.

  • Bagaimana dengan nasib hewan-hewan yang hidup di hutan?

Hewan-hewan akan kehilangan tempat tinggalnya dan jika dilakukan terus menerus akan terjadi kepunahan.

  • Di mana hewan-hewan tersebut akan tinggal jika hutan telah musnah?

Jika mereka tidak mempunyai tempat tinggal, maka mereka akan punah.

  • Bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, jika seluruh pohon dan semua hutan di bumi habis?

Bumi tidak akan bertahan dengan lama. Karena tumbuhan adalah sumber oksigen dan hewan adalah sumber pakan bagi manusia.

Halaman 111 113 115 ayo lestarikan hewan dan tumbuhan langka indonesia 2Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.

Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Mengapa hewan-hewan tersebut perlu dilestarikan? Apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia?

Jawab:

Hewan-hewan langka dan terancam punah harus dilestarikan karena mutlak untuk keseimbangan ekosistem.

Manfaat hewan:

  • Hewan merupakan sumber makanan bagi manusia, punahnya hewan termasuk akan mengganggu kelangsungan hidup manusia.
  • Manfaat pelestarian hewan bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia, yakni untuk merawat keseimbangan ekosistem di Bumi khususnya di Indonesia sendiri yang kaya akan flora dan fauna.

Kesimpulan Bacaan

Halaman 111 113 115 ayo lestarikan hewan dan tumbuhan langka indonesia 3Kamu sudah belajar bagaimana membuat kesimpulan yang baik. Sekarang kamu akan mempraktikkan keterampilan tersebut. Bacalah kembali teks ‘Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia’. Berdiskusilah dengan temanmu untuk membuat kesimpulan dari isi bacaan tersebut. Tulisanmu harus menggunakan kosakata baku!

Jawab:

Indonesia memiliki beragam jenis hewan dan tumbuhan. Pemerintah membuat Taman Nasional untuk melestarikan hewan dan tumbuhan. Namun, bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan.

Pembelajaran 2 : Tema 1 Subtema 3 Kelas 6

HALAMAN 131: OPERASI HITUNG DARI SOAL CERITA

Operasi Hitung dari Soal Cerita

Limbah yang disebabkan oleh kulit/ cangkang telur ayam semakin hari semakin banyak. Apabila dibiarkan terus menerus akan memengaruhi lingkungan. Untunglah ada pengusaha pengguna cangkang telur. Para pengusaha memanfaatkan kulit telur untuk menghasilkan produk kerajinan.

Soal Cerita A

Halaman 131 operasi hitung dari soal ceritaTulislah operasi hitung untuk pertanyaan diatas!

Jawab:

Operasi hitungnya adalah sebagai berikut:

(9 cangkang merah x 3 kotak) + (9 cangkang hijau x 3 kotak)

= (9 x 3) + (9 x 3)

= 27 + 27

= 54

“Sebuah kotak berisi 9 cangkang merah dan 9 cangkang hijau. Karena kotaknya ada 3 buah, maka 9 buah cangkang merah dikalikan dengan 3 kotak ditambahkan dengan 9 buah cangkang hijau dikalikan dengan 3 kotak. Hasilnya adalah 54. Maka jumlah keseluruhan cangkang di 3 kotak tersebut adalah 54 buah”.

Soal Cerita B

Sebagai pengusaha kerajinan cangkang telur, Pak Seno rajin membeli cangkang dari penduduk. Hari ini Ia membeli dua karung besar cangkang telur seharga Rp250.000,00 dan satu karung sedang seharga Rp150.000,00.

Berapa uang kembali yang diterimanya apabila ia membayar dengan uang sebesar Rp700.000,00?

Jawab:

(2 x 250.000) + (1 x 150.000) = 500.000 + 150000 = 650000 Pak Seno memberikan uang 700.000, maka kembaliannya adalah: 700.000 – 650.000 = 50.000

Operasi hitungnya: 700.000 – ((2 x 250.000) + (1 x 150.000)) = 700.000 – (500.000 + 150000) = 700.000 – 650.000 = 50.000

“Pak Seno membeli 2 karung besar cangkang seharga 250.000, maka 2 dikalikan 250.000 hasilnya adalah 500.000. lalu Pak Seno membeli 1 karung sedang cangkang seharga 150.000. maka 500.000 ditambahkan 150.000. total belanjaan Pak Seno adalah 650.000. Uang yang dibayarkan Pak Seno adalah 700.000. Maka kembaliannya adalah 700.000 dikurangi 650.000 hasilnya adalah 50.000. Kembalian yang harus diterima Pak Seno adalah sebesar 50.000”.

HALAMAN 128: SIKAP YANG SESUAI DENGAN PANCASILA

Cermati beberapa sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila berikut ini!

Buatlah hubungan dengan menggunakan tanda panah yang menghubungkan antara sikap dengan sila Pancasila yang sesuai.

Halaman 128 sikap yang sesuai dengan pancasilaSampaikan kepada temanmu tentang sikapmu yang sudah menunjukkan kelima sila dari Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kita memiliki kewajiban untuk melindungi dan menyayangi hewan. Pernahkah kamu mengobati hewan yang luka?

Bacalah cerita berikut dengan saksama.

Halaman 128 sikap yang sesuai dengan pancasila 2Tulislah pendapatmu tentang sikap Lina terkait penerapan sila Pancasila. Jelaskan!

Halaman 128 sikap yang sesuai dengan pancasila 3Pembelajaran 3 : Tema 1 Subtema 3 Kelas 6

HALAMAN 137: BERKREASI MEMBUAT POSTER

Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. Poster biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca.

Ayo Mencoba Berkreasi Membuat Poster

Buatlah poster tentang pelestarian hewan atau tumbuhan di daerahmu. Buat poster semenarik mungkin, rapi, dan mudah dipahami.

Contoh poster:

Halaman 137 berkreasi membuat posterHalaman 137 berkreasi membuat poster 2Halaman 137 berkreasi membuat poster 3Halaman 137 berkreasi membuat poster 4Dengan membantu perkembangbiakan tumbuhan, berarti kamu telah ikut melestarikan keberadaannya. Itulah wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Perhatikan langkah-langkah dalam membuat gambar hewan dan tumbuhan berikut:

Halaman 137 berkreasi membuat poster 5Gambar diatas dapat kamu gunakan untuk membuat poster.

Kamu dapat menyelesaikan poster dan mengampanyekan kepada adik-adik kelas.

Halaman 137 berkreasi membuat poster 6
Mengampanyekan Poster Kepada Adik-Adik Kelas

HALAMAN 144: OPERASI HITUNG – SOAL CERITAPembelajaran 4 : Tema 1 Subtema 3 Kelas 6

Indonesia memiliki beragam sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Banyak penduduk Indonesia yang membudidayakan sayuran dan menjualnya ke pasar.

Pak Ardi adalah salah satu penjual sayur yang sangat sukses. Ia sudah memulai usaha sayuran selama 15 tahun.

Hari ini Pak Ardi mengajak 45 warganya piknik, termasuk di dalamnya 3 nenek dan 2 kakek. Pak Ardi berencana menggunakan mobil miliknya.  Pak Ardi ingin bagian depan diisi oleh seorang nenek atau seorang kakek. Bagian depan mobil hanya bisa diisi oleh 2 orang saja, 1 pengemudi dan 1 penumpang. Berapa jumlah warga yang duduk di setiap mobil termasuk penumpang di depan?

Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Jelaskanlah!

Jawab:

Bagian depan mobil Pak Ardi hanya bisa diisi 1 pengemudi dan 1 penumpang dimana penumpangnya harus seorang nenek atau seorang kakek, sedangkan terdapat 3 nenek dan 2 kakek. Maka total mobil pak ardi adalah 3 + 2 = 5 mobil.

Setelah kita tahu jumlah mobil milik Pak Ardi, kita akan cari tahu berapa kapasitasnya.

Sisa warga adalah 45 – 5 = 40 orang lagi yang akan menempati 5 mobil

Maka untuk mengetahui kapasitas warga non lansia yang dapat mengisi tempat duduk adalah 40 / 5 = 8 orang per mobil

Sehingga diketahui bahwa kapasitas mobil total Pak Ardi adalah 8 + 1 (kakek/nenek) + 1 supir = 10 orang / mobil.

Maka jumlah warga yang duduk di setiap mobil termasuk penumpang di depan adalah 8 + 1 = 9 orang per mobil tidak termasuk supir.

Amati Soal Berikut!

9 + 3 x 6 – 4 = 23

Contoh:

Bu Ani memiliki 9 durian untuk dijual di pasar esok pagi. Lalu anaknya, Eko, datang membawa 3 kotak berisi durian. Masing-masing kotak berisi 6 buah durian. Keesokan paginya, ternyata terdapat 4 buah durian yang rasanya pahit dan tidak layak dijual karena pembeli menginginkan durian yang manis. Berapakah jumlah durian yang dapat dijual oleh Bu Ani dan Eko pada hari itu?

HALAMAN 143: KESIMPULAN DARI TEKS “BUNGA MELATI PUTIH”

Di pembelajaran sebelumnya, temanmu sudah memberi komentar pada kesimpulan yang kamu buat. Ambillah komentar temanmu. Pelajari lagi komentarnya. Diskusikan dengan temanmu atas komentarnya.

