• Info Sekolah
    • FAQs
    • Profil Sekolah
    • Staff dan Pengajar
    • Tentang Sekolah
    • Tour Sekolah
    • Visi dan Misi
  • Fasilitas Sekolah
    • Area Green House
    • Ruang Aula
    • Ruang Dapur
    • Ruang Isi Galon
    • Ruang Kelas
    • Ruang Kesehatan
    • Ruang Lab Komputer
    • Ruang Lab IPA
    • Ruang Pendaftaran Peserta Didik Baru
    • Ruang Perpustakaan
    • Ruang Studio Musik
  • Program Unggulan
    • Kelas Tahfidz
    • Memadukan Kurikulum Umum & Agama Islam
    • Prestasi, Kreativitas, & Inovasi
    • Program Kesiswaan
    • Program Pengembangan Diri
  • Gallery
  • Pendaftaran
  • Pengumuman
    • Kelulusan
  • Berita
    • Blog
  • Kontak
Ada yang ditanyakan?
(024) 46731280
(+62) 85866302010
smpitpapbsmg@gmail.com
07:00 - 13:00 WIB / Senin - Sabtu
Assalamu'alaikum.. Selamat Datang di Website Resmi SMP Islam Terpadu PAPB Semarang
  • Info Sekolah
    • FAQs
    • Profil Sekolah
    • Staff dan Pengajar
    • Tentang Sekolah
    • Tour Sekolah
    • Visi dan Misi
  • Fasilitas Sekolah
    • Area Green House
    • Ruang Aula
    • Ruang Dapur
    • Ruang Isi Galon
    • Ruang Kelas
    • Ruang Kesehatan
    • Ruang Lab Komputer
    • Ruang Lab IPA
    • Ruang Pendaftaran Peserta Didik Baru
    • Ruang Perpustakaan
    • Ruang Studio Musik
  • Program Unggulan
    • Kelas Tahfidz
    • Memadukan Kurikulum Umum & Agama Islam
    • Prestasi, Kreativitas, & Inovasi
    • Program Kesiswaan
    • Program Pengembangan Diri
  • Gallery
  • Pendaftaran
  • Pengumuman
    • Kelulusan
  • Berita
    • Blog
  • Kontak

Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

  • Home
  • Blog
  • Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban

  • Posted by info_papb
  • Categories Blog
  • Date March 3, 2021

Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 – Pada pembahasan kali ini, akan dibahas untuk soal dan kunci jawaban Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 6 tema 2 subtema 2. Akan dibahas untuk cara menyelesaikannya dan juga untuk materi yang dibutuhkannya. Dan untuk kunci jawabannya juga akan dibahas juga bagaimana cara mengerjakannya.

Untuk subtema 2 ini akan membahas tentang “Bekerja Sama Mencapai Tujuan”.

Lihat Juga :Daftar Tema 2 Kelas 6

Daftar Isi

  • Pembelajaran 1 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6
    • HALAMAN 45: PETA PIKIRAN – PERTEMPURAN SURABAYA
  • Pembelajaran 2 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6
    • HALAMAN 60: CAMPURAN BILANGAN BULAT DAN BILANGAN DESIMAL
  • Pembelajaran 3 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6
    • HALAMAN 72: CARA MAKHLUK HIDUP MEMPERTAHANKAN DIRI
    • HALAMAN 70: HYENA ADALAH HEWAN PALING PINTAR DI DUNIA
    • HALAMAN 66: PETA PIKIRAN BACAAN “PERTEMPURAN AMBARAWA”
  • Pembelajaran 4 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6
    • HALAMAN 80-83: MEMBANDINGKAN DAN MENGURUTKAN BILANGAN DESIMAL
    • HALAMAN 79: MAKNA PERSATUAN DAN KESATUAN
    • HALAMAN 78: PETA PIKIRAN – PERJANJIAN LINGGARJATI, PERJANJIAN RENVILLE, PERJANJIAN ROEM ROIJEN, DAN KMB
  • Pembelajaran 5 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6
    • HALAMAN 85: BERBAGAI PERISTIWA TERKAIT UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN
    • HALAMAN 86: GERAKAN TARI INDANG
    • HALAMAN 86: KERJASAMA
  • Pembelajaran 6 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6
    • HALAMAN 95: CARA BERMAIN ‘AYAM DAN ELANG’
    • HALAMAN 97: PETA PIKIRAN – BANDUNG LAUTAN API
    • Share this:
    • Related

Pembelajaran 1 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6

HALAMAN 45: PETA PIKIRAN – PERTEMPURAN SURABAYA

Halaman 45 peta pikiran pertempuran surabayaBerdasarkan teks di atas, isilah peta pikiran berikut menggunakan kalimat efektif!

Halaman 45 peta pikiran pertempuran surabaya 2Pembelajaran 2 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6

HALAMAN 60: CAMPURAN BILANGAN BULAT DAN BILANGAN DESIMAL

Halaman 60 campuran bilangan bulat dan bilangan desimalHalaman 60 campuran bilangan bulat dan bilangan desimal 2Dapatkah kamu menyebutkan bilangan di atas?

Bilangan di atas merupakan campuran antara bilangan bulat dan bilangan desimal. Bilangan desimal adalah bilangan yang mempunyai menyebut khusus, iaitu sepuluh, seratus, seribu, dan seterusnya.

Halaman 60 campuran bilangan bulat dan bilangan desimal 3Halaman 60 campuran bilangan bulat dan bilangan desimal 4Sehingga, 4,412 terdiri atas:

4 satuan + 4 persepuluhan + 1 perseratus + 2 per seribuan

= 4 + 0,4 + 0,01 + 0,002

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui cara menentukan nilai bilangan desimal menggunakan tabel nilai tempat. Gunakan tabel nilai tempat untuk menentukan nilai masing-masing bilangan berikut!

Halaman 60 campuran bilangan bulat dan bilangan desimal 5Halaman 60 campuran bilangan bulat dan bilangan desimal 7Halaman 60 campuran bilangan bulat dan bilangan desimal 6Pembelajaran 3 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6

HALAMAN 72: CARA MAKHLUK HIDUP MEMPERTAHANKAN DIRI

Cara Makhluk Hidup Mempertahankan Diri

Kamu sudah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan diri, sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi.

Halaman 72 cara makhluk hidup mempertahankan diriHalaman 72 cara makhluk hidup mempertahankan diri 2Halaman 72 cara makhluk hidup mempertahankan diri 3Tulis kesimpulanmu tentang cara hewan beradaptasi pada diagram berikut.

Halaman 72 cara makhluk hidup mempertahankan diri 4HALAMAN 70: HYENA ADALAH HEWAN PALING PINTAR DI DUNIA

Hyena Adalah Hewan Paling Pintar di Dunia

Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba lumba adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul namun kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena.

Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’ Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah.

Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya.

“Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph (09/09).

Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal tersebut. (Sumber: merdeka.com).

Jawablah pertanyaan berikut.

1. Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?

Halaman 70 hyena adalah hewan paling pintar di dunia2. Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?

Halaman 70 hyena adalah hewan paling pintar di dunia 23. Tulis kesimpulanmu tentang bacaan tadi!

Halaman 70 hyena adalah hewan paling pintar di dunia 3HALAMAN 66: PETA PIKIRAN BACAAN “PERTEMPURAN AMBARAWA”

Pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus tawanan perang.

Halaman 66 peta pikiran bacaan pertempuran ambarawaKedatangan Sekutu ini diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA telah sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.

Pada tanggal 26 Oktober 1945 di kota Magelang terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA. Insiden tersebut terhenti setelah Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan perundingan dan memperoleh kata sepakat.

Namun, ternyata pihak Sekutu mengingkari janji. Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa.

Kolonel Soedirman langsung memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

Halaman 66 peta pikiran bacaan pertempuran ambarawa 2Kemenangan ini diperoleh berkat kerja sama dari seluruh rakyat di Ambarawa. Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dengan didirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati sebagai hari Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika.

Peta Pikiran Bacaan “Pertempuran Ambarawa”

Halaman 66 peta pikiran bacaan pertempuran ambarawa 3Ayo Berdiskusi

  1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!

Jawab: Dengan berperang mengangkat senjata melawan sekutu dan Belanda. Dan setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

  1. Bagaimana pendapatmu tentang upaya-upaya yang telah dilakukan?

Jawab: Upaya yang telah dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada peristiwa Pertempuran Ambarawa sudah cukup baik. Dengan semangat pantang menyerah para pejuang mempertaruhkan nyawanya demi Negara. Dan kemenangan yang diperoleh adalah berkat kerja sama dari seluruh rakyat di Ambarawa.

  1. Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?

Jawab: Sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan merupakan sikap yang tidak baik. Hal inilah yang menyulut kemarahan Pasukan Indonesia.

  1. Bagaimana pendapatmu tentang taktik gelar supit urang?

Jawab: Taktik gelar supit urang membuat musuh benar-benar terkurung karena terkepung dari dua sisi. Taktik ini cukup efektif. Alhasil Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

  1. Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa?

Jawab: Yang dapat di pelajari dari para pahlawan yang berjuang adalah semangat nasionalisme dan patriotisme, pantang menyerah, serta rela berkorban. Selain itu kerjasama dari seluruh rakyat Ambarawa menjadi kunci kemenangan melawan Belanda dan Sekutu.

Pembelajaran 4 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6

HALAMAN 80-83: MEMBANDINGKAN DAN MENGURUTKAN BILANGAN DESIMAL

Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Desimal

Halaman 80 83 membandingkan dan mengurutkan bilangan desimalBerdasarkan dialog di atas, Lani menggunakan pita sepanjang 0,5 meter, Siti menggunakan pita sepanjang 1/4 meter, dan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter. Siapa yang menggunakan pita paling panjang? Jelaskan.

Lani menggunakan pita 0,5 meter, Siti menggunakan 1/4 meter, jika diubah menjadi bentuk desimal adalah 0,25, sedangkan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter. Dilihat dari bilangangan yang ada maka Dayu menggunakan pita yang paling panjang.

Tulis urutan penggunaan pita dari yang terpendek hingga yang terpanjang.

Halaman 80 83 membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal 2Penjelasan

Dilihat dari angka satuannya Dayu memiliki angka 1 sedangkan yang lainnya adalah 0. Sehingga pita Dayu adalah yang paling panjang. Siti dan Lani sama-sama memiliki angka satuan 0. Namin, jika dilihat dari angka persepuluhannya Lani memiliki angka 5 sedangkan Siti memiliki angka 2 jadi pita lani lebih panjang dari pita Siti.

Kamu baru saja mencoba mengurutkan bilangan desimal. Bagaimana cara membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal?

Langkah-langkah

    1. Pertama, perhatikan bilangan bulat yang ada sebelum koma.Bandingkan dan urutkan bilangan tersebut.
    2. Jika bilangan sebelum koma nilainya sama, maka perhatikan bilangan setelah koma. Bandingkan dan urutkan bilangan tersebut.
  • Jika bilangan pertama setelah koma (persepuluhan) nilainya sama, maka perhatikan nilai bilangan kedua setelah koma (per seratusan). Bandingkan dan urutkan bilangan tersebut, dan seterusnya.

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui cara membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal. Selesaikan soal-soal berikut!

Halaman 80 83 membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal 3Halaman 80 83 membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal 4HALAMAN 79: MAKNA PERSATUAN DAN KESATUAN

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu dan kelompokmu telah merancang naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan.

  1. Apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu?

Jawab:

Rasa persatuan dan kesatuan menurut saya bisa meningkatkan rasa persahabatan, kekeluargaan, tolong menolong, dan meningkatkan rasa nasionalisme.

  1. Apa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!

Jawab:

Contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan dan kesatuan didalam kehidupan sehari hari antara lain:

  • Hidup rukun pada sesama manusia, saling tolong menolong
  • Selalu merampungkan masalah bersama dengan musyawarah.
  • Ikut dan juga di dalam aktivitas desa, layaknya gotong royong, kerja bakti, ronda, dan acara desa lainnya.
  1. Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?

Jawab:

Manfaat dari Persatuan dan Kesatuan adalah mampu menangani semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran. Pembangunan nasional dapat terjadi lebih lancar, aman, dan baik. Supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan NKRI tetap terjaga.

HALAMAN 78: PETA PIKIRAN – PERJANJIAN LINGGARJATI, PERJANJIAN RENVILLE, PERJANJIAN ROEM ROIJEN, DAN KMB

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Royen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Amati gambar dan baca teks dalam hati.

Halaman 78 peta pikiran perjanjian linggarjati perjanjian renville perjanjian roem roijen dan kmb

Halaman 78 peta pikiran perjanjian linggarjati perjanjian renville perjanjian roem roijen dan kmb 2

Halaman 78 peta pikiran perjanjian linggarjati perjanjian renville perjanjian roem roijen dan kmb 3Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif!

Kamu akan dibagi atas 4 kelompok.

  1. Kelompok A akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Linggarjati.
  2. Kelompok B akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Renville.
  3. Kelompok C akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Roem Royen.
  4. Kelompok D akan melengkapi peta pikiran tentang Konferensi Meja Bundar (KMB).

Presentasikan peta pikiran yang telah kamu buat di depan kelas!

Halaman 78 peta pikiran perjanjian linggarjati perjanjian renville perjanjian roem roijen dan kmb 4Halaman 78 peta pikiran perjanjian linggarjati perjanjian renville perjanjian roem roijen dan kmb 7Halaman 78 peta pikiran perjanjian linggarjati perjanjian renville perjanjian roem roijen dan kmb 6Halaman 78 peta pikiran perjanjian linggarjati perjanjian renville perjanjian roem roijen dan kmb 5Pembelajaran 5 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6

HALAMAN 85: BERBAGAI PERISTIWA TERKAIT UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah mempelajari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, kamu juga sudah ditugaskan secara berkelompok untuk mencari informasi tentang berbagai peristiwa terkait upaya mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah seperti di bawah ini.

Halaman 85 berbagai peristiwa terkait upaya mempertahankan kemerdekaanJawaban:

  1. Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang bersama dengan maksud mengurus tawanan perang dan tentara Jepang yang berada di Jawa Tengah. Kedatangan sekutu ini diboncengi oleh NICA. Kedatangan Sekutu ini awalnya disambut baik, bahkan Gubernur Jawa Tengah Mr Wongsonegoro menyepakati dapat menyediakan bahan makanan dan kepentingan lain bagi kelancaran tugas Sekutu, tengah Sekutu berjanji tidak dapat mengganggu kedaulatan Republik Indonesia.
  2. Pertempuran Medan Area adalah sebuah peristiwa perlawanan rakyat pada Sekutu yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara.

Pada tanggal 9 Oktober 1945, dibawah pimpinan T.E.D Kelly. Pendaratan tentara sekutu (Inggris) ini diikuti oleh pasukan sekutu dan NICA yang dipersiapkan untuk menyita pemerintahan. Kedatangan tentara sekutu dan NICA ternyata memancing beragam insiden berlangsung di Hotel yang terdapat di Jalan Bali, Kota Medan, Sumatera Utara pada tanggal 13 Oktober 1945.

  1. Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang berlangsung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 23 Maret 1946. Pembakaran hampir seluruh fasilitas pemerintahan di Bandung oleh para pejuang Bandung dilakukan untuk menahan tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk bisa mengfungsikan Kota Bandung sebagai markas strategis militer di dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.
  2. Agresi Militer Belanda I, adalah serangan Belanda untuk coba menguasai lagi Indonesia.  Akibat serangan ini, wilayah-wilayah penting di Sumatra dan Jawa dikuasai Belanda. Namun tentara Indonesia terus laksanakan serangan gerilya. Agresi Militer Belanda II berlangsung pada 19 Desember 1948.
  3. Agresi Militer Belanda II atau Operasi Gagak (bahasa Belanda: Operatie Kraai) berjalan terhadap 19 Desember 1948 yang diawali dengan serangan terhadap Yogyakarta, ibu kota Indonesia kala itu, dan juga penangkapan Soekarno, Mohammad Hatta, Sjahrir dan beberapa tokoh lainnya.

HALAMAN 86: GERAKAN TARI INDANG

Sebelumnya kamu telah mempelajari beberapa gerakan dalam tari Indang. Latih kembali gerakan tersebut secara berpasangan.

Apakah kamu sudah dapat melakukan seluruh gerakan dengan baik?

  • Gerakan mana yang sudah kamu kuasai dengan baik? Jelaskan!

Jawaban:

(Jawaban ini bersangkutan dengan apa yang sudah dilakukan oleh siswa)

Sebagai contoh:

Sudah, namun saya masih tidak terlalu lancar dan hafal gerakannya.

  • Gerakan mana yang sudah kamu kuasai dengan baik? Jelaskan!

Jawaban:

(Jawaban ini bersangkutan dengan apa yang sudah dilakukan oleh siswa)

Sebagai contoh:

Yang bagian tangan memukul lantai baik itu tangan kiri dan kanan saya sudah menguasainya.

  • Gerakan mana yang belum kamu kuasai dengan baik?

Jawaban:

(Jawaban ini bersangkutan dengan apa yang sudah dilakukan oleh siswa)

Sebagai contoh:

Pada saat menggerakkan pergelangan tangan pada tahap 10.

  • Apa rencanamu agar gerakan tersebut lebih baik lagi?

Jawaban:

Memperbanyak latihan sendiri maupun bersama teman.

Ayo Mengamati

Sekarang kamu akan mempelajari lebih lanjut gerakan tari Indang berikutnya. Amati gambar dan penjelasan untuk gerakan tari Indang selanjutnya.

HALAMAN 86: KERJASAMA

Kamu telah melakukan kerja sama secara berkelompok untuk mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Apakah kerja sama yang kamu lakukan dapat terlaksana dengan baik?

Jawaban:

Iya. Dapat terlaksana dengan baik.

Salah satu kewajiban kami sebagai bangsa Indonesia adalah mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sejak diproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan dibacakannya teks proklamasi oleh Ir. Soekarno. Sejak kala itu, Indonesia dinyatakan merdeka. Akan tetapi, perjuangan bangsa Indonesia tidak terhenti hingga di situ saja. Banyak pihak luar yang tidak menyetujui kemerdekaan Indonesia agar terjadinya perlawanan demi menjaga Indonesia.

Apakah tujuan dapat tercapai melalui kerja sama tersebut?

Jawaban:

Tujuan dari Kerjasama Internasional adalah untuk memenuhi keperluan negara-negara khusus dan untuk menggabungkan kompetensi-kompetensi yang tersedia agar target yang di impikan mampu tercapai. Kerjasama itu lantas diformulasikan ke dalam sebuah wadah yang dinamakan Organisasi Internasional.

Pembelajaran 6 : Tema 2 Subtema 2 Kelas 6

HALAMAN 95: CARA BERMAIN ‘AYAM DAN ELANG’

Kita telah mempelajari berbagai bentuk kerja sama dalam kehidupan. Tahukah kamu, kerja sama juga diperlukan dalam setiap jenis  permainan olahraga. Ayo, kita bekerja sama dalam permainan olahraga ‘Ayam dan Elang’!

Ayo Berlatih

  • Masih ingatkah kamu cara bermain ‘Ayam dan Elang’? Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk permainan tersebut? Jelaskan.
  1. Kamu dan teman-temanmu akan dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang jumlahnya sama.
  2. Setiap kelompok terdiri atas 8–10 siswa.
  3. Salah seorang siswa akan berperan sebagai elang.
  4. Salah seorang siswa akan berperan sebagai induk ayam.
  5. Sisanya akan berperan sebagai anak ayam.
  6. Elang akan mengejar dan menangkap anak ayam satu per satu.
  7. Induk ayam akan berjuang untuk melindungi anak-anaknya
  • Apakah kamu sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik?

Ya, saya sudah mampu melakukan permainan tersebut dengan terampil dan baik.

  • Apa saja taktik yang perlu diterapkan agar dapat bermain dengan sukses?

Dalam permainan ‘Ayam dan Elang’ perlu lakukan latihan lari dengan benar yang memerlukan perjuangan dan kerja sama agar anak-anak ayam tidak ditangkap oleh elang.

  • Mengapa kerja sama sangat diperlukan dalam permainan tersebut?

Kerja sama dilakukan dalam permainan agar tidak kalah karena anak-anak ayam ditangkap oleh elang sebagai musuh. Sebagai elang juga harus bisa cekatan dan lincah untuk mendapatkan anak ayam.

HALAMAN 97: PETA PIKIRAN – BANDUNG LAUTAN API

bandung Lautan Api

 

PeristiHalaman 86 gerakan tari indangHalaman 86 gerakan tari indang 3Halaman 86 gerakan tari indang 2wa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Karena kejadian tersebut, tentara Inggris merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi.

Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot, dimana terdapat gudang amunisi besar milik tentara Sekutu. Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang tersebut.

Berdasarkan teks di atas, isilah peta pikiran berikut!

Halaman 97 peta pikiran bandung lautan apiItu tadi adalah kunci jawaban tema 2 kelas 6 pada buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat!

Share this:

  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
  • Click to share on Telegram (Opens in new window)
  • Click to share on WhatsApp (Opens in new window)
  • More
  • Click to print (Opens in new window)
  • Click to share on LinkedIn (Opens in new window)
  • Click to share on Reddit (Opens in new window)
  • Click to share on Tumblr (Opens in new window)
  • Click to share on Pinterest (Opens in new window)
  • Click to share on Pocket (Opens in new window)
  • Click to share on Skype (Opens in new window)

Related

  • Share:
author avatar
info_papb

Previous post

Tema 2 Subtema 1 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban
March 3, 2021

Next post

Tema 2 Subtema 3 Kelas 6 : Soal dan Kunci Jawaban
March 4, 2021

You may also like

Beberapa-Amalan-Maulid-Nabi-yang-Dianjurkan-untuk-Dunia-dan-Akhirat
Beberapa Amalan Maulid Nabi yang Dianjurkan untuk Dunia dan Akhirat
13 October, 2021
Tahukah-Kamu-Apa-Itu-Peristiwa-Pertempuran-5-Hari-di-Semarang
Tahukah Kamu Apa Itu Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang ?
11 October, 2021
Peran-Perpustakaan-Sekolah-di-Saat-Pandemi
Peran Perpustakaan Sekolah di Saat Pandemi
4 October, 2021

Pencarian

Kategori

Post Terbaru

Agenda Kegiatan Pesantren Ramadan 1443H SMP IT PAPB
14Apr2022
PAPB Islamic Competition 2022
PAPB Islamic Competition 2022
29Jan2022
Open Donation Pada Milad 18 1
Open Donation Pada Milad-18
22Jan2022

Instagram Feed

(024) 46731280
(+62) 85866302010
smpitpapbsmg@gmail.com
Facebook Twitter Google-plus Pinterest

Sekolah

  • Profil Sekolah
  • Berita
  • Kontak

Kegiatan

  • Gallery
  • FAQs

Lainnya

  • Fasilitas Sekolah
  • Kurikulum
  • Program Unggulan

Murid

  • Ekstrakulikuler
  • Program Kesiswaan

Education WordPress Theme by ThimPress. Powered by WordPress.

  • Privacy Policy
  • Terms and Conditions
  • Sitemap

Daftar menjadi Murid?

Bergabunglah dengan ratusan siswa lainnya dan dapatkan manfaatnya!

DAFTAR SEKARANG
 

Loading Comments...