Tema 2 Subtema 3 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban
Tema 2 Subtema 3 Kelas 6 – Kali ini akan dibahas untuk soal dan kunci jawaban buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 2 subtema 3. Pada subtema ini membahas tentang โBersatu Kita Teguhโ. Soal dan kunci jawaban ini juga beserta dengan penjelasannya dan juga materi yang dibutuhkan untuk menjawab soalnya.
Untuk jawaban yang menanyakan pendapat mungkin tidak akan sama persis, namun pada intinya memang sesuai dengan pembahasan dan sesuai dengan pemahaman siswa.
Lihat Juga :Daftar Tema 2 Kelas 6
Daftar Isi
Pembelajaran 1 : Tema 2 Subtema 3 Kelas 6
Halaman 100: Proklamasi
Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku? Tulis alasanmu dan diskusikan dengan teman!
Contoh jawaban:
Bacaan ini menggunakan kata baku. Mengapa menggunakan kata baku? Karena kalimat yang digunakan sudah sesuai dengan EYD.
Pembelajaran 2 : Tema 2 Subtema 3 Kelas 6
Halaman 112-115: Menghitung Persentase
Saat membersihkan halaman sekolah bersama teman-temannya, Edo menemukan selembar koran bekas dan ia membaca informasi berikut.
Edo kemudian mendiskusikan pengumuman tersebut dengan Dayu. Mereka mencoba membahasnya.
Apa yang dimaksud dengan 30%?
Bantulah Edo untuk memahami informasi tersebut. Diskusikan dugaanmu dengan temanmu!
Jawaban:
Persen adalah angka dalam bentuk perbandingan atau juga rasio yang digunakan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase dilambangkan dengan tanda โ%โ.
Perhatikan contoh berikut!
Kotak ratusan berikut mewakili keseluruhan.
Tulislah bagian kotak yang berwarna biru dalam empat cara.
Diskusikan jawabanmu dengan teman kelompokmu!
Perhatikan keterangan berikut!
- Membandingkan jumlah 55 kotak biru dengan jumlah keseluruhan kotak. 55 dari 100 keseluruhan kotak adalah biru
- Menulis pecahan 55/100 kotak adalah biru
- Menulis decimal 0,55 kotak adalah biru
- Menulis persen 55% dari kotak adalah biru
Perhatikan kotak ratusan berikut!
Tulislah berapa persen kotak berwarna biru untuk masing-masing kotak ratusan di atas!
Jawaban:
Jawablah pertanyaan berikut!
- Sembilan puluh tujuh persen air bumi adalah air asin. Berapa persen air bersih yang ada di bumi?
Jawaban:
97% = 97 /100
berarti total adalah 100%(100per100) air bersih=100%-97%=3% jadiย Air bersih yangย ada di bumi =3%
- Temukan jawabannya!
Santi membeli buku di toko diskon. Harga satu paket buku adalah Rp.400.000,00. Santi harus membayar Rp. 320.000,00.
Berapa persen Santi mendapat diskon atau potongan dari harga dasar?
Jawaban:
Kita cari terlebih dahulu diskon yang didapat santi
harga diskon = harga awal – harga akhir
= Rp 400.000 – Rp 320.000
= Rp 80.000
persentase diskon = harga diskon / harga awal x 100%
= Rp 80.000 / Rp 400.000 x 100%
= 1/5 x 100%
= 20%
Jadi santi mendapat Diskon 20%
Halaman 109: Semboyan Bersatu Kita Teguh untuk Persatuan dan Kesatuan
Bersatu Kita Teguh
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras.
Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.
โBersatu Kita Teguhโ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.
Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.
Pembelajaran 3 : Tema 2 Subtema 3 Kelas 6
Halaman 120: Peta Pikiran – Sang Saka Merah Putih
Persatuan dapat membawa kebaikan. Begitu pula dalam belajar. Kamu akan bekerja sama dengan temanmu agar tulisanmu dapat lebih baik.
Bacalah teks berikut!
Isilah peta pikiran berdasarkan bacaan tersebut!
Kembangkan informasi penting ke dalam tulisan dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif!
Contoh jawaban:
Bendera Indonesia dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih. Merah bermakna berani, sedangkan putih bermakna suci. Bendera merah putih dibuat tahun 1944 oleh Ibu Fatmawati. Bendera dibuat bersama dengan ukuran 276 x 200 cm berasal dari katun Jepang.
Dari tahun 1946-1968 bendera merah putih hanya dikibarkan setiap tanggal 17 Agustus. Bendera merah putih terakhir dikibarkan th. 1969. Karena berusia tua, bendera merah putih disimpan di Museum Nasional. Kemudian bendera merah putih dibuatkan duplikat dengan ukuran 300 x 200 cm.
Pembelajaran 4 : Tema 2 Subtema 3 Kelas 6
Halaman 125-129: Menghitung Persentase
Berdasarkan dialog di atas, 14 buku mini diselesaikan oleh siswa laki-laki dan 16 buku mini diselesaikan oleh siswa perempuan. Hitunglah persentase buku mini yang diselesaikan oleh siswa perempuan. Kemudian, hitung persentase buku mini yang diselesaikan oleh siswa laki-laki.
Berapa persen buku mini yang diselesaikan siswa perempuan? Jelaskan!
Jawaban:
-> 100 % = 14 + 16
-> 100 % = 30
- Kita cari Persentase buku mini (perempuan)
100 % = 30
…… % = 16
16/30 x 100% =
8/15 x 100 % =
8/3 x 20 % =
160/3 % =
53,3 %
- Berapa persen buku mini yang diselesaikan siswa laki-laki? Jelaskan!
Kita cari Persentase buku mini (Laki laki)
100 % = 30
……. % = 14
14/30 x 100 %
=7/15 x 100 %
=7/3 x 20 %
=140/3 %
=46,6 %
Diskusikan jawabanmu secara berpasangan! Perhatikan langkah-langkah menyelesaikan soal persentase di bawah!
Kerjakan latihan berikut!
1. Edo membeli 1 lusin donat yang ditempatkan dalam sebuah kotak. Donat tersebut terdiri dari 2 donat rasa stroberi, 3 donat rasa coklat, 6 donat rasa moka, dan 1 donat rasa keju.
Tulislah presentase untuk masing-masing rasa donat tersebut pada tabel berikut!
Edo membeli 1 lusin donat = 12 buah donat rasa stroberi = 2 donat rasa coklat = 3 donat rasa moka = 6 donat rasa keju = 1
Persentase donat rasa stroberi
= 2/12 x 100% = 16,67%
Persentase donat rasa coklat
= 3/12 x 100% = 25%
Persentase donat rasa moka
= 6/12 x 100% = 50%
Persentase donat rasa keju
= 1/12 x 100% = 8,33%
2. Di area parkir terdapat 60 kendaraan yang terdiri atas 20 mobil sedan dan 10 mobil truk. Sisanya adalah sepeda motor. Berapa persentase motor dariย seluruh kendaraan yang ada di area parkir?
Jawaban:
Ada 60 kendaraan, terdiri dari:
mobil sedan = 20
mobil truk = 10
sepeda motor = sisanya yaitu
= 60 – (20 + 10)
= 60 – 30
= 30
Persentase motor dari seluruh kendaraan adalah
= (jumlah motor)/(jumlah seluruh kendaraan) ร 100%
= 30/60 ร 100%
= 1/2 ร 100%
= 50%
3. Siswa di kelas Siti ada 30 orang. Hari ini guru membagikan hasil ulangan matematika kepada seluruh siswa. Sepertiga siswa mendapat nilai 8, tiga siswa mendapat nilai 6, delapan siswa mendapat nilai 7, enam siswa mendapat nilai 9, dan tiga siswa mendapat nilai 10.
Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 6?
Jawaban:
Persentase orang yang mendapat nilai 6
Jumlah yang mendapat nilai 6 = 3 orang / 30 x 100% = 10%
Jika digabungkan, berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 7 dan 8?
Jawaban:
Persentase orang yang mendapat nilai 7 dan 8
Dari informasi di soal kita dapat menyimpulkan bahwa siswa yang mendapat nilai 6,8,9,10 ada : 10 + 3 + 8 + 3 = 24 orang
berarti yang mendapat nilai 7 adalah sisanya yaitu 30 – 24 = 6 orang
yang mendapat nilai 7 dan 8 = 6 + 10 = 16 orang
maka dalam persen, kita dapati bahwa yang mendapat nilai 7 dan 8 ada:
(16 / 30) x 100% = 53.33%
Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 9?
Jawaban:
Persentase orang yang mendapat nilai 9
Jumlah yang mendapat nilai 9 = 8 orang / 30 x 100% = 26.67%
Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 10?
Jawaban:
Persentase orang yang mendapat nilai 10
Jumlah yang mendapat nilai 10 = 3 orang / 30 x 100% = 10%
Perhatikan soal cerita berikut!
Beni membeli satu setel seragam sekolah di Toko XYZ. Harga satu setel seragam tersebut adalah Rp120.000,00. Beni mendapat diskon sebesar 20%. Berapa yang harus dibayarkan Beni? Apakah kamu dapat menyelesaikan soal cerita di atas? Jelaskan!
Jawaban:
Harga 1 stel seragam: Rp. 120.000.-
diskon: 120.000 x 20/100 = 24.000
yang harus dibayar: 120.000 – 24.000 = Rp. 96.000
Perhatikan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita tersebut!
Selesaikan soal cerita berikut!
1. Ayah membeli celana seharga Rp150.000,00. Ayah mendapat diskon 15%. Berapa Ayah harus membayar?
Jawaban:
150 000 Harga setelah diskon
= (100% – 15%) ร 150.000
= 85% ร 150.000
= 127.500
2. Dayu akan liburan ke Bali bulan depan. Karena memesan tiket lebih awal, ia mendapat potongan sebesar 25%. Harga tiket sebelum diskon adalah Rp600.000,00. Berapa harga tiket yang harus dibayarkan Dayu?
Jawaban:
Harga tiket yang dibayar Dayu = Harga tiket – Diskon
= 600000 – (25% x 60000)
= 600000 – 150000
= Rp. 450.000,-
3. Udin membeli 1 set krayon di sebuah toko buku. Ia mendapat potongan sebesar Rp12.000,00. Jika harga crayon sebelum mendapat potongan adalah Rp36.000,00, berapa persen udin mendapat potongan?
Persentase diskon = (Besar diskon/ Harga sebelum diskon) x 100
= (12000/36000) x 100
= 1/3 x 100
= 33,33 %
Halaman 123: Peta Pikiran Bacaan “Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?”
Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif dan kosa kata baku!
Pembelajaran 5 : Tema 2 Subtema 3 Kelas 6
Halaman 135, 136: Menghitung Rasio atau Perbandingan
Menghitung Rasio atau Perbandingan
Perhatikan soal cerita berikut!
Sebuah kelompok tari Indang terdiri atas 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Berapakah rasio (perbandingan) siswa laki-laki terhadap siswa perempuan? Sebelum menjawab soal di atas, perhatikan penjelasan berikut terlebih dahulu! Apakah rasio (perbandingan) itu?
Rasio digunakan untuk membandingkan beberapa jumlah atau kuantitas satu sama lain. Rasio yang paling sederhana adalah membandingkan dua nilai, namun membandingkan tiga nilai atau lebih juga mungkin untuk dilakukan.
Bagaimana langkah-langkah dalam menentukan rasio?
Perhatikan gambar dan penjelasan berikut!
Rasio menunjukkan perbandingan jumlah dari dua benda atau lebih yang berkaitan satu sama lain, misalnya jika sebuah kue dibuat dari tiga gelas tepung dan satu gelas gula, maka perbandingan tepung dan gula adalah tiga berbanding satu.
Rasio dapat dituliskan dengan kata-kata atau dengan simbol, misalnya, jika terdapat 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dalam sebuah kelompok tari, maka rasio anak laki-laki terhadap anak perempuan adalah empat berbanding delapan atau satu berbanding dua. Ditulis menggunakan simbol sebagai berikut: 4 : 8, 1 : 2 Rasio biasanya dituliskan dalam bentuk titik dua (:). Gunakan perkalian dan pembagian untuk menaikkan atau menurunkan rasio, misalnya: 4 : 8 Masing-masing angka bisa dibagi dengan 4, maka hasilnya: 1 : 2 atau satu berbanding dua.
Membandingkan lebih dari dua benda, misalnya: Perbandingan umur Ayah, Ibu, dan Edo 8 : 7 : 3. Jika umur Edo 11 tahun, berapa jumlah umur ketiganya?
Selesaikan soal cerita berikut!
1. Perbandingan siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas 6 SD Nusantara adalah 2 : 3. Jika jumlah murid laki-laki adalah 12 orang, berapa jumlah murid perempuan?
Diketahui:
Perbandingan laki -laki dan perempuan 2 : 3
Jumlah siswa laki-laki 12 anak
Ditanyakan: Jumlah siswa perempuan?
Jawab:
2ย ย ย xย ย = 12
3
2x = 12 x 3
x = 36
2
x = 18
Jadi jumlah siswa perempuan adalah 18 orang.
2. Perbandingan jumlah gula dan tepung untuk membuat satu loyang kue adalah 1 : 2 gelas. Jika Ibu ingin membuat sepuluh loyang kue, berapa gelas tepung yang diperlukan?
Diketahui:
Perbandingan gula dan tepung 1 : 2
Ibu akan membuat 10 kue
Ditanyakan: Berapa gelas tepung yang diperlukan?
Jawab:
1 = 10
2 x
1x = 10 x 2
x = 20
1
x = 20
Jadi banyak tepung yang diperlukan adalah 20 gelas.
3. Perbandingan umur Ayah, Ibu, dan Dayu 8 : 7 : 3. Jika umur Dayu 12 tahun, berapa jumlah umur ketiganya?
Diketahui:
Perbandingan umur Ayah, Ibu, dan Dayu 8 : 7 : 3.
Umur Dayu 12 tahun
Ditanyakan: Berapa umur ketiganya?
Jawab:
Jumlah umur = 8+7+3
Umur Dayu 3
Jumlah umur = 18
12 3
Jumlah umur = 12 x 18 = 72 tahun
3
Jadi umur ketiganya adalah 72 tahun.
4. 2,5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km. Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 10 liter?
Diketahui:
2,5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km
Ditanyakan: Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 10 liter?
Jawab:
2,5ย x = 10
30
2,5 x = 30 x 10
x = 300
2,5
x = 120 km
Jadi jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 10 liter adalah 120 km
5. Suatu minuman dibuat dengan mencampur air, sirup, dan santan dengan perbandingan 3 : 4 : 5. Jika ibu ingin membuat minuman sebanyak 6 liter, berapa liter santan yang diperlukan?
Diketahui:
Perbandingan air, sirop, dan santanย 3 : 4 : 5
Minuman yang akan dibuat 6 liter
Ditanyakan: Berapa liter santan yang diperlukan?
Jawab:
5 x 6 = 5 x 6 = 2,5
3+4+5 12
Jadi santan yang diperlukan adalah 2,5 liter.
6. Buat soal cerita sendiri tentang rasio! Tukarkan soal yang kamu buat dengan teman. Minta teman tersebut menjawabnya.
Perbandingan buku cerita Udin dengan Lani yaitu 3 : 7, Jika selisih buku cerita mereka adalah 8 buku, berapakah jumlah buku cerita masing – masing ?
Penyelesaian:
Selisih buku cerita Udin dengan Lani yaitu 8 buku, maka selisih perbandingan buku cerita mereka adalah 7 bagian – 3 bagian = 4 bagian
Buku Udin = 3/4 x 8 buku
Buku Udin = 6 buku
Buku Lani = 7/4 x 8 buku
Buku Lani = 14 buku
Jadi buku Udin dan lain adalah 6 + 8 = 14 buku
Halaman 132: Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyatdi Awal Masa Kemerdekaan Indonesia
Baca teks berikut dalam hati! Kemudian, diskusikan dalam kelompok!
Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia
Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA).
Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah serta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya:
Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi:
Pinjaman Nasional
Program Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr. Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40 tahun.
Konferensi Ekonomi
Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan administrasi perkebunan
Pembentukan Badan Perancang Ekonomi
Pembentukan Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun.
Rencana Kasimo (Kasimo Plan)
Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan agar:
- Menanami tanah-tanah kosong di Sumatera timur seluas 281.277 ha.;
- Di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul;
- Pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan;
- Di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit;
Persatuan Tenaga Ekonomi
Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisme di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.
Tuliskan kesimpulan dari teks tersebut pada bagan berikut!
Pembelajaran 6 : Tema 2 Subtema 3 Kelas 6
Halaman 137: Kerjasama dalam Permainan Rangku Alu
Ayo Berlatih!
1 Apakah kamu masih ingat cara bermain Rangku Alu? Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk permainan tersebut? Jelaskan!
Jawab:
Permainan ini membutuhkan konsentrasi dalam melompat dan juga Kerjasama dengan baik.
2. Apakah kamu sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik?
Jawab:
Sudah, saya sudah mempelajari dan sudah cukup mahir dalam keterampilan melompat.
3. Apa saja taktik yang perlu diterapkan agar dapat bermain dengan sukses?
Jawab:
Taktik yang saya pakai sederhana, hanya konsentrasi kepada irama bambu saat melompat.
4. Mengapa kerja sama sangat diperlukan dalam permainan tersebut?
Jawab:
Kerjasama sangat diperlukan didalam permainan Rangku Alu agar tercipta gerakan yang kompak sesuai dengan irama dan ritme yang terpadu, agar permainannya bagus dan padu.
Halaman 139: Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?
Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum ?
Penduduk Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di wilayah kepulauan Indonesia. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera.
Rakyat yang bersatu dalam suasana yang aman turut mendukung pelaksanaan pembangunan. Jika pembangunan berjalan dan bayi, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat. Sebaliknya jika negara berpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terlambat. Pembangunan yang terhambat akan mempengaruhi kesejahteraan.
Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tugas kita bersama. Bangsa indonesia harus selalu bersatu mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.
Usaha-usaha dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antar suku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, penjaga perbatasan indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari indonesia.
Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah menciptakan suasana rukun, melaksana kan tanggung jawab, saling menghormati antara sesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat. Ayo, kita tegakkan persatuan dan kesatuan demi tercapai masyarakat NKRI yang sejahtera !
Pertanyaan:
Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif dan kosa kata baku!
Jawab:
Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?
Itu tadi adalah kunci jawaban tema 2 kelas 6 untuk Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang lengkap sesuai dengan pembelajaran yang ada di buku.
Semoga kunci jawaban untuk buku ini teruntuk kelas 6 tema 2 subtema 3 bisa berguna bagi wali murid dan juga guru.