Bacalah teks berikut dan buatlah kesimpulannya.

Halaman 143 kesimpulan dari teks bunga melati putihTulislah kesimpulan pada tempat yang disediakan!

Halaman 143 kesimpulan dari teks bunga melati putih 2HALAMAN 141: MENYAYANGI BINATANG – SIKAP YANG SESUAI DENGAN SILA PANCASILA

Halaman 141 menyayangi binatang sikap yang sesuai dengan sila pancasilaTuliskan pendapatmu mengenai sikap yang ditunjukkan oleh Edo terkait penerapan sila Pancasila!

Halaman 141 menyayangi binatang sikap yang sesuai dengan sila pancasila 2Pembelajaran 5

HALAMAN 147: INFORMASI KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK INDONESIA DAN THAILAND

  • Kondisi Sosial Budaya

Indonesia

Bangsa indonesia memiliki budaya gotong royong. Budaya gotong royong menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Indonesia juga memiliki tarian dan kesenian yang sudah dikenal masyarakat dunia seperti Tari Saman dari Aceh dan Tari Kecak dari Bali. Kesenian yang terkenal antara lain Wayang dan Reog Ponorogo.

Thailand

Ramakien adalah cerita nasional Thailand yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Di Thailand, Kepala adalah bagian tubuh yang paling dihormati. Tidak ada orang yang akan berani menyentuh kepala, bahkan kepala anak-anak. Sebaliknya, bagian kaki dianggap bagian yang paling hina karena dipakai sebagai alat untuk menapak di tanah. Oleh sebab itu, kaki tidak boleh dihadapkan ke patung suci atau orang lain.

  • Kondisi Ekonomi

Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di kawasan ASEAN, Indonesia memiliki ragam sumber daya alam yang sangat kaya. Banyak perihal yang bisa dikembangkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi Indonesia. Saat ini Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil, dan produk-produk berasal dari kayu.

Pertambangan jadi salah satu pintu masuk para pengusaha mancanegara ke Indonesia. Keindahan alam Indonesia pun merupakan daya tarik yang jadi sumber pendapatan keuangan negara berasal dari sektor pariwisata.

Thailand

Thailand sering disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara. Padi memang merupakan hasil pertanian terbesar dari negara ini. Selain itu, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan industri juga merupakan kegiatan ekonomi penduduk

Thailand. Saat ini, penghasilan utama Thailand adalah sektor pariwisata. Keunikan bangunan budaya di Thailand menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara.

  • Kondisi Politik

Indonesia

Indonesia merupakan negara Republik, yaitu dipimpin oleh Presiden. Pancasila merupakan dasar negara yang ditetapkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terdapat di dalam Pancasila diambil alih berasal dari kebiasaan dan juga nilai-nilai bangsa. Nilai-nilai ini diakui sanggup jadi landasan tingkah laku bangsa yang banyak variasi latar belakang etnis dan budayanya.

Thailand

Thailand sendiri punyai makna “Tanah Kebebasan”. Sejak 1932, Thailand menganut sistem monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang raja. Raja lantas memilih perdana menteri berasal dari Bagan dewan perwakilan. Thailand mulai dihuni oleh manusia diperkirakan terhadap 2000 tahun sebelum akan Masehi. Hal ini diperbuat bersama ditemukannya website arkeologi di Ben Chiang.

HALAMAN 148: BERLATIH MEMBUAT SOAL CERITA

Ayo Berlatih

Gunakan angka-angka 4, 6, dan 5 untuk membuat soal cerita.  Soalmu harus memuat paling sedikit dua operasi hitung berbeda.

  • Contoh (1)

Bu Siti mempunyai 5 keranjang jeruk. Masing-masing keranjang berisi 4 kilo jeruk. Namun setelah diperiksa ternyata ada 6 kilo jeruk yang masih mentah. Berapa kilo jeruk Bu Siti yang matang?

Jawab :

5 x 4 – 6

= ( 5 x 4 ) – 6

= 20 – 6

= 14

Jawabannya adalah 14 kilo jeruk yang matang.

  • Contoh (2)

Bu Nia pergi ke pasar pagi hari dan membeli 5 keranjang rambutan. Masing-masing keranjang berisi 4 kilo rambutan. Pada saat sore hari saat akan memakannya bersama dengan keluarganya, Bu Nia mendapatkan lagi rambutan sebanyak 6 kilo dari Bu Siti yang baru memanen pohon rambutan di depan rumahnya. Berapa kilo kah rambutan Bu Nia sekarang?

Jawab :

5 x 4 + 6

= ( 5 x 4 ) + 6

= 20 + 6

= 26

Jawabannya adalah 26 kilo rambutan yang Bu Nia punya.

  • Contoh (3)

Dayu memiliki 4 pak buku tulis, masing-masing pak berisi 5 buah buku tulis. Kemarin Dayu membeli lagi sebanyak 6 buah buku. Dayu memberikan 5 buah buku kepada adiknya. Hitunglah sisa buku yang dimiliki Dayu!

Cara menjawab:

= (4 x 5) + 6 – 5

= 20 + 6 – 5

= 26 – 5

= 21

Pembelajaran 6 : Tema 1 Subtema 3 Kelas 6

HALAMAN 152: KESIMPULAN DARI TEKS BACAAN “DAUN PANDAN YANG WANGI”

Halaman 152 kesimpulan dari teks bacaan daun pandan yang wangiBuatlah kesimpulan dari teks diatas!

Jawab:

Daun pandan merupakan tanaman yang tumbuh di Indonesia, Thailand dan Vietnam. Daun pandan berwarna hijau dengan daun berupa pita, tipis, licin, mempunyai panjang kurang lebih 40 – 80 cm dan lebar kurang lebih 3 – 5 cm, dan meruncing. Daun pandan sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah oleh masyarakat.

Tukarkan kesimpulanmu dengan temanmu. Berilah komentarmu terhadap pemikiran temanmu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu!

HALAMAN 150: CARA BERMAIN ROUNDERS

Halaman 150 Cara Bermain RoundersKamu sudah bermain rounders bersama temanmu. Hari ini kamu akan bermain yang sama agar kamu lebih terampil. Diskusikan lagi cara bermain rounders dengan teman dan gurumu sebelum bermain.

Rounders adalah olahraga permainan yang memiliki peraturan hampir sama dengan permainan kasti. Rounders memiliki teknik permainan yang sama dengan kasti, yaitu melempar, menangkap, dan memukul bola ditambah dengan keterampilan berlari dan menghindari sentuhan bola. Perbedaan rounders dan kasti adalah pada bentuk lapangannya.

  • Lapangan

Halaman 150 Cara Bermain Rounders 2Lapangan rounders berbentuk segi lima sama sisi. Masing-masing sisi panjangnya 15 meter, ditandai dengan 5 tempat hinggap yang disebut base. Setiap lapangan terdapat 5 base, yaitu base 1-5.

  • Peralatan

Halaman 150 Cara Bermain Rounders 3Peralatan yang dibutuhkan dalam permainan rounders adalah sebagai berikut:

  1. Lima tempat hinggap (base) terbuat dari keset, masing-masing berukuran 40 × 40 cm
  2. Satu tempat pelambung (bowler) ukuran 40 cm × 40 cm
  3. Kayu pemukul. Panjang: 1 m, garis tengah: 7 cm, panjang pegangan: 48 cm
  4. Bola. Keliling: 19-22 cm, dan berat: 80-100 gram

 

  • Cara Bermain

 

1. Rounders dimainkan dua regu, yaitu regu pemukul dan regu penjaga. Dalam bermain, biasakan melakukan tindakan sportif sesuai dengan keputusan permainan.

2. Jumlah pemain rounders, tiap-tiap regu terdiri atas 12 pemain inti dan 6 pemain cadangan. Setiap regu dipimpin seorang kapten. Pemain inti mengenakan kostum bernomor angka 1–12. Pemain cadangan mengenakan nomor dada dari pemain inti yang digantikan.

3. Waktu permainan rounders, terdapat tiga inning (babak). Ketentuannya, satu inning terdiri atas satu kali jaga dan satu kali memukul untuk tiap-tiap regu. Permainan rounders dinyatakan selesai kalau tiap-tiap regu udah beroleh giliran tiga kali menjadi regu pemukul dan jaga.

4. Regu pemukul berada di daerah bebas. Setiap pemain regu pemukul boleh memukul bola tiga kali. Pukulan dinyatakan benar jika:
a. Pukulan tentang bola dan jatuh di tanah di dalam garis batas.
b. Bola jatuh di dalam sudut antara garis yang menghubungkan base IV dan base V atau antara base I dan base V.

5. Regu penjaga menempatkan diri di daerah lapangan. Pemain yang menjaga base disebut baseman. Catcher bertugas menangkap bola yang dioper pitcher kepada pemukul, namun bola tidak terpukul. Catcher boleh segera mematikan lawan.

6. Wasit bertugas memimpin permainan rounders. Wasit didampingi tiga wasit pembantu (penjaga garis) dan satu wasit pembantu (pencatat nilai). Dalam rounders, wasit menggunakan peluit, suara, jari, dan lengan sebagai aba-aba kepada pemain.

7.Pergantian pemain di dalam rounders dijalankan jika:
a. Terjadi enam kali kekeliruan yang dijalankan regu pemukul.
b. Lima kali bola tertangkap regu penjaga di dalam satu inning.

8. Penilaian terhadap permainan rounders sebagai berikut:
a. Nilai 2 jikalau pemain regu pemukul mampu memukul benar, kemudian menuju base I hingga base V bersama selamat (tidak dibakar baseman) atas pukulannya sendiri (home run).
b. Nilai 1 jikalau pemain dari regu pemukul mampu memukul benar, namun di keliru satu base, pemain selanjutnya berhenti dan menunggu pemukul lain lakukan pukulan sah untuk melanjutkan ke base V.
c. Nilai 0 jikalau pemain dari regu pemukul melakukan pukulan benar, namun tidak sukses meraih salah satu base.
d. Nilai 1 jikalau pemain regu penjaga mampu menangkap bola pukulan pemain regu pemukul.

Itu adalah kunci jawaban tema 1 kelas 6 dari Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018. Mungkin untuk bagian kesimpulan atau untuk menggambar poster tentang mencintai lingkungan bisa berbeda-beda jawabannya untuk setiap pribadi, jadi yang penting sesuai dengan soal dan sesuai dengan materi yang sudah dijelaskan sebelumnya pada buku Tematik kelas 6 tema 1 subtema 3.

Semoga dapat membantu Anda dalam mendidik anak didik Anda!

Share this:

  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
  • Click to share on Telegram (Opens in new window)
  • Click to share on WhatsApp (Opens in new window)
  • More
  • Click to print (Opens in new window)
  • Click to share on LinkedIn (Opens in new window)
  • Click to share on Reddit (Opens in new window)
  • Click to share on Tumblr (Opens in new window)
  • Click to share on Pinterest (Opens in new window)
  • Click to share on Pocket (Opens in new window)

Related

  • Share:
author avatar
info_papb

Previous post

Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban
February 26, 2021

Next post

Tema 2 Kelas 6 : Daftar Soal dan Kunci Jawaban Terlengkap
March 1, 2021

You may also like

SMP IT PAPB -Sekolah Penuh Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45 2022
26 October, 2022

Semangat juang SMP Islam Terpadu PAPB untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh peserta didik agar menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia, berkarakter, dan terampil untuk masa depan yang gemilang. Karakter nilai kejuangan tersebut diwujudkan dalam berbagai bentuk program kegiatan …

Share this:

  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
  • Click to share on Telegram (Opens in new window)
  • Click to share on WhatsApp (Opens in new window)
  • More
  • Click to print (Opens in new window)
  • Click to share on LinkedIn (Opens in new window)
  • Click to share on Reddit (Opens in new window)
  • Click to share on Tumblr (Opens in new window)
  • Click to share on Pinterest (Opens in new window)
  • Click to share on Pocket (Opens in new window)
Beberapa-Amalan-Maulid-Nabi-yang-Dianjurkan-untuk-Dunia-dan-Akhirat
Beberapa Amalan Maulid Nabi yang Dianjurkan untuk Dunia dan Akhirat
13 October, 2021
Tahukah-Kamu-Apa-Itu-Peristiwa-Pertempuran-5-Hari-di-Semarang
Tahukah Kamu Apa Itu Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang ?
11 October, 2021

Pencarian

Kategori

Post Terbaru

SMP IT PAPB -Sekolah Penuh Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45 2022
26Oct2022
Agenda Kegiatan Pesantren Ramadan 1443H SMP IT PAPB
14Apr2022
PAPB Islamic Competition 2022
PAPB Islamic Competition 2022
29Jan2022

Instagram Feed

(024) 6731280
(+62) 85866302010
smpitpapbsmg@gmail.com
Facebook-f Instagram Youtube Whatsapp

Sekolah

  • Profil Sekolah
  • Berita
  • Kontak

Kegiatan

  • Gallery
  • FAQs

Lainnya

  • Fasilitas Sekolah
  • Kurikulum
  • Program Unggulan

Murid

  • Ekstrakulikuler
  • Program Kesiswaan

Education WordPress Theme by ThimPress. Powered by WordPress.

  • Privacy Policy
  • Terms and Conditions
  • Sitemap

Daftar menjadi Murid?

Bergabunglah dengan ratusan siswa lainnya dan dapatkan manfaatnya!

DAFTAR SEKARANG
 

Loading Comments